alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50ff82c15a2acf0c76000000/7-kata-dalam-bahasa-indonesia-yang-sering-disalah-gunakan
7 Kata dalam Bahasa Indonesia Yang Sering Disalah Gunakan
Mudah" an gak RepsoL..emoticon-Sorry Tolong bantu RaTe 5 emoticon-Rate 5 Starnya gan....

Tidak semua orang Indonesia mengerti dengan sempurna bahasanya sendiri, terutama untuk di forum formal. Kalau untuk bergaul sehari-hari mungkin tidak terlalu masalah. Ini dia Bahasa Indonesia salah kaprah yang sering 'keceplosan' dipake di forum formal

RUBAH - UBAH

7 Kata dalam Bahasa Indonesia Yang Sering Disalah Gunakan

Di kelas pasti kamu pernah diskusi sama teman sekelas atau guru, "Bagian ini harus dirubah."
Apa itu dirubah? Dibuat jadi rubah? Dijadikan rubah?
kita kasih tau, yang benar itu ternyata "ubah", "diubah", atau "mengubah".

ABSEN:

7 Kata dalam Bahasa Indonesia Yang Sering Disalah Gunakan

"Eh, nitip absen dong!" salah satu teman kamu pasti pernah bilang ini ke kamu. Itu artinya dia nitip untuk nggak dihadirkan di kelas, soalnya "absen" itu artinya tidak hadir.

ACUH :

7 Kata dalam Bahasa Indonesia Yang Sering Disalah Gunakan

Biasanya kata ini digunakan salah kaprah dalam lirik lagu. Di beberapa lagu, kata "acuh" diartikan nggak peduli, padahal "acuh" itu sendiri artinya peduli.
Jadi, kalau nggak peduli jadinya tidak acuh.

SERONOK:

7 Kata dalam Bahasa Indonesia Yang Sering Disalah Gunakan

Pernah ada pejabat yang menyinggung soal pakaian, melarang orang untuk berpakaian tidak seronok. "Seronok" itu artinya enak dilihat. Jadi kalau menyuruh orang untuk berpakaian tidak seronok, berarti menyeruh mereka untuk berpakaian yang tidak enak diliat, misalnya: pake baju yang glitter-an sampe bikin sakit mata.

GEMING:

7 Kata dalam Bahasa Indonesia Yang Sering Disalah Gunakan

"Diam tak bergeming", itu salah satu contoh kalimat yang kata di dalamnya kurang tepat. "Bergeming" itu artinya diam tidak bergerak. Kalau sudah tau, nanti jangan keceplosan ya..

BILANG: .

sering kali orang berkata :
#eh bilangin aku kalau besok ijin (salah)
#eh sampaikan aku kalau besok ijin (benar)
kata bilang itu sebenarnya untuk di matematika :"bilangan persegi sama kuadrat"

JAM

Untuk menunjukkan waktu menggunakan kata "pukul," bukan jam.Jam sendiri digunakan untuk menunjukkan lamanya waktu.
Sekarang jam berapa? (salah)
Sekarang pukul berapa? (benar)
Perjalanannya membutuhkan waktu dua jam (benar)

sumber : danishe.com

Komeng agan :

Quote:Quote:Original Posted By rizqia
Bener2 keren nih TS nya, semua kata yang dibilangin itu ternyata selama ini berbeda dengan yang digunakan ya alias pada salah kaprah...

Makasih ya,, mulai sekarang harus diperbaiki nih supaya selanjutnya tidak salah kaprah lagi..emoticon-2 Jempol


emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus
deja vu kayaknya emoticon-Bingung (S)
keep posting gan emoticon-thumbsup
Kebanyakan orang indonesia memang sudah banyak melupakan bahasa indonesia, sesuai KBBI gan ..
emoticon-Hammer (S) ane juga sering gitu gan
idem gan..? emoticon-NgakakQuote:Original Posted By Boyzsan94
Kebanyakan orang indonesia memang sudah banyak melupakan bahasa indonesia, sesuai KBBI gan ..
emoticon-Hammer (S) ane juga sering gitu gan


wahh.. iya 'gan biasa sering tuh orang bilang titip absen.... emoticon-Ngakak
ane jg baru nyadar gan emoticon-Ngakak

BTW tuh ilustrasinye keren gan emoticon-Ngakak
kwkwk ia ya org indo emg suka salah pakek kata2 ini gan
Absen yg kocak
ikut mantau gan emoticon-Matabelo
masukin ke dalam emoticon-Betty (S)
jangan keluarin di luar emoticon-Ngakak (S)

bukan kata ding, kalimat itu seh emoticon-Big Grin
hehehehe, ane sering gitu gan.. gak terasa apa yang diucapin ternyata salah maksudnya.. hehhe
mau gimana lg gan ...

dah terbiasa sih ...

emoticon-Ngakak
Yg acih emang kadang" salah persepsi gan emoticon-Big Grin
nice inpo gan emoticon-thumbsup
udah ketelen bahasa zaman sekarang sih makannya jd gak pernah mempelajarin bahasa Indonesia yg benarnyaemoticon-Big Grin
apalagi udah makin berkembangnya bhs alay emoticon-Ngakak (S)









[RIGHT]- Cruisneey -[/RIGHT]
Evolusi bahasa gan,,
mungkin 200 taon lagi, indonesia udah pake bahasa alien emoticon-Ngakak

mkanya mulai sekarang kita sebagai rakyat indonesia harus mempertahankan bahasa indonesia (cie ciee sotoy banget gw)
Perlu dibuat aturan berbahasa Indonesia yg tegas & disiplin..
baru tau ane gan emoticon-Jempol
Mantep gan ilustrasinya. Ane kasih emoticon-Rate 5 Star gan
Udah kebiasaan gan jdi susah buat di rubah...
Hahaha, tapi karena udah kebiasaan gimana lagi gan. Jadi aneh kalau ane pake kata2 yang sebenarnya. emoticon-Ngakak
×