alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50fec0661ed719732b000001/slank-curhat-ke-mk
Slank ‘Curhat’ ke MK
MK sarankan Slank ajukan uji materi UU Kepolisian tanpa pengacara.
mudah mudahan thread ane gaemoticon-Repost agan yang baik mohon ninggalin jejak,meskipun agan ga ngasih aneemoticon-Blue Guy Cendol (L) ane nunggu kemurahan hatinnya untuk kasih aneemoticon-Rate 5 Star
Spoiler for bimbim:

Quote:Slank mendatangi MK. Grup musik ternama itu ingin berkonsultasi dengan MK terkait seringnya Slank tidak memperoleh izin dari pihak Kepolisian atau bahkan dilarang untuk menggelar konser. Slank merasa apa yang dilakukan Kepolisian itu merugikan hak konstitusionalnya.

Slank menyebut pangkal masalahnya adalah UU No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara RI, khususnya Pasal 15 yang mengatur perizinan kegiatan keramaian. Aturan itu dinilai tidak sejalan dengan prinsip HAM.

“Kami merasa, Pasal 15 UU No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian banyak berimbas ke Slank, undang-undang itu jauh dari semangat reformasi dan HAM, karenanya kita datang ke sini untuk berkonsultasi atas hak konstitusional kami sebagai warga negara,” kata Bimo Setiawan alias Bimbim saat konferensi pers usai bertemu Ketua MK Moh Mahfud MD di Gedung MK, Selasa (22/1).

Pasal 15 ayat (2) huruf a UU Kepolisian menyebutkan, “Kepolisian Negara Republik Indonesia sesuai dengan peraturan perundang-undangan lainnya berwenang: a. memberikan izin dan mengawasi kegiatan keramaian umum dan kegiatan masyarakat lainnya.”

Atas dasar itu, Bimbim yang datang didampingi ibunya, Bunda Ivet dan Ivanka sang Bassis, meminta masukan MK tentang permasalahan ini. Bimbim merasa tindakan Kepolisian menghambat Slank untuk menyampaikan karya-karya musiknya.

“Kita mengacu pada UU Kepolisian itu sebagai titik persoalan kami, seharusnya demokrasi dan HAM jangan abu-abu, harus jelas. Padahal, kami sendiri tidak bermasalah dengan aparat,” kata Bimbim.

Di tempat yang sama, Ketua MK Mahfud MD mengakui aturan perizinan untuk menyelenggarakan keramaian seringkali memang berbenturan dengan hak konstitusional warga negara. Mahfud, misalnya, menyebut kasus konser Lady Gaga yang beberapa waktu lalu urung digelar lantaran menuai protes sejumlah organisasi kemasyarakatan.

“Kita boleh tidak suka atau suka dengan Lady Gaga. Tetapi ratusan ribu penonton dan event organizer-nya merasa dirugikan yang sudah melakukan kontrak karena konser digagalkan karena tidak dapat izin,” kata Mahfud.

Mahfud berpendapat, meskipun menjadi tugas Kepolisian untuk menjamin keamanan masyarakat, tetapi pelaksanaan norma itu tetap harus dilakukan secara arif dan bijaksana. “Tugas kepolisian hanya menjalankan teknis operasional. Tugas mengamankan prinsip konstitusional tidak boleh dikurangi dengan teknis operasional,” kata Mahfud.

Karena itu, menurut Mahfud, pelarangan konser, apalagi secara tiba-tiba, merugikan masyarakat juga. Seperti masyarakat penikmat seni, event organizer, dan pedagang-pedagang yang menjajakan barangnya saat konser.

“Tadi saya katakan (kepada Slank, red) jika ada benturan prinsip konstitusional dan teknis operasional yang bersumber dari undang-undang, undang-undang itu bisa dimohonkan pengujian ke MK. Kalau persoalan itu dirasa merugikan hak konstitusional, Slank bisa menguji undang-undang itu ke MK tanpa harus diwakili pengacara,” saran Mahfud.

Spoiler for warning:
emoticon-Rate 5 Staremoticon-Blue Guy Cendol (L)
Perasaan tahun baruan
Ga pake izin2an ama polisi deh, tp ttep rame
emoticon-Bingung
Quote:Original Posted By JulianJackson
Kasihan Gan Si Slank, Dia Mau Berkarya Padahal emoticon-Matabelo


Slank ‘Curhat’ ke MK
Slank ‘Curhat’ ke MK
Slank ‘Curhat’ ke MK


betul banget gan,untuk acara dalam negri aja di persulit cba klau acaranya artis artis luar cepet dapat perizinan nya

baru tahu jg ane gan emoticon-Bingung emoticon-Bingung





Best Regards,
WSSChanger
laguna slank emg begitu gan
sesuai keadaan indonesia
curhat gimana gan?