alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50fe30587b1243351d00000c/berani-makan-ikan-fugu
Berani makan ikan Fugu?
Quote:
Spoiler for Pertama:



Pada tau ikan Fugu? Dalam bahasa Jepang, fugu artinya babi sungai. Dalam bahasa Indonesia, artinya ikan buntel.

Sekilas memang terlihat menggemaskan karena ikan ini bisa mengembangkan perutnya seperti layaknya balon. Tapi jangan salah, ikan buntel ini sangat terkenal di seluruh dunia karena dianggap sebagai hewan vertebrata (bertulang belakang) yang paling mematikan nomor 2 di bumi setelah 'golden poison frog' atau kodok beracun berwarna emas. Itu sebabnya ikan ini dilarang total di seluruh daratan Eropa.
Spoiler for ikan buntel:

Hati, mata, indung telur, serta kulit dan darahnya mengandung tetrodotoxin, sejenis racun yang menyerang sistem saraf manusia. Orang yang memakan ikan buntel tanpa membuang bagian-bagian yang beracun biasanya akan langsung jatuh, lumpuh, dan meninggal karena sesak nafas dalam waktu kurang dari 24 jam jika tidak segera dilarikan ke unit gawat darurat di rumah sakit.

Cukup satu ikan buntel untuk membunuh 30 orang dewasa dan sampai sekarang racun ini belum ada obat penawarnya. Tapi dasar orang Jepang yang hobi makan ikan, fugu-pun dijadikan hidangan santap malam yang lezat.

Meskipun begitu, tidak sembarang orang yang boleh menyajikan ikan fugu. Restoran yang menyajikan harus mendapatkan ijin terlebih dahulu. Dan sejak tahun 1958, para koki harus mendapatkan pelatihan khusus selama 2-3 tahun dan memperoleh sertifikat keahlihan dalam memotong ikan buntel. Yang mengejutkan, hanya 35% peserta koki yang lulus! Rupanya banyak yang masih salah potong dan memakan racunnya.

Ya, para peserta harus memakan ikan yang mereka potong sendiri untuk bisa lulus.
Spoiler for fugu:

Ikan buntel jenisnya banyak dan masing-masing memiliki kadar racun yang berbeda. Semakin beracun, maka harganya semakin mahal. Koki yang sanggup menghidangkan torafugu (takifugu), ikan buntel yang paling beracun diantara yang lain, maka dia yang paling disanjung tinggi.

Harga ikan fugu bisa mencapai Rp. 3 juta per kilogram. Ketika sudah menjadi sashimi di restoran, harga yang harus dibayar sekitar Rp. 300.000 s/d Rp. 1 juta.

Sekarang sudah banyak nelayan Jepang yang membudidayakan ikan fugu dan mengontrol kadar racunnya sehingga bisa dijual di supermarket. Si pembeli tetap harus menunjukkan sertifikasi khusus kalau dia adalah seorang koki ahli atau utusan restoran yang resmi. Tentu ada juga yang sudah dipotong dan siap untuk dimakan oleh siapapun yang berminat.
Tapi belakangan ini pemerintah Jepang berencana untuk mengendorkan hukum yang dianggap terlalu ketat dalam menyajikan ikan beracun ini. Kalau benar-benar terwujud, maka semua restoran di Jepang boleh menyajikan hidangan ikan fugu dalam menu mereka. Banyak yang setuju, banyak pula yang tidak.

Yang pasti sampai dengan hari ini, ikan fugu adalah satu-satunya jenis makanan yang tidak boleh dimakan oleh Kaisar Jepang.

Quote:Macem-macem aja sih, mau makan apa nyari mati emoticon-Cape d...

Cara pengolahan ikan buntel sebelum dimakan
Spoiler for video:


Quote:agan ada yang mau nyoba? atau ada yang pernah nyobain ikan buntel? share dimari yaa emoticon-Kiss
Spoiler for SUMBER:
tidak ada pertamax diantara kita emoticon-Kiss
ane gak doyan ikan gan
sepi amat sih emoticon-Bingung emoticon-Takut
Pengen banget ane nyobain gan, tp takut mati ah emoticon-Takut
Ane masih sayang nyawa ah gan, biarpun koki nya udah bersertifikat tapi nama nya juga manusia bisa aja kan bikin kesalahan.
ogah ah gan,,,,emoticon-Najis
Boleh juga nih,
kayanya enak kalo di campur sama nasi goreng emoticon-Big Grin
ikan mahal nih gan, tapi kalo gak pinter ngolahnya ... bisa bikin mati.
ane lbh suka snack fugus
apa enak nya gan emoticon-Najis
Salah2 kemakan racunnya Demoticon-Big Grin:
Quote:Original Posted By CacinkMiracle
Pengen banget ane nyobain gan, tp takut mati ah emoticon-Takut

sama emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By ngicat
Ane masih sayang nyawa ah gan, biarpun koki nya udah bersertifikat tapi nama nya juga manusia bisa aja kan bikin kesalahan.

iya bener banget, emg kalo kita mati gara2 makan ikannya koki mah ga ikut mati, gak adil :Ngakak
Quote:Original Posted By kumbang.malam
ogah ah gan,,,,emoticon-Najis

emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By yosefals
Boleh juga nih,
kayanya enak kalo di campur sama nasi goreng emoticon-Big Grin

berani nih kayaknya emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By masdibyo
ikan mahal nih gan, tapi kalo gak pinter ngolahnya ... bisa bikin mati.

iya parah emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By indopulau
ane lbh suka snack fugus

nah ini gan, aman emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By ian150r
apa enak nya gan emoticon-Najis

gatau ane belum pernah nyobaiin emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By steaminator
Salah2 kemakan racunnya Demoticon-Big Grin:

iye emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
emoticon-Sorry
nice info gan....ikan buntel memang beracun
wah... kaga berani ane mah...
mending makan ikan emas gan emoticon-Ngakak
Takut gan, racunnya itu emoticon-Takut
Quote:Original Posted By lovestrat
nice info gan....ikan buntel memang beracun
iya gan emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By tosan.mesmerize
wah... kaga berani ane mah...
ane juga emoticon-Takut

Quote:Original Posted By kolungu
mending makan ikan emas gan emoticon-Ngakak
iya gan murah pula emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By earlanggah
Takut gan, racunnya itu emoticon-Takut
iya bisa ampe mati loh emoticon-Ngakak

Wah ogah deh gan, mau kata di bayarin kek dikasih gratis kek ogaaah ...
Nyawa taruhannya emoticon-Takut



Original Posted By
Parkertower