alexa-tracking

Menguak Misteri Harta Karun VOC ( Vereenigde Oostindische Compagnie ) Di indonesia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50ff602c572acf937d000001/menguak-misteri-harta-karun-voc--vereenigde-oostindische-compagnie--di-indonesia
Poll: siapa nama anda?
steve 80.00% (4 votes)
andrew 20.00% (1 votes)
{ 
Menguak Misteri Harta Karun VOC ( Vereenigde Oostindische Compagnie ) Di indonesia
Misteri harta karun VOC di Indonesia


oke gan ane gak perlu basa basi..
mumpung lagi suntuk di kantor neh ane berbagi sedikit informasi pada agan agan tentang penelusuran harta karun sebuah instuisi dagang yang dahulu kala pernah jadi yang terbesar di dunia yaitu VOC ( Vereenigde Oostindische Compagnie ).
berikut sedikit sejarah VOC ( Vereenigde Oostindische Compagnie )

LETS CEKIDOT!!!

SEJARAH VOC ( Vereenigde Oostindische Compagnie )


Menguak Misteri Harta Karun VOC ( Vereenigde Oostindische Compagnie ) Di indonesia



Vereenigde Oostindische Compagnie (Perserikatan Perusahaan Hindia Timur atau Perusahaan Hindia Timur Belanda) atau VOC yang didirikan pada tanggal 20 Maret 1602 adalah perusahaan Belanda yang memiliki monopoli untuk aktivitas perdagangan di Asia. Disebut Hindia Timur karena ada pula VWC yang merupakan perserikatan dagang Hindia Barat. Perusahaan ini dianggap sebagai perusahaan multinasional pertama di dunia sekaligus merupakan perusahaan pertama yang mengeluarkan sistem pembagian saham.

Meskipun sebenarnya VOC merupakan sebuah badan dagang saja, tetapi badan dagang ini istimewa karena didukung oleh negara dan diberi fasilitas-fasilitas sendiri yang istimewa. Misalkan VOC boleh memiliki tentara dan boleh bernegosiasi dengan negara-negara lain. Bisa dikatakan VOC adalah negara dalam negara.

VOC terdiri 6 Bagian (Kamers) di Amsterdam, Middelburg (untuk Zeeland), Enkhuizen, Delft, Hoorn dan Rotterdam. Delegasi dari ruang ini berkumpul sebagai Heeren XVII (XVII Tuan-Tuan). Kamers menyumbangkan delegasi ke dalam tujuh belas sesuai dengan proporsi modal yang mereka bayarkan; delegasi Amsterdam berjumlah delapan.

Di Indonesia VOC memiliki sebutan populer Kompeni atau Kumpeni. Istilah ini diambil dari kata compagnie dalam nama lengkap perusahaan tersebut dalam bahasa Belanda. Tetapi rakyat Nusantara lebih mengenal Kompeni adalah tentara Belanda karena penindasannya dan pemerasan kepada rakyat Nusantara yang sama seperti tentara Belanda.




PENELUSURAN HARTA VOC ( Vereenigde Oostindische Compagnie ) Di indonesia ( Pulau Onrust )

Ada tiga narasumber yang mengikuti penelusuran ini.Mereka adalah Lilie Suratminto (Dosen UI dan penulis buku makna sosio-historis batu nisan VOC di Batavia), Alwi Shahab (wartawan senior dan penulis buku Betawi Queen of The East) dan Eddri Sumitra Ito alias E.S. Ito (penulis novel Rahasia Meede : Misteri Harta Karun VOC).


Menguak Misteri Harta Karun VOC ( Vereenigde Oostindische Compagnie ) Di indonesia

Pulau Onrust terletak di teluk Jakarta. Pulau ini dapat dicapai dari Muara Kamal kira-kira tiga puluh menit perjalanan dengan kapal motor. Pulau ini disebut Onrust dari Bahasa Belanda yang dalam bahasa Inggris unrest artinya ”tidak pernah diam” atau ”tidak bisa beristirahat” karena di pulau ini pada masa kejayaan VOC memang sibuk terus, siang dan malam dipenuhi oleh kapal-kapal yang berlabuh ke pulau itu.

Menguak Misteri Harta Karun VOC ( Vereenigde Oostindische Compagnie ) Di indonesia

Lilie Suratminto mengatakan bahwa Onrust menjadi tempat perbaikan kapal dan tempat berlabuhnya kapal-kapal Kompeni dari berbagai penjuru dari Asia dan Afrika dan juga dari Eropa. Berbagai kapal kompeni besar dan kecil harus melalui pos pabean di Onrust sebelum masuk ke Batavia. ”James Cook dalam perjalanannya ke Australia dan Selandia Baru pernah singgah dan memperbaiki kapalnya di sini,” ujarnya.

