alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50fe98c4e574b41f1a000000/cerita-mengerikan-di-balik-pembuatan-iphone
Inspiratif 
Cerita 'Mengerikan' di Balik Pembuatan iPhone
emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Hot News

Spoiler for BUKTI:

Quote:Cerita 'Mengerikan' di Balik Pembuatan iPhone
Smartphone besutan Apple, iPhone, selalu menarik perhatian. Apa yang berkaitan dengan iPhone selalu menyedot perhatian besar pencinta gadget di seluruh dunia, termasuk rumor dan bocoran desain iPhone baru sebelum diluncurkan.

Bahkan jauh sebelum, bocoran iPhone sudah dipublikasikan melalui blog atau internet. Ini menunjukkan antusiasme yang tinggi di kalangan pencinta gadget.
Cerita 'Mengerikan' di Balik Pembuatan iPhone
Seakan ingin mengetahui dapur pembuatan iPhone terbaru ini, seorang wartawan China pun rela menyamar menjadi seorang pekerja di pabrik perakitan iPhone 5, Foxconn, di China.

Sang kuli tinta dari Shanghai Evening Post ini berusaha melihat proses pembuatan iPhone terbaru itu. Wartawan ini pun menghabiskan total 10 hari di dalam pabrik dan berbagi cerita selama masa penyamaran tersebut.

Menurut Shanghai Evening Post, pekerja Foxconn menghabiskan 7 hari pertama untuk sebuah orientasi pelatihan yang melelahkan. Tak hanya itu, asrama pabrik tersebut juga kotor dan bau, penuh interogasi, karyawan juga dipaksa untuk menandatangani surat bebas tuntutan, dan diwajibkan untuk mentaati segala perintah. Sang wartawan ini juga melihat bagaimana area keamanan tingkat tinggi di pintu masuk ruangan.
Cerita 'Mengerikan' di Balik Pembuatan iPhone
"Kami diberitahu bahwa jika ada orang masuk atau keluar pintu detektor logam dan menemukan membawa barang logam apa pun pada tubuh, seperti ikat pinggang, cincin telinga, kamera, handset, mp3 player, maka alarm akan berbunyi dan Anda akan dipecat di tempat. Salah satu pasangan kamar saya mengatakan kepada saya bahwa temannya telah dipecat karena ia membawa kabel pengisian USB," ucap seorang pekerja, seperti diceritakan kembali di laman Gizmodo.
Cerita 'Mengerikan' di Balik Pembuatan iPhone
Perakitan smartphone besutan Apple ini memang sangat serius. Bahkan, para pengawas dalam pabrik terus-menerus mengingatkan para pekerja bahwa mereka mendapatkan suatu kehormatan untuk membuat iPhone 5. Pengawas juga memotivasi pekerja dengan memamerkan bagian baru dan mengatakan, "Ini adalah pelepasan plat belakang iPhone 5 terbaru. Anda terhormat memiliki kesempatan untuk memproduksinya," kata pengawas.
Cerita 'Mengerikan' di Balik Pembuatan iPhone
Tapi pekerjaan ini sangat mengerikan. Tanggung jawab pekerja tersebut yakni untuk menandai pelat belakang iPhone 5 pada 4 titik posisi dengan pena cat berbasis minyak dan memasangkannya kembali.

Meski terdengar mudah, ini perlu kejelian, sebab plat belakang tersebut hanya lewat melalui pekerja setiap tiga detik. Jadi semuanya harus diselesaikan dengan cepat, dan ini dilakukan dari tengah malam hingga pukul 06:00 pagi secara nonstop.

Dengan estimasi tersebut, setidaknya seorang pekerja bisa menyelesaikan 3.000 pelat belakang iPhone 5 per shift.

"Total ada 4 lini produksi yang bertanggung jawab atas proses ini. Sebanyak 12 pekerja di setiap baris. Setiap baris dapat menghasilkan 36.000 plat belakang iPhone 5 dalam setengah hari, ini menakutkan. Aku akhirnya berhenti bekerja pukul 7 pagi. Kami diminta untuk berkumpul lagi setelah bekerja," ucap wartawan tersebut.

Ternyata ini tak berhenti sampai di situ. Supervisor berteriak keras di depan pekerja dengan mengatakan, "Siapa yang ingin beristirahat lebih awal pada pukul 5 pagi? Kita semua di sini untuk mendapatkan uang, mari kita bekerja lebih keras?!" teriak supervisor tersebut.

