alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50fe093220d7197c22000006/5-kota-di-dunia-yang-kemungkinan-akan-tenggelam
5 Kota di Dunia Yang Kemungkinan Akan Tenggelam
5 Kota di Dunia Yang Kemungkinan Akan Tenggelam

5 Kota di Dunia Yang Kemungkinan Akan Tenggelam

5 Kota di Dunia Yang Kemungkinan Akan Tenggelam

Bencana banjir di Jakarta yang sering terjadi akibat dari buruknya sitem drainase dan rendahnya permukan tanah di Jakarta setidaknya 40 % lokasi di Jakarta berada di bawah permukan laut. Selain Jakarta ternyata banyak kota lain yang sering mengalami banjir dan terncam tengelam oleh air laut. Nah kamu mau tahu kota kota di dunia yang terncam tenggelam ? simak 5 Kota di Dunia Yang Akan Tenggelam berikut ini.

1. Bangkok
Pada tahun 2100, Bangkok diprediksi akan menjadi Atlantis kedua. Ibukota Thailand tersebut tenggelam disebabkan beberapa faktor, antara lain perubahan iklim karena efek rumah kaca, naiknya permukaan air laut, erosi pantai, dan pergeseran tanah.

Prediksi tersebut dikemukakan oleh kepala Pusat Peringatan Bencana Nasional Thailand Smith Dharmasaroja. Oleh sejumlah pihak, prediksi Smith ditanggapi serius. Sebelumnya dia sudah meramalkan adanya Tsunami di sekitar Samudera Hindia pada tahun 2004.

Selain itu, letak kota yang berada 1,5 meter di bawah permukaan laut menyebabkan Bangkok selalu mengalami banjir setiap tahun.


2. Ho Chi Minh City
Salah satu kota di Asia Tenggara yang terancam tenggelam adalah Ho Chi Minh City. Setiap tahun, ketinggian banjir meninggi setinggi 2 sentimeter.


3. Shanghai
Struktur tanah yang semula daerah rawa yang kemudian dipenuhi oleh bangunan pencakar langit, menyebabkan permukaan tanah Shanghai menurun setengah inchi setiap tahunnya.

Kebutuhan akan bangunan pencakar langit tersebut meupakan imbas dari melonjaknya populasi penduduk Shanghai. Pada tahun 2001, penduduk kota yang berada di muara Sungai Yangze ini berjumlah 20 juta orang.


4. Mumbai
Pada tahun 2008, Kelompok aktivis Greenpeace memperkirakan, pada tahun 2100, kota Mumbai akan tenggelam oleh air laut. Naiknya air laut hingga 5 meter disebabkan oleh mencairnya es kutub.

Dalam laporan yang berjudul ‘Iklim Migran di Asia Selatan’ Greenpeace mencairnya es kutub disebabkan oleh meningkatnya suhu bumi hingga 4-5 derajat karena pemanasan global.


5. Jakarta
Selain letak geografis yang berada di bawah permukaan air laut, kebutuhan akan air tanah yang tinggi ditengarai menjadi salah satu penyebab tenggelamnya daratan Jakarta. Populasi penduduk yang terus meningkat menjadi alasan utama kebutuhan akan air tanah. Dalam kurun waktu 20 tahun ke depan, diperkirakan jumlah penduduk di Ibukota meningkat hingga 40 juta jiwa.

Pakar hidrologi asal Belanda, JanJaap Brinkman menjelaskan, jika proses penyedotan air yang terus-menerus dilakukan tidak segera dihentikan, di akhir abad, Jakarta akan tenggelam.

“Jika ekstraksi (penyedotan) air tanah tidak segera dihentikan, di penghujung abad, Jakarta akan tenggelam dengan kedalaman lima hingga enam meter,” jelasnya seperti dikutip theatlanticcities.com.

Nah itulah beberapa kota di dunia yang terncam tenggelam seperti dikutip dari situs merdeka.com.(source)

Wallahualam

emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Kaskus (S)
wahh kasian juga jakarta yaa gan emoticon-Mewek emoticon-Sorry moga" tangerang gk kena deh
BINGUNG mo comment apa gan...
semoga semua salah prediksiny a
yaah gaan Jakarta masih 20 th lagi
noh gaan di porong sidoarjo udah tenggelam tu akbiat ulah si ?????
London g masuk gan?
jgn sampe dah banjir kayak ini terjadi lg emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...
Siap2 pindah kota deh gan
emoticon-Hammer (S)
efek global warning blm terasa dahsyat sdh banjir duluan, gimana klu efeknya dah bener2 muncul emoticon-Ngakak (S)
yg perlahan tapi pasti itu VENICE gan udah ada kalkulasinya kok
Pray for Jakarta...tugas berat JOKOWI neh buat benahin jakarta
mudah2an ga smpe terjadi ya gan,kasihan ank cucu kita nantiemoticon-Mewekemoticon-Mewek
untung jakarta urutan ke-5 ya gan...

maksud ane, ntar aja liat dulu yg urutan 1-4 udah tengelam blon... kalo udah, baru deh siap2 pindah emoticon-Ngakak
Saatnya menjaga alam dan lingkungan,jangan sampai nanti anak cucu lihat sisa-sisa monas di dalam dasar laut emoticon-Takut
to be the next Atlantis ? emoticon-Hammer
Jakarta oh jakarta emoticon-Matabelo
siap2 migrasi lh yg d jkt ,ayo beli perahu dr skrang..
wew ngeri juga menyaksikan kota sendiri akan tenggelam
Jakarta kota nya udah ga ada penyerapan air lagi, skalinya banjir, parah bener
jgn terulang lagi deh yg kaya taun ini . emoticon-Matabelo
jadi emoticon-Takut ane semoticon-Matabelo
jakarta masuk juga ya gan,walahemoticon-Takut (S)