alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50ff7aae631243747f000003/nyamuk-keok-dengan-gelombang-ultrasonik
Nyamuk Keok Dengan Gelombang Ultrasonik
Jakarta, Selama ini orang mematikan nyamuk dengan menggunakan insektisida meski ada efek sampinya karena kandungan berbagai zat kimia yang berbahaya. Kini nyamuk bisa dibasmi dengan menggunakan gelombang ultrasonik.

Karena efek negatif penggunaan insektisida maka dibutuhkan solusi pengendalian nyamuk yang lebih aman. Penanganan nyamuk cukup penting karena serangga ini bisa menimbulkan berbagai macam penyakit seperti demam berdarah (Aedes aegypti), penyakit kaki gajah (Culex quinquefasciatus) dan juga penyakit malaria (Anopheles aconitus).

"Kebanyakan hewan punya kemampuan mendengar yang lebih tinggi dibanding manusia dan tingginya gelombang tersebut menyebabkan terganggunya sistem rangsangan auditori (pendengaran) mereka," ujar pakar entomologi dari FKH IPB, Dr Upik Kesumawati Hadi, MS dalam acara LG Journalist Class Teknologi Ultrasonik Teruji membunuh Nyamuk Demam Berdarah, di Hotel Crowne, Jakarta, Kamis (8/10/2009).

Upik menambahkan pancaran gelombang ultrasonik yang mengenai nyamuk akan mengakibatkan terganggunya antena pada nyamuk yang berfungsi sebagai indera penerima rangsangan, sehingga nyamuk akan merasa tidak nyaman dan terganggu keseimbangannya yang nantinya bisa menyebabkan nyamuk tersebut mati. Hal ini sangat berguna untuk membunuh nyamuk penyebab demam berdarah yang tercatat hingga Juli 2009 telah 77.000 orang terjangkit hampir di seluruh Indonesia.

Dalam melakukan pengujian terhadap kemampuan dari gelombang ultrasonik, Upik beserta tim melakukan penelitian di Laboratorium Entomologi Fakultas Kedokteran Hewan IPB mulai dari Juli 2007 hingga tahun 2009 ini. Dalam penelitian ini menggunakan nyamuk Aedes aegypti yang berusia 3 sampai 5 hari, karena pada usia tersebut nyamuk sudah memiliki metabolisme yang optimal.

"Jika usia nyamuk di atas 6 hari metabolismenya sudah menurun, sehingga ditakutkan nyamuk mati bukan karena ultrasonik," ujar pakar Entomologi Kesehatan IPB ini.

Berdasarkan penelitian tersebut didapatkan persentase nyamuk Aedes aegypti yang mati akibat terkena gelombang ultrasonik 30 kHz sampai 100 kHz selama 24 jam mencapai 74 persen. Dan pancaran gelombang ultrasonik ini bisa mencapai 5 meter.

Dalam penelitian ini juga diuji apakah ultrasonik tersebut bisa berdampak negatif terhadap manusia atau tidak dengan melakukan pengujian biomedis. Pengujian ini menggunakan hewan percobaan monyet berekor panjang (Macaca fascicularis) yang secara filogenik dan fisiologis memiliki kemiripan relatif dengan manusia. Parameter yang diuji adalah perilakunya, hematologi, kimia darah, fungsi jantung dan metabolismenya.

Ternyata tidak ditemukan perbedaan yang signifikan antara monyet yang terkena gelombang ultrasonik dengan monyet yang digunakan sebagai kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa gelombang tersebut tidak berbahaya.

"Sistem tangkap dari gelombang ultrasonik hanya pada auditory (pendengaran) sehingga tidak menggangu sistem tubuh seperti darah atau jantung, sedangkan sensitifitas frekuensi suara yang bisa ditangkap manusia adalah 20 Hz sampai 20 kHz," tambah Upik.

Berdasarkan hasil tersebut maka gelombang ultrasonik cukup efektif untuk membunuh nyamuk terutama Aedes aegypti yang bisa menyebabkan penyakit demam berdarah, dan gelombang ini tidak akan memberikan efek yang buruk terhadap kesehatan manusia.
Nice threat gan...ane bantu Rare 5 dah... emoticon-Rate 5 Star
Quote:Original Posted By Jag0anELITE
Nice threat gan...ane bantu Rare 5 dah... emoticon-Rate 5 Star


weh weh weh,,,makasih masbroowww
Tuh alat ada yg jual gak gan? Ane ga tahan tiap hari dikeroyokan nyamuk, klo 1 lawan 1 sih ane lawan, ini lawannya rame2 emoticon-Mewek
wah kalogitu musuh kelelawar keok nih nyamuk...emoticon-Ngakak
wow, bisa pake juga pake ultrasonik emoticon-Matabelo
Nice Threat nya ,,giman tu gelombang emoticon-Matabelonay
ane beli anti nyamuk pake gelombang ultrasonik tapi ko tetep nyamuknya pada ngejembrungemoticon-Bingung
emoticon-Matabelo mantap nih kalo ude ada dijual jadi ngga pake racun yang ngga cuma nyamuk aja yg kena kita kena efeknya.....
kalo dijkt,ane pake ginian buat nyamuk (beli di acx hardwxxx) cukup ampuh gan,tp kalo nyamuk di semarang...wauw 3 ginian ga mempan kayaknya
iy sih mungkin nyamuk skarang bisa di atasidengan ultrasonik ,, tpi gmna ntar klo nyamuk ber-evolusi ?

Bakaln susah lgi ngebunuhnya emoticon-Hammer (S)
berarti nyamuk lumayan kuat ya gan......emoticon-Matabelo
wah keok jg ya
Quote:Original Posted By cs50kliknklik
berarti nyamuk lumayan kuat ya gan......emoticon-Matabelo


Iy gan
alatnya beli dmana y gan?
pakai software anti mosquito bisa ga ya
Kalo gak salah buat pengguna Android.. Ada di play store deh aplikasi nya.. Tapi ane belon pernah nyoba nginstall sih..
nice share gan
pakai bay*on ajah gan biar gak ribet .. emoticon-Hammer2
Udah banyak gan aplikasinya buat di hp, apalagi di iphone sm android.. ane udah pernah coba, ya lumayan ngefek lha..

cuma ane masih ragu apa kebanyakan speaker bisa mutar frekuensi segitu ya?

Ane rate deh..