Demikian juga saat Albert Tasman seorang pedagang Inggris di Batavia dalam memimpin ekspedisi menuju benua Australia bagian selatan dan pulau yang kemudian dinamakan dengan namanya yakni pulau Tasmania, armadanya berangkat dari pulau Onrust. Baik James Cook maupun Albert Tasman adalah tokoh-tokoh penjelajah samudera pada jamannya.

Dari pulau inilah VOC, perusahaan dagang Belanda itu menancapkan kuku kolonialismenya di seluruh wilayah Nusantara. Menjatuhkan satu persatu penguasa lokal dan mengatur mereka dengan aturan yang menguntungkan VOC secara politik dan ekonomi. Onrust adalah pintu gerbang penjajahan kompeni di Indonesia sejak tahun 1610, hingga kebangkrutan perusahaan multinasional tua itu pada 31 Desember 1799.

Pulau ini semula disewa dari Pangeran Jayawikarta pada tahun 1610, namun oleh VOC akhirnya dipergunakan untuk menggalang kekuatan untuk menghantam Jayakarta dan menguasainya sejak tahun 1619. Dari pulau ini Kompeni kemudian menguasai perdagangan dari Tanjung Harapan di Afrika Selatan sampai di Pulau Deshima (Hirado) di dekat Nagasaki Jepang, juga sampai Tanjung Hoom di Selat Magelhaen di Amerika Selatan.

Pulau Onrust dikuasai seorang Baas (dalam bahasa Inggris Boss) yang bertugas untuk mengawasi kedatangan dan pemberangkatan kapal-kapal kompeni, memperbaiki kapal-kapal yang rusak, mendatangkan kayu-kayu dan tenaga ahli serta penyediaan budak-budak untuk dipekerjakan di sini. Pendek kata, inilah pulau kecil dengan kekuasaan maha besar. Onrust pada masa jayanya bisa disebut sebagai markas besar VOC.

Boss pulau Onrust juga bertanggung jawab terhadap keselamatan rempah-rempah yang telah dikumpulkan dari berbagai penjuru Asia untuk diangkut ke Eropa. Oleh karena itu kekuasaan dari Baas Pulau Onrust ini sangat besar, karena semua pedagang harus tunduk pada peraturannya. Bahkan Gubernur Jenderal VOC di Batavia juga harus ikut pada aturan dari Baas pulau Onrust itu.

Menguak Misteri Harta Karun VOC ( Vereenigde Oostindische Compagnie ) Di indonesia

Mitos harta karun VOC di pulau Onrust itu bermula dari keganjilan sejarah, bagaimana sebuah institusi dagang sebesar dan sekuat VOC mendadak bangkrut secara tiba-tiba. Sejak tahun 1789, pembukuan VOC telah mengalami defisit sebesar 74 juta gulden, dua tahun kemudian meningkat menjadi 96 juta gulden. Dan, pada saat dibubarkan, total beban hutang yang harus ditanggung VOC adalah sebesar 134 juta gulden.

Sebagian dokumen malah menyebut angka 219 juta gulden. Setelah VOC dibekukan pada tahun 1798 dan kemudian dibubarkan pada 31 Desember 1799, semua hutangnya diambil alih pemerintah Belanda. Jadi, kekayaan yang ditinggalkan VOC adalah hutang sebesar 134 atau 219 juta gulden. ”Bagaimana mungkin semua kekayaan yang bersumber dari monopoli beragam komoditas bernilai jutaan gulden itu lenyap begitu saja ?” kata E.S. Ito saat ditanya soal mitos itu.

Keserakahan, salah urus dan korupsi diduga menjadi salah satu penyebab bangkrutnya VOC. Anehnya, menjelang bangkrutnya VOC ketika perusahaan dagang tersebut nyaris tak lagi bisa membayar dividen tahunannya, pengiriman rempah-rempah bernilai mahal ke Eropa masih mampu menunjukkan tingkat keuntungan rata-rata yang tinggi. Dari sinilah muncul dugaan bahwa jutaan gulden harta kekayaan VOC telah digelapkan.

Kekayaan VOC yang digelapkan oleh pejabatnya sendiri itu diduga dalam bentuk emas batangan, dan tak sempat terangkut ke negeri Belanda. Harta kekayaan itu diduga disembunyikan di salah satu tempat di negeri ini. Pulau Onrust, salah satu pulau yang menjadi tempat asal muasal kekuasaan maha dahsyat VOC diduga menjadi tempat penyembunyian harta karun tersebut.
Salah satu bukti kuat bahwa harta karun VOC itu memang benar adanya terungkap setelah diketemukannya bangkai kapal De Geldermalsen, kapal dagang VOC yang tenggelam di selat Malaka pada tahun 1751. Pada tahun 1986, ekspedisi pemburu harta karun pimpinan Kapten Michael Hutcher menemukan 126 batang emas lantakan dan 160.000 benda keramik dinasti Ming dan Ching di bangkai kapal tersebut.

