alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50fece9d7c1243f77600000b/suku-dayak-asli-di-taiwan
Suku Dayak Asli di Taiwan
Suku dayak merupakan suku asli pulau borneo atau pulau kalimantan. Mereka tinggal dipedalaman dan hidup berkelompok. Namun tidak banyak yang tahu kalau suku dayak juga menjadi suku asli di luar Indonesia yaitu di Taiwan. Suku dayak yang tinggal di taiwan disebut suku Atayal atau Tayal dan biasa disebut juga suku Tayan.
Spoiler for gambar:


Apakah anda tahu?
Suku dayak di taiwan memiliki jumlah 23,1% dari penduduk asli lainnya. wow,,,,,, Ini menempatkan mereka sebagai kelompok kedua terbesar disana. Yang dimaksud Atayal adalah "orang asli" atau "manusia pemberani".

Cerita Rakyat
Menurut cerita yang diceritakan oleh orang tua mereka, nenek moyang Atayal berasal dari sebuah batu yang retak dan terpisah. ada tiga orang tapi satu diantara mereka kembali lagi ke batu.
Yang tidak kembali adalah satu pria dan satu wanita dimana mereka tinggal bersama untuk waktu yang sangat lama.

Namun sayangnya sang pria mempunyai sifat pemalu dan tidak berani mendekati gadis tersebut. Melihat sifat pria itu, sang gadis dayak pergi dari rumah dan dia menemukan batubara/batu arang dan ia gunakan untuk menghitamkan wajahnya dengan maksud agar nanti tidak dikenali oleh si pria pemalu dan dengan harapan agar dikenal sebagai wanita lain.
Setelah beberapa hari, gadis dayak tersebut kembali ke rumah dan pria pemalu tersebut berfikir bahwa gadis itu adalah gadis lain,bukan gadis yang bersamanya beberapa waktu lalu.
Akhirnya mereka tinggal bersama selamanya. Mereka diberkahi anak dan dari situlah terbentuk keluarga lainnya.
Kebiasaan suku Atayal mencoret wajah dengan arang kemudian menjadi awal budaya tato pada suku dayak.

Gaya Hidup
Suku dayak memiliki budaya yang cukup maju. mereka awalnya hidup sebagai petani, memancing serta berburu. Suku dayak Atayal juga memiliki alat musik tradisional dan tarian. Berikut video tarian suku Atayal :
youtube-thumbnail


Suku Atayal dikenal sebagai suku besar dan pejuang. untuk membuat tato diwajahnya, seorang pria harus membawa kembali setidaknya satu kepala manusia dimana nantinya akan diberi makan dan minum dengan harapan membawa untuk mendapatkan berkah bagi sawah dan ladang atau biasa disebut ngayau.
Suku Atayal juga dikenal sebagai pejuang sengit seperti yang terjadi pada insiden Wushe dimana suku dayak Atayal berperang melawan Jepang.
Seorang gadis akan belajar menenun ketika berusia 10 atau 12 tahun. mereka harus mendapatkan keterampilan untuk bisa memiliki tato. tato sangat berarti bagi mereka karena hanya mereka yang bertato yang bisa menikah dan setelah kematian hanya mereka yang bertato yang bisa menyeberangi hongu utux atau jembatan roh. Tato pada suku Tayal disebut sebagai "Ptasan".
Suku Atayal adalah penenun terbaik dimana mereka memiliki pola dan simbol yang sangat menarik seperti yang biasa kita lihat pada hasil karya dayak di kalimantan.
Warna favorit suku Atayal adalah MERAH yang berarti "DARAH" dan "KEKUASAAN".
Untuk bisa bertato, suku dayak atayal tidak bisa dengan mudah karena mereka harus melalui banyak persyaratan.
Untuk pria harus menunjukkan keberaniannya menjadi pemburu dengan mengambil kepala musuh.
Untuk wanita harus bisa menenun karena ini menunjukkan kematangan. cukup sukit dibanding sekarang dimana kita bisa dengan bebas bertato tanpa ada syarat asal ada niat.

Suku Atayal di taiwan berada di tengah dan utara taiwan. Desa utara pada Ulay (dalam bahasa cina disebut Wulai), letaknya sekitar 25 kilometer arah selatan pusat Taipei.
Nama Ulay berasal dari qilux/panas karena terdapat air panas ditepi sungai. Budaya Atayal juga dapat dilihat di museum Wulai Atayal.
Suku Dayak Asli di Taiwan

sumber

nah kalo agan-agan pengen tau lebih dalam mengenai suku ini agan n sista tinggal menonton film Warriors of the Rainbow: Seediq Bale
ini kisah nata loh gan emoticon-Matabelo

Perjanjian 1.895 dari Shimonoseki menyerahkan pulau Taiwan (Formosa alias) ke Jepang. Ada ketegangan langsung antara pulau dan tuan baru mereka kolonial, memicu pemberontakan kecil, tapi penindasan brutal terhadap Revolusi Taiwan pada tahun 1916 membawa kedamaian gelisah.

