alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50fe393c0176085850000003/doger-monyet-akan-ditertibkan
Poll: Mana menurut agan yang harus dilakukan terhadap doger monyet tersebut?

This poll is closed - 6 Voters

View Poll
Stop doger monyet karena merupakan masalah PMKS0% (0 votes)
Lanjutkan doger monyet karena merupakan warisan budaya0% (0 votes)
Stop doger monyet karena mengeksploitasi binatang50% (3 votes)
Stop doger monyet karena merupakan masalah PMKS dan perlindungan satwa50% (3 votes)
Doger Monyet Akan Ditertibkan
Doger Monyet Akan Ditertibkan
Foto : Ilustrasi

Dianggap Menggangu dan Mengeksploitasi Binatang

Bandung, (PR).-

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan segera menertibkan doger monyet yang "menguasai" banyak persimpangan jalan. Selain mengganggu pengguna jalan, keberadaan atraksi dianggap mengeksplotasi binatang.

"Sebenarnya penertiban sudah sering kami lakukan terhadap doger monyet. Namun, entah kenapa, mereka selalu muncul kembali", kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung Siti Masnun Samsiati, saat dihubungi, Senin (21/1)

Ia mengatakan bahwa hasil operasi penertiban berupa kotak dan monyet diamankan ke Kantor Dinsos Kota Bandung. "Kotak disimpan di kantor, sedangkan monyet kami serahkan ke Kebun Binatang Bandung", ucapnya.

Menurut dia, alasan klasik kemunculan kembali pengamen doger monyet sesudah penertiban adalah masalah ekonomi. "Mereka yang ditertibkan mengaku tak punya pekerjaan lagi untuk menghidupi keluarga", ucapnya.

Aktivitas doger monyet yang berada di tengah jalan, kata Siti, berbahaya terhadap para pengamennya. Mereka berpotensi tertabrak kendaraan. Tak hanya itu, monyet yang digunakan dalam atraksi pun dieksploitasi dan kerap mengalami siksaan demi kepatuhan terhadap perintah majikannya. "Kami melakukan pembinaan terhadap orang-orang yang terkena penertiban melalui penyuluhan. Akan tetapi, memang, pembekalan keterampilan untuk bekal hidup pengamen doger monyet belum dilakukan Dinsos Kota Bandung", ucapnya.

Keterbatasan Anggaran
Siti mengatakan bahwa Dinsos Kota Bandung terkendala keterbatasan anggaran dalam mengatasi penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS). "Meskipun demikian, penertiban akan segera dilakukan kembali. Kami menunggu turunnya anggaran yang masih dalam evaluasi gubernur", ujar Siti.

Ia pun mengakui hingga kini belum memiliki data pasti tentang jumlah pengamen doger monyet di Kota Bandung. Rencananya, Dinas Sosial baru akan melakukan pendataan pada tahun ini. Akan tetapi, yang jelas, kata dia, sebagian besar pengamen doger monyet berasal dari luar Kota Bandung. "Seperti dari Garut dan Subang", katanya.

Dia berharap, kedepan, Kota Bandung bersih dari PMKS, baik dari anak jalanan, gelandangan, manusia silver, maupun doger monyet. "Tolong dukung kami dalam melaksanakan penertiban PMKS", ujarnya.

sementara itu, seorang penghendara sepeda motor, Miftahul Khoer mengatakan, penertiban doger monyet harus tetap memperhatikan nasib pengamennya. "Di satu sisi, mereka menghibur para pengguna jalan saat berhenti di lampur pengatur arus lalu lintas. Di lain sisi, mereka dianggap mengganggu ketertiban jalan", ucapnya.

Oleh karena itu, dia meminta Pemkot Bandung juga memberikan keterampilan untuk bekal hidup jika pengamen doger monyet ditertibkan dan dilarang beratraksi kembali.