Padahal dari data sejarah diketahui, ada ratusan bangkai kapal dagang yang tidak pernah ditemukan hingga saat ini. Ada kurang lebih 105 buah kapal VOC yang tenggelam sepanjang tahun 1602 sampai dengan 1795. Pejabat VOC korup yang ingin mengangkut emas hasil jarahannya pasti ada yang bernasib sial, sebagaimana kasus De Geldermalsen. Belum lagi emas yang tertimbun di daratan dan belum sempat terangkut.

Lilie Suratminto membenarkan bahwa sebagai sebuah pulau, Onrust belum sepenuhnya tereksplorasi oleh Pemda DKI Jakarta. Alasannya klasik, karena adanya keterbatasan dana operasional. Padahal secara arkeologis, Onrust sungguh sangat menarik. Di pulau ini diduga juga tersimpan banyak ruang bawah tanah yang belum terungkap. ”Makanya sayang sekali kalau diterlantarkan begini,” ujar dia.

Fungsi pulau ini, kata Lilie, berubah-ubah. Setelah dihancurkan Inggris tahun 1800 dalam perang Inggris versus Belanda saat Inggris memblokade armada kapal Kompeni sehingga hubungan VOC dengan Amsterdam putus, Onrust luluh lantak. Ini juga menjadi salah satu faktor penyebab yang mempercepat kejatuhan VOC dan akhirnya gulung tikar dengan meninggalkan sejumlah mitos dan teka-teki soal harta karun.

Menguak Misteri Harta Karun VOC ( Vereenigde Oostindische Compagnie ) Di indonesia

yahh,,,,, begitulah gan soal misteri harta karun VOC di INDONESIA..
belum ada sampai saat ini yang berhasil menemukan harta tersebut...
menurut kabar gan,nilai harta karun VOC ini dapat MELUNASI semua HUTANG Indonesia.. emoticon-Matabelo
hahahhahahahaha.... emoticon-Ngakak
whateverlah ane gak ikut campur,,,

oke gan sekian dari GENERASI.BIROE
SALAM KASKUS

emoticon-Shakehand2

CENDOLNYA GAN!!!!
emoticon-Ngakak
emoticon-Request emoticon-Blue Guy Cendol (L)
pertamax hanya buat ts
walah, ane cari dulu ahh gan emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2

Quote:
KASKUS Ads
hahhahahahahaha lanjut gan emoticon-Ngakak
Quote:


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
mantep gan kalau bener ada harta karunya ane minta jatah ah emoticon-Ngakak
image-url-apps
ijin nyimak gan emoticon-linux2
sumber gan emoticon-Bingung

klo dah jelas ane bisa emoticon-Traveller ke onrus
wah gali aja semua tanah yg ada dionrust pasti ntar ktmuemoticon-Ngakak
Mantab gan, tinggal dieksekusi nih beneran ada apa gak..
image-url-apps
halllaaaahhh kalau ketemu paling buat bancakan para pejabat
Quote:


monggo gan....
hahhahahaahhahaa,,
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:




Quote:


silahkan gan emoticon-Ngakak

Quote:

http://isandri.blogspot.com/2008/09/...karun-voc.html


Quote:



hahahahahahaha
repot gan emoticon-Ngakak
Quote:


beneran gan,,,
tapi gak taw juga sih,,,
hahhhahahahaha,,
emoticon-Ngakak

Quote:


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
ane mau gali rumah ane akh....gali aje harta karun nya ada di rumah ane.....emoticon-Matabelo
Quote:


yang dalam gan,,
kalo dapat bagi ane ya gan,,,
emoticon-Request emoticon-Ngakak
mejeng page one duluu emoticon-Malu (S)
Quote:


monggo
emoticon-Toast
image-url-apps
mungkin hal demikian yg membentuk opini tentang harta twbt yaitu kebangkrutan voc yg terlalu cepat dan sesuatu bgt emoticon-Big Grin
gimana orang Indonesia gak tukang korupsi ya, udah belajar sama VOC dari jama dulu hahaha
wah seru neh, berburu harta karun emoticon-Matabelo
Quote:


bener gan...
kan gak masuk akal juga kebangkrutannya terjadi tiba tiba..
emoticon-Hammer2

Quote:


hahahahahahahaha
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
×