alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50ff7c1f8027cf370500001a/desa-terdingin-di-bumi-mengubur-jasad-pun-susah
Desa Terdingin di Bumi, Mengubur Jasad Pun Susah
emoticon-MatabeloBrrrr....Desa Terdingin di Bumi, Mengubur Jasad Pun Susahemoticon-Matabelo
Desa Terdingin di Bumi, Mengubur Jasad Pun Susah
FOTO LENGKAPNYA GAN!!
Quote:
Yakutsk : Sejauh mata memandang, segalanya nyaris putih. Salju dan es menutupi permukaan apapun, tanah, jalanan, tiang listrik, pucuk pohon, rumah-rumah, hingga wajah, dan janggut lebat penduduknya.

Suhu rata-rata di bulan Januari adalah -50 derajat Celcius. Maka tak heran, Oymyakon dijuluki sebagai desa paling dingin di muka bumi. Wilayah paling membekukan yang dihuni manusia secara permanen.

Dikenal dengan julukan "Kutub Dingin", temperatur terdingin yang pernah dicatat di Oymyakon adalah -71,2 derajat Celcius. Ekstrem!

Suhu tersebut adalah yang terendah yang pernah dicatat di sebuah lokasi pemukiman di bumi. Juga yang terdingin yang pernah terjadi di belahan bumi Utara.

Ironisnya, Oymyakon dalam bahasa setempat berarti "air yang tak bisa membeku", karena keberadaan sumber air panas di sana.

Seperti dimuat Daily Mail, (23/1/2013), sejarah mencatat, Oymyakon yang kini dihuni 500 orang, pada tahun 1920 hingga 1930-an adalah tempat singgah para penggembala rusa yang berniat memberi ternaknya minum dari mata air panas yang ada di sana.

Namun, pemerintah Uni Soviet kala itu punya program untuk mengubah pola hidup nomaden penduduknya menjadi bertempat tinggal -- agar lebih mudah mengontrolnya. Maka Oymyakon dijadikan desa.


Kehidupan Sederhana

Kebanyakan rumah di Oymyakon masih mengandalkan batubara dan kayu, untuk dibakar dan menghangatkan tubuh mereka. Mereka masih sedikit memanfaatkan kemajuan teknologi modern.

Tak ada tetumbuhan yang bisa hidup di sana, jadi masyarakat sehari-hari makan daging rusa atau kuda. Hanya ada satu toko yang menjual kebutuhan sehari-hari warga -- yang kebanyakan bekerja sebagai penggembala rusa, pemburu, dan pemancing es.

Dokter menyebut, meski jarang makan sayur dan buah, penduduk di sana tak kekurangan gizi. Susu sapi yang mereka konsumsi kaya akan mikronutrien.

Masyarakat sudah terbiasa dengan cuaca membeku itu. Satu-satunya sekolah yang ada di sana hanya akan ditutup jika temperatur anjlok sampai -52 derajat Celcius.

Desa itu berada sekitar 750 meter di atas permukaan air laut, yang berarti durasi dalam sehari bervariasi, tiga jam di musim dingin bulan Desember hingga 21 jam di musim panas.

Dan, meski mengalami musim dingin ekstrem, desa ini cukup hangat di bulan Juni, Juli, Agustus, bisa mencapai lebih dari 30 derajat Celcius.

Oymyakon berjarak dua hari mengemudi dari Yakutsk, ibukota propinsi yang punya dua bandara, universitas, sekolah-sekolah, sejumlah bioskop dan museum.


Menguburkan Jenazah Pun Susah

Meski biasa, ada banyak masalah yang dirasakan penduduk desa di musim dingin. Tinta pena yang membeku, es yang menutupi wajah, batere yang kehilangan tenaganya. Penduduk lokal bahkan mengaku harus menghidupkan mesin mobilnya sepanjang waktu, khawatir alat transportasinya itu tak bakal lagi bisa dinyalakan.

Dan, meski ada layanan jaringan telepon seluler, ponsel tak bisa beroperasi di musim dingin.

Masalah lain yang disebabkan temperatur beku adalah memakamkan jasad orang yang sudah meninggal. Butuh waktu paling tidak tiga hari!

Pertama, tanah harus dilembutkan sebelum digali. Caranya dengan menyalakan api unggun selama beberapa jam. Bara kemudian disingkirkan ke tepi, baru tanah sedalam beberapa inchi bisa digali. Proses itu dilakukan berulang-ulang, selama beberapa hari, hingga lubang di tanah itu bisa digunakan untuk mengubur peti mati.(Ein)

Bersyukurlah kita gan, tinggal di indonesia ini, skrg kita harus menjaga bumi kita..emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Quote:THREAD LAINYA!!!
ini 5 Hutan Paling Angker Didunia++PIC

Sumber
wiiihhh ngeri amat gan emoticon-Takut

ane mah kagak bisa hidup di situ, secara kena AC aja udah menggigil emoticon-Big Grin

pejwan di trit calon HT
Quote:Original Posted By walton...
nice thread gan .. emoticon-Smilie

kalo di kubur ky nya jasad nya juga susah mengurai ya. tapi tau lagi emoticon-Big Grin

nice info gan . .:Thumbup





iya mangkanya..thx ud direspon
Quote:Original Posted By nanaisya
wiiihhh ngeri amat gan emoticon-Takut

ane mah kagak bisa hidup di situ, secara kena AC aja udah menggigil emoticon-Big Grin

pejwan di trit calon HT


yg bingung lg knpa disana masih ada penduduk yg hidup
sampe negatif gitu suhunya, ane di 16 derajat aja udah gak kuat gan... emoticon-Takut (S)
Kita seharusnya lebih bersyukur karena tinggal di negara yg beriklim tropis.
ikut nyimak gan emoticon-Matabelo
waduh gmna cara nguburnya..sama aja tinggal di dalem kulkas
Quote:
Quote:
komentar ana:
PERNAH LIAT DI MAJALAH GAN
emoticon-2 Jempol
DISANA ORANG YANG MENINGGAL MALAH DIBIARIN AJA..



emoticon-Mad (S)
jauhkan mukamu dari bokongku
Desa Terdingin di Bumi, Mengubur Jasad Pun Susah
schadenfreude

mau ngubur mayat aja ribet banget prosesnya
emoticon-Matabelo betah amat ya pada tinggal di sana
susah juga klo hidup ditempat sperti disana
Quote:Original Posted By ekagetoncom
waduh gmna cara nguburnya..sama aja tinggal di dalem kulkas


Kulkas aja gak ada apa apanya gan emoticon-Cape d...
kita yang biasa tinggal di Indonesia kalau tinggal disana pasti dingin banget x ya bisa2 tidur gak bangun2 emoticon-Takut

Quote:
;)Aplikasi terbaru Untuk Iphone/Ipad;)

beugh.. liat pic nya aja berasa menggigil
Bisa mati berdiri tuh...emoticon-Ngakak
Walaupun ane gak suka cuaca panas...tp klw ane di transfer utk hidup dsana kagak sanggup gan. Brrrr...brr....
Gile suhu nya ekstrim banget kalo lg musim dingin bener2 susah tuh nguburin jasad

Kok masih ada yg betah tinggal disana? emoticon-Bingung (S)
wah bener2 tuh gan

untung ane hidup diindonesia emoticon-Big Grin emoticon-I Love Indonesia (S)

itu kalo kencing langsung jadi es kali ya gan???