Sumber : Koran Pikiran Rakyat
Selasa (Manis) 22 Januari 2013
10 Rabiul Awal 1434 H
Mulud 1946

Quote:Kalo ane kasian sama monyetnya, kadang ane pernah lihat itu monyet diajak jalan menyusuri jalanan, apa susahnya gendong sih??? berapa lah berat badan seekor monyet?? Pernah juga itu monyet mau diajak naek angkot agak berontak ditempeleng, kasian.. emoticon-Mewek

Memang semua orang butuh makan, butuh uang, tapi masih banyak cara yang bisa ditempuh dengan tanpa mengeksploitasi binatang, tanpa mencuri, tanpa kekerasan dan lain-lain. Disini pemerintah harusnya bertanggung jawab terhadap mereka, mereka-mereka PMKS, beri mereka penyuluhan, bekali mereka keterampilan, ilmu dan siapkan lapangan2 pekerjaan. Permudah masyarakat dalam pengurusan birokrasi, hapus pungli, ciptakan iklim usaha yang kondusif. Karena ane rasa di setiap daerah selalu mempunyai permasalahn tentang ketenagakerjaan dan PMKS yang hampir sama.

Cintai dan sayangi serta lindungi hewan. Manakah yang harus kita prioritaskan, apakah tradisi topeng monyet sebagai warisan budaya? Ataukah perlindungan terhadap satwa? Ataukah kesejahteraan masyarakat (dalam hal ini PMKS)?
iya gan.. kasihaann ngeliatnya..emoticon-Matabelo
penyiksa binatang itu gan
Quote:Original Posted By Y3X
penyiksa binatang itu gan


iya gan kasian si monyet kalo ane, masih banyaaaaaakkkk kerjaan lain kok,, emoticon-Mewek
Quote:Original Posted By mahardikatravel
ane setuju untuk stop doger monyet



emoticon-Shakehand2
Doger Monyet Akan Ditertibkan

pada mao balapan kemane tuh,,klo ane mah siap2 aja dah
semoga bisa direalisasikan dan ga cuma sekedar wacana
kasian banget gw ngeliat tu monyet dipaksa nyari duit
wah stuju tuh, gue pernah liat monyet nya dipukul trus dibanting gara2 triak2an. emoticon-Berduka (S)
di prapatan pasteur, tu monyet sibuk abis gan
bayangin aja, kerjanya ampe di shift
ada shift pagi sama shift malem
emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By konciKamar
wah stuju tuh, gue pernah liat monyet nya dipukul trus dibanting gara2 triak2an. emoticon-Berduka (S)


kasian banget, gan. emoticon-MewekGILA itu orangnya ga punya otak!!emoticon-Marah
iya kasian banget nyiksa hewan, coba dia yang digituin,,masa mengandalkan hewan buat menghidupi diri sendiri..manusia laknat!!emoticon-Mad (S)
hi permisi agan-agan, mau numpang iklan
Doger Monyet Akan Ditertibkan
Quote:Original Posted By jonquille
iya kasian banget nyiksa hewan, coba dia yang digituin,,masa mengandalkan hewan buat menghidupi diri sendiri..manusia laknat!!emoticon-Mad (S)


kebanyakan mereka kasar ke hewan, ngasih uang ke mereka menurut ane sama aja melanjutkan kerja mereka seperti itu. kasih makanan aja, biar bisa dibagi sama monyetnya ya, betol nggak,,
semalem ane lihat di perempatan pasopati bandung sampe malem monyet diajak kerja, kasian.. tega banget tuh manusia nyuruh kerja paksa sampe gitu.. emoticon-Mad (S)
prikehewanan harus ditegakkanemoticon-Big Grin
harusnya monyetnya di training lagi trus gantiin orang orang yang ngantor di senayan yang geung kura kura itu tuh emoticon-Malu (S):
pasti lebih pinter deh emoticon-Malu (S):
Quote:Original Posted By rafaelmedia
harusnya monyetnya di training lagi trus gantiin orang orang yang ngantor di senayan yang geung kura kura itu tuh emoticon-Malu (S):
pasti lebih pinter deh emoticon-Malu (S):


kenyataannya nggak ada penertiban kok, gan. omong doang alias wacana doang ternyata. Ketipu nih jadinya sama ucapan pejabat2, lupa ane kalo ini di Indonesia emoticon-Cape d... (S)