alexa-tracking

Solusi Jika Handphone Terendam Air

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50fe100e197608c666000002/solusi-jika-handphone-terendam-air
Solusi Jika Handphone Terendam Air

Bagi sebagian besar masyarakat mungkin handphone adalah suatu benda dan alat komunikasi yang sangat penting dan bisa dibilang menjadi bagian dari hidupnya. Saking pentingnya nih sob pasti kalian sering membawanya tidur di kasur, ke kantor, atau bahkan ketika kalian mandi. Tentunya fitur handphone yang semakin lama semakin canggih ini juga membuat kita sebagai pemilik enggan melepaskannya. Salah satu fitur handphone yang sampai sekarang membuat para pengguna merasa betah adalah pemutar music. Karena ada fitur inilah handphone pun sampai dibawa ke kamar mandi hanya untuk mandi sambil mendengarkan lagu. Bener kan sob?

Solusi Jika Handphone Terendam Air


Well, tapi tentu saja pastinya suatu saat kita pernah mengalami kecelakaan bukan, dimana handphone yang kita bawa ke kamar mandi tercebur di dalam bak mandi. Pada saat itu kita panik bukan main pastinya nih sob. Bagaimana kalau rusak? Bagaimana kalau tidak mau nyala lagi nih? Duh mana handphone tersebut berharga bagi kalian ya. eits tenang sob ga usa panik. Lakukan beberapa cara ini ketika handphone kalian tercebut ke air. Apa saja caranya? Berikut adalah cara untuk menyelamatkan handphone kalian:

Seg
  • era Angkat Handphone[/B
]

Solusi Jika Handphone Terendam Air


Ketika kalian melihat dan menyadari Handphone kalian jatuh kedalam air, jangan panik. Ambil segera handphone kalian dan bungkus dengan handuk kering selama 5 menit, dan tiriskan (waduh emangnya makanan ya).

[B]
  • Matikan/Shutdown Handphone

Beberapa ponsel mungkin langsung mati ketika jatuh kedalam air. Tapi ada juga nih sob ponsel yang masih tidak mati alias kuat. Ketika Handphone kalian yang tercebur setelah kalian angkat tidak mati, segera matikan Handphone tersebut. Biarpun masih menyalah, bukan berarti handphone tersebut kuat menahan air yang masuk. Perlahan-lahan air tersebut akan masuk dan membuat sistem maupun sirkuit mati. Untuk mencegah terjadi keparahan pada sistem maupun sirkuit, matikan sistem handphone karena listrik yang ada didalam handphone pun tidak akan terkena air yang para juga.

  • Bongkar Casing Ponsel dan Keluarkan SIM Card, dan MMC

Ketika Handphone kalian sudah dalam keadaan mati, segeralah bongkar Handphone kalian dan keluarkan SIM Card dan MMC. Karena setelah terendam, air akan dengan cepat menyebar dan merusak beberapa fungsi yang ada di Handphone. Untuk mencegah kerusakan lebih jauh, keluarkan SIM Card dan MMC kalian. Cara ini juga bagus agar data pada Handphone kalian tidak hilang dan rusak karena rendaman air yang masuk. Setelah dikeluarkan, keringkan SIM Card dan MMC dengan handuk lalu jemur di sinar matahari. Jika tidak ada sinar matahari, segeralah keringkan saja.

  • Lap bagian dalam dengan handuk kering


Solusi Jika Handphone Terendam Air


Ketika kalian selesai membongkar dan mengeluarkan isi perut dari handphone kalian, segeralah keringkan semua bagian baik dari mulai casing, baterai, SIM card, MMC maupun papan sirkuit handphone kalian. Cara manual ini tentu saja baik kalian lakukan untuk mencegah air masuk lebih dalam ke handphone kalian. Keringkan selama 5-7 menit.

  • Rendam ke dalam beras

Mungkin cara ini tergolong tidak biasa dan unik. Merendam ponsel kedalam beras? Untuk apa? Well, FYI nih sob, beras adalah suatu benda yang bisa menyerap air secara alami loh. Jangan pernah menggunakan Hair Dryer, dimasukan kedalam Rice Cooker rendamlah handphone kalian kedalam beras sampai benar-benar terkubur. Hal ini dimaksudkan agar semua air didalam sistem handphone bisa diserap. Lakukan perendaman didalam beras selama seharian penuh untuk memastikan air benar-benar diserap.

Solusi Jika Handphone Terendam Air


  • Coba pasang dan nyalahkan Handphone

Setelah semua cara sudah kalian lakukan, coba lah pasang kembali semua spare part handphone kalian dan cobalah untuk menyalahkannya. Berdoa sejenak lalu nyalahkan handphone kalian. Jika berhasil handphone kalian akan segera nyala dan normal kembali. tapi jika air sudah masuk sampai benar-benar kedalam handphone kalian dan rusak, ya wassalam. Satu-satunya cara ya bawa ke tukang service sob.

Solusi Jika Handphone Terendam Air


Well, tidak ada salahnya mencoba dulu kan sob? Cara ini terbukti ampuh loh dari pada kalian hanya diam saja dan pasrah. Setidaknya dalam kondisi Jakarta yang sedang mengalami banjir, tidak sedikit banyak peralatan elektronik yang tenggelam, salah satunya ya handphone kita. Semoga bagi kalian yang terendam handphonenya bisa normal kembali nih dengan mengikuti cara diatas. Selamat mencoba sob!

News Powered By Indogamers.
ha pakek beras ?? emoticon-Bingung
intinya yg paling penting tuh di jemur gan emoticon-Hammer2
KASKUS Ads
ane udah make cara ini sejak 5 tahun yang lalu gan..
and keep work emoticon-Big Grin
×