alexa-tracking

Perempuan Lebih Rentan Kesurupan Daripada Pria

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50ff5825e374b4c327000010/perempuan-lebih-rentan-kesurupan-daripada-pria
Perempuan Lebih Rentan Kesurupan Daripada Pria
Quote:


Perempuan Lebih Rentan Kesurupan Daripada Pria

Perempuan Lebih Rentan Kesurupan Daripada Pria


Jakarta, Dalam berbagai kasus kesurupan massal, yang menjadi korban atau pasien kebanyakan adalah kaum perempuan. Tak heran jika kemudian muncul anggapan bahwa perempuan lebih rentan kesurupan. Fakta ini pun diakui oleh pakar kesehatan jiwa.

"Dari fenomena yang selama ini terjadi, bisa dikatakan kesurupan lebih banyak terjadi pada wanita dibanding pria," kata Dr Prianto Djatmiko, SpKJ, psikiater dari RS Jiwa Soeharto Heerdjan, Grogol, saat dihubungi detikHealth, seperti ditulis Rabu (23/1/2013).

Menurut Dr Prianto, kesurupan disebabkan juga oleh faktor psikososial seperti sedang ada konflik, stres dalam menghadapi ujian dan sebagainya. Sayangnya tidak dijelaskan mengapa faktor-faktor tersebut lebih banyak menyebabkan kesurupan pada perempuan dibanding laki-laki.

Dalam pemahaman orang awam, perempuan lebih sensitif secara emosional. Termasuk dalam kasus-kasus kesurupan massal, perempuan dianggap lebih mudah terbawa oleh suasana sehingga lebih mudah tertular saat ada orang lain di sekitarnya yang sedang kesurupan.

"Pada kesurupan massal, kesurupan bisa terjadi akibat sugesti yang muncul dari seseorang karena melihat temannya yang kesurupan, maka terjadilah kesurupan massal," jelas Dr Prianto terkait fenomena kesurupan yang menurutnya bisa juga menular ke orang lain.

Jika jenis kelamin berhubungan dengan kerentanan terhadap fenomena kesurupan, tidak demikian dengan faktor lain khususnya usia seseorang. Menurut Dr Prianto, kesurupan bisa terjadi di hampir semua kelompok usia kecuali pada usia bayi dan anak-anak.

Dalam kebanyakan kasus yang mencuat di media, kesurupan massal paling banyak tejadi di sekolah setingkap SMP dan SMA. Beberapa kali terjadi juga pada karyawan-karyawati pabrik. Jarang sekali kesurupan massal terjadi di kuburan, sehingga makin membuktikan bahwa kesurupan tidak selalu berhubungan dengan hal-hal mistis.(up/vit)

[URL="http://health.detik..com/read/2013/01/23/100300/2150320/775/perempuan-lebih-rentan-kesurupan-daripada-pria?l992203755"]SUMBER[/URL]
serem amat gan emoticon-Takut
wah memang dunia jersey 99% emoticon-Belomatabelo
KASKUS Ads
ilmu pengetahuan membuktikan bahwa krasukan bukan krn klenik...emoticon-2 Jempol
Quote:

Ehhh..malah jualan.. emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S)
image-url-apps
emang iya lbi rentan gan
image-url-apps
Quote:


Biarin aja gan emoticon-Ngakak
Quote:

Apa mungkin gara2 ini jd banyakan hantu yg cewek? emoticon-Malu (S)
Quote:

Hehehe..udah dihapus tuh postingannya.. emoticon-Big Grin
image-url-apps
Lhoooo...koq fotonya berubah? emoticon-No Hope
image-url-apps
wah ane baru ngeliat gan .
Quote:

Hehehe..kemaren bukan foto yg itu.. emoticon-Bingung (S)

image-url-apps
Bener gan cewe iu sukanya ikut"an, kalo ada yang kesurupan ya ikut juga emoticon-Ngakak
Quote:

Apalagi klo baca kata-kata : SALE
emoticon-Ngakak
image-url-apps
kalo cowok ksurupan berarti ??????
emoticon-Betty
image-url-apps
karena perempuan pikiran nya suka kosong emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


contohnya kayak big sale ya gan emoticon-Ngakak (S)
Quote:


Bakalan kesurupan massal.. emoticon-Ngakak
beneran neeh gan? emoticon-Takut
image-url-apps
harus ati ati tuh para sista
Quote:

Artinya : Jangan kesurupan sembarangan.. emoticon-Malu (S)
×