Pada saat itu, suku-suku asli Taiwan - dianggap 'liar primitif' oleh Jepang - yang kehilangan tanah mereka dan senjata mereka, bersama dengan tradisi mereka kepala-berburu dan tato wajah. Tato adalah bagian integral dari budaya suku: dalam suku Seediq, ketika seorang pria muda diberikan wajahnya-tato itu menandakan bahwa ia telah berlalu dari masa kanak-kanak ke kedewasaan dan menjadi 'pahlawan suku' - sebuah Bale Seediq. Meskipun semua kendala Jepang pada budaya mereka, suku-suku asli diserahkan kepada pemerintahan Jepang untuk sementara waktu. Dalam Wushe, sebuah kota suku di Gunung Chilai, Jepang bahkan mendirikan sekolah, kantor pos, pusat pelatihan kejuruan ... dan cabang Nenggao Polisi Departemen.


Mouna Rudo adalah pemimpin suku Seediq di Wushe. Dia telah memicu pemberontakan kecil melawan Jepang pada tahun 1920 dan 1925, namun tahun 1930 tampaknya pasrah menerima aturan Jepang. Berpikir bahwa mereka telah 'dijinakkan' orang liar, Jepang mengurangi jumlah polisi ditempatkan di Wushe.

Selama 'perdamaian palsu' tahun 1930, bagaimanapun, Pihu Sapu dan suku lain dari Hogo desa membujuk Mouna Rudo untuk meluncurkan pemberontakan baru yang ambisius. Mereka diam-diam melobi desa Seediq lainnya di wilayah tersebut dan membentuk aliansi bawah tanah enam desa: Truwan, Mahebo, Bualon dan Suku bergabung Wushe dan Hogo dalam perencanaan serangan mendadak di Jepang. Aliansi mengerahkan lebih dari tiga ratus orang pertempuran berbadan sehat secara total.
Spoiler for gambar:


Rencananya adalah untuk menyerang pada tanggal 27 Oktober, hari pertemuan sekolah olahraga di Wushe, ketika Komisaris Nenggao dan pejabat tinggi Jepang yang akan hadir. Tentara suku dibagi menjadi beberapa tim untuk meluncurkan serangan kejutan pada semua kantor polisi daerah, mereka kemudian berkumpul mengelilingi Wushe dan pembantaian setiap Jepang terlihat. Tindakan itu dengan cepat dicapai: pria Jepang dan wanita 136 tewas. Ada 428 Cina-Taiwan yang tinggal di Wushe pada saat itu, dan hanya dua dari mereka tewas, baik karena kecelakaan. Itu adalah pemberontakan hati-hati direncanakan dan dilaksanakan, tidak seperti serangan suku tradisional kepala-berburu.
Spoiler for gambar:

Pada hari-hari berikutnya, para pemberontak Seediq membakar rumah mereka sendiri dan desa. Orang Jepang Mereka bingung dan kewalahan. Ketika regu polisi dan tentara dikirim untuk menghancurkan pemberontakan gagal, pemerintah Jepang berusaha menyuap Seediqs untuk berbalik melawan para pemberontak. Tapi pemberontakan berlangsung selama lima puluh hari.
Suku Dayak Asli di Taiwan
Hal ini mengatakan bahwa lebih dari seratus Seediq wanita menggantung diri selama pemberontakan untuk membebaskan suami mereka dari beban merawat mereka. Dikalahkan dalam pertempuran darat, Jepang terpaksa menjatuhkan gas beracun pada pemberontak dari pesawat - melanggar konvensi internasional. Bom-bom gas menyebabkan beberapa pemberontak untuk menyerah dan orang lain untuk bunuh diri. Mouna Rudo melihat bahwa pemberontakan bisa pergi lebih jauh lagi dan menginstruksikan para anggota keluarganya untuk bunuh diri. Dia secara pribadi menembak istrinya dan dua cucu dan kemudian bersembunyi ke gunung, berharap bahwa Jepang tidak akan pernah menemukannya. Putranya tertua Tado Mouna berjuang sampai peluru terakhir dan kemudian gantung diri, bersama dengan pemberontak lainnya. The 'Insiden Wushe' - karena Jepang menyebutnya - akhirnya berakhir ketika salah satu pemimpin kelompok, Pihu Sapu, ditangkap. Itu adalah lima puluh hari penuh setelah pembantaian hari olahraga. Orang Jepang segera dituntut balas dendam mereka. Mereka pertama dipasang 'The Insiden Wushe Kedua': pelaksanaan lebih dari 200 pemberontak ditangkap, yang dirancang untuk mencegah setiap pemberontakan lanjut. Mereka kemudian pindah semua suku-suku Seediq selamat ke sebuah pulau lepas pantai (mereka menamakannya Kawanaka-hara-jima) terhubung ke daratan hanya oleh jembatan gantung tipis. Para Seediqs akhirnya terisolasi dan berisi.
Suku Dayak Asli di Taiwan