Namun, upah yang diterima dianggap tidak sebanding dengan keringat para pakerja. Untuk lembur dua jam hanya dibayar 27 yuan atau US$ 4 saja.

Itulah realitas di balik perakitan smartphone terbaru andalan Apple untuk melawan kompetitor. Tapi, dengan larisnya iPhone di pasar, tampaknya ini tidak mempengaruhi penjualan iPhone.

Quote:KOMENTAR-KOMENTAR BERMUTU
Quote:Original Posted By MrCacad
TS harusnya tau dan paham, itu semua peraturan dan kebijakan dari FOXCONN selaku pembuat, pihak Apple hanya mengadakan perjanjian kerja sama dgn pihak Foxconn untuk membuat iDevice, jd segala kekejaman dan peraturan di pabrik tersebut tidak ada keterkaitan sama pihak Apple.. emoticon-army

Quote:Original Posted By KrishnaYoga
bukan applenya yg salah gan, tapi itu kerjaan orang2 foxconn nya aja ..

Quote:Original Posted By omBYsenang
pantas aja cina sekarang jadi negara dengan jumlah pabrik terbanyak di dunia, karena peraturan pemerintah dan perusahaan mendukung para investor,

kalo di indonesia gak mungkin bisa gitu, buruh disini lama lama cerewet dan manja, minta ini itu makin malas kerjanya...liat aja 10 tahun ke depan banyak investor kabur dari indonesia.

pemerintah mendukung kesejahteraan buruh, omong kosong aja biar dapat suara waktu pemilu...solusi singkat untuk yang goblok!!!

udah gaji naik terus , buruh tetep bingung kenapa harga barang2 kok ikutan naik, kebutuhan hidup jadi sama aja walau gaji naik...itu namanya inflasi karena ketololan buruh2 minta naik gaji teruusssssss, biaya produksi, pemasaran dan lainnya jadi ikut naik....ya jelas aja harga barang jadi naik juga....emoticon-Cape d... (S)



Spoiler for BUKA:


Spoiler for Sumber:


Quote:LAPAK ANE LAINNYA
Cerita 'Mengerikan' di Balik Pembuatan iPhone
Cara Memberi Password Pada Flashdisk
Fakta Tentang Pembalap F1
10 Model HandPhone Di Masa Depan
(CENDOL INSIDE) SIAPA CEPAT DIA DAPAT

Quote:Makasih buat banget agan yang ngasih ane abu gosok emoticon-Ngakak (S)
Cerita 'Mengerikan' di Balik Pembuatan iPhone
Wah pelit amat cuma U$4, lembur 2 jam ntu cuma.
TERLALU
kata bang Oma emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By ahlics
Wah pelit amat cuma U$4, lembur 2 jam ntu cuma.


gitu gan modal kecil kecilan, tapi mau untung besar besaran emoticon-No Hope
udah kayak apa aja tuh hp, segala ketat banget pembuatannya.. emoticon-Cape d... (S)
jiah sepele bgt tuh emoticon-Ngakak
Itu yg kerjanya mesti bener2 fokus Gan..
Lembur dua jam nya dibayar dikit banget gan, kasian


Mampir ke mari gan :
Efek negatif pornografi bagi wanita dan pria
mending gan 2 jam 4$, di tempat ane ampe 5 jam 10rb doang
emoticon-Nohopenohope
mana apple mapnya bikin org kecelakaan gan cmiiw
pelit juga ya gan,padahal ipone untungnya gede tuh
Waduhhh parah..
Kejam gan
Quote:Original Posted By araadea
udah kayak apa aja tuh hp, segala ketat banget pembuatannya.. emoticon-Cape d... (S)


mungkin mereka percaya sama pribahasa "Time is money"
mengenaskan juga ya gan emoticon-Matabelo
Mungkin cuma di China aja gan. Tau sendiri China kayak apa emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
upah lemburnya Ga sebanding dengan gadget yang dikeluarkan emoticon-Matabelo
ane langsung stres kalo kerja gitu tiap hari gan emoticon-Big Grin
hah ? yg bener gan ? sebegitunya kah pabrik iphone emoticon-Cape d...
wah,, kasian amat tuch karyawannya.. emoticon-Matabelo

#rata2 perusahaan tu kapitalis.. emoticon-army: