alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50ff432a7c12439935000000/hot-akibat-jalan-yang-rusak-nih-gan
(Hot) Akibat Jalan Yang Rusak Nih Gan...
Ane baru baca berita dari Kaltim Post, tentang ditetapkannya sebagai tersangka seorang pejabat akibat kerusakan jalan yang menimbulkan korban. Cekidot beritanya gan untuk menjadi pembelajaran emoticon-Matabelo

Quote:SAMARINDA – Jalan rusak di KotaTepian kembali memakan korban. Bukan korban meninggal dunia, melainkan seorang pejabat Pemkot Samarinda ditetapkan sebagai tersangka gara-gara jalan rusak.
Ya, diam-diam penyidik Unit Lakalantas Satlantas Polresta Samarinda terus mengusut kasus kecelakaan di Jalan Achmad Dahlan pada 20 September 2012 lalu yang menewaskan remaja bernama Zainal Mutakin (16).

Perkara ini pun menyeret Kepala UPTD I Bidang Bina Marga Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Pemkot Samarinda berinisal Er. Kini, Er berstatus tersangka karena dianggap bertanggung jawab atas kerusakan jalan dan mengakibatkan nyawa Zainal melayang. “Yang bersangkutan sudah ditetapkan tersangka,” ujar Kasat Lantas Polresta Samarinda Kompol Rachmat Iswan Nusi kepada media ini, baru-baru ini.

Kendati tidak menyebut secara rinci peran dan penyebab Er menjadi tersangka, dia hanya menyebut kasus tersebut tetap diproses hingga masuk ke meja hijau. Supaya kasus ini menjadi pembelajaran dan memberikan efek jera agar pejabat pemerintah yang bertanggung jawab mengurusi jalan rusak, serius menjalankan tugasnya. “Pokoknya kasus ini tetap berjalan,” tegasnya.

Menurut dia, dalam kasus ini tidak tertutup kemungkinan bakal bertambah jumlah tersangka. Sebab jika mengacu UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.


Quote:Sebagaimana disebutkan dalam bab XX Pasal 273 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009
Pasal 1: Setiap penyelenggara jalan yang tidak dengan segera dan patut memperbaiki jalan yang rusak yang mengakibatkan Kecelakaan lalu lintas sebagaimana dimaksud dalam pasal 24 ayat 1 sehingga menimbulkan korban luka ringan dan / atau kerusakan kendaraan dan/barang dipidana penjara paling lama 6 bulan atau denda paling banyak Rp.12.000.000

Pasal2 : Dalam hal perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat 1 mengakibatkan luka berat, pelaku dipidana dengan pidana penjara paling lama satu tahun atau denda paling banyak Rp. 24.000.000


Pasal 273 ayat 3, dijelaskan apabila kerusakan jalan menimbulkan kecelakaan dan mengakibatkan orang lain meninggal dunia, pelaku dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak Rp 120 juta rupiah.

Pada ayat 4, diterangkan pula; Penyelenggara Jalan yang tidak memberi tanda atau rambu pada jalan yang rusak dan belum diperbaiki sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24 ayat (2), dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 bulan atau denda paling banyak Rp1.500.000.
emoticon-Takut

Lantas, bagaimana komentar Kepala DBMP Samarinda Ahmad Maulana, saat ditemui media ini dia memilih menghindar. “Saya tak boleh komentar kalau sudah ditangani oleh pihak yang berwajib,” imbuhnya. sumber Kaltim Post emoticon-Matabelo
emang gan, perlu mendapat pembelajaran tuh para pejabat agar tidak korup ama biaya pembuatan jalanemoticon-Kiss
iya gan ,, ibarat takaran semen adukan 1 : 5 atw 1 : 7 .. mungkin itu 1 :25 x gan ,, makannya sekali diinjek berkali2 sam motor dan mobil rusak deh tu jalan .. emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)
kan mereka yg bertugas membangun dan memelihara jalan gan, anggaran mereka juga yg pegang. kalo nggak di laksanakan tugasnya ya, mrk patut disalahkan. emoticon-army
Nah kalo undang2nya jelas kan jadi gampang ngadili pejabat.
masih banyak juga ya gan jalan rusak.

mampir gan blog ane
ikut nyimak gan
jalan rusak sangat bahaya gan. bisa menyebabkan kecelakaan yg membahyakan nyawa
ya mungkin itu gara gara dananya yg belum trun gan
Quote:Original Posted By tison23
Nah kalo undang2nya jelas kan jadi gampang ngadili pejabat.


Ane suka ini gan, UU sudah jelas dan kepolisian Samarinda telah mencoba menerapkannya untuk menjerat pejabat yang bertanggungjawab...
Ane liat di tipi di jakarta udah makan korbangara2 jalan rusak.. emoticon-Cape d... (S)
no pic = ;hoax
buset dah itu jualan jersey pict nya gak di spoiler pula emoticon-Cape d... emoticon-Blue Guy Bata (L)
gitu dong tegas emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By Bawah.Ane.Maho
no pic = ;hoax


Tinggal ente poto sendiri jalanan yang rusak gan
wah gt y gan akibatnya
Quote:Original Posted By heruwo


Tinggal ente poto sendiri jalanan yang rusak gan


Males gan, ribet
salut buat merek" yang berani menyentuh ranah Pejabat untuk
membuat mereka mengakui dan mengirimkannya ke SEL
Wah kurang perhatian tuh jalannya
×