penampakan asli mouna rudo
Suku Dayak Asli di Taiwan

makam
Suku Dayak Asli di Taiwan

triler
Spoiler for disini:
ane dah lama gan nonton pelemnya!! emoticon-Jempol
pesan ceritanya mirip2 jaman perjuangan emoticon-Kiss (S)
Quote:Original Posted By duabelaspass
ane dah lama gan nonton pelemnya!! emoticon-Jempol
pesan ceritanya mirip2 jaman perjuangan emoticon-Kiss (S)


keren yah gan..
wah ane baru tau gan , nice inpoh nih emoticon-2 Jempol
Bener gan, bukannya kalo agan2 belajar sejarah, pasti ingat toh tentang proto melayu dan deutro melayu? proto melayu tu orang2 dari daratan cina (yunan) yang berlayar ke nusantara, disebut2 sebagai nenek moyangnya orang dayak, manado, dan bbrp suku lain di indonesia.. setelah kedatangan deutro melayu mereka hidup makin masuk ke pedalaman.. makanya kalo agan2 liat2 dgn baik, banyak orang2 dayak yang wajahnya mirip orang2 dari china.. gak cuma di indonesia, tapi juga di malaysia dan filipina..

jadi sebenarnya gak ada lagi alasan untuk rasis di indonesia.. lha kebanyakan orang di indonesia asal usulnya juga "impor" dari luar kok.. emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By Kontrapunkt
Bener gan, bukannya kalo agan2 belajar sejarah, pasti ingat toh tentang proto melayu dan deutro melayu? proto melayu tu orang2 dari daratan cina (yunan) yang berlayar ke nusantara, disebut2 sebagai nenek moyangnya orang dayak, manado, dan bbrp suku lain di indonesia.. setelah kedatangan deutro melayu mereka hidup makin masuk ke pedalaman.. makanya kalo agan2 liat2 dgn baik, banyak orang2 dayak yang wajahnya mirip orang2 dari china.. gak cuma di indonesia, tapi juga di malaysia dan filipina..

jadi sebenarnya gak ada lagi alasan untuk rasis di indonesia.. lha kebanyakan orang di indonesia asal usulnya juga "impor" dari luar kok.. emoticon-Ngakak


iya bner gan masih ada rasisme diantara kita dan itu harus dihapuskanemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By Kitsukawaa
wah ane baru tau gan , nice inpoh nih emoticon-2 Jempol


nonton gan.. rame bgt filmnya
gud inpoh gan nambah2 wawasan
kok bisa ya suku dayak di sana
lah koq ada dayak disana gan emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By babahsquad
lah koq ada dayak disana gan emoticon-Cape d...


haha itu hanya istilah mngkin gan... hehehe
wow...ternyata ada maknanya jg ya tato2nya..
Ow baru tau klo termasuk suku Dayak..sdh nonton filmnya bbrp bln lalu. cerita sejarah yg bagus penyampaiannya..durasi filmny sekitar 4 jam an.
kerennn
dayak emang asli kerennn emoticon-2 Jempol
suku & adat kaya gini yang harus dijaga jangan sampe ikut punah karna modernisasi emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By moesen360
Ow baru tau klo termasuk suku Dayak..sdh nonton filmnya bbrp bln lalu. cerita sejarah yg bagus penyampaiannya..durasi filmny sekitar 4 jam an.


emoticon-Ngakak iya... 4 jam dan semua scene itu menarik untuk ditonton...
loh, disana juga ada suku dayak toh? emoticon-Matabelo

nais inpoh gan. emoticon-Rate 5 Star
Quote:Original Posted By bangbelibang
loh, disana juga ada suku dayak toh? emoticon-Matabelo

nais inpoh gan. emoticon-Rate 5 Star


thx gan
bener2 mrip dayak y
Quote:Original Posted By Dipoaji90
bener2 mrip dayak y


tonton juga filmnya gan hehe
kalau dilihat dari sejarahnya ada kemungkinan memiliki hubungan ..