alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50fe06071d76083d0a000011/apa-hebatnya-sumur-resapan-di-kantor-jokowi
Apa hebatnya sumur resapan di kantor Jokowi?
Sambil baca, dinikmati dulu gan
youtube-thumbnail


Merdeka.com.Reporter : Lia Harahap
Baru tiga bulan berkantor di Balai Kota DKI Jakarta, Gubernur Joko Widodo sudah mendapatkan hadiah. Bukan hadiah spesial, melainkan genangan air setinggi lebih kurang 30 cm.

Sepekan kemarin, kantornya kebanjiran akibat intensitas hujan yang meningkat drastis. Ditambah lagi drainase yang buruk membuat air tak bisa keluar dan terus tergenang.

Air baru bisa surut setelah dipompa. Itupun pembuangannya terpaksa ke Jalan Medan Merdeka Selatan.

Tak hanya Balai Kota, sejumlah gedung perkantoran, bahkan Istana Presiden juga kebanjiran. Belajar dari kejadian itu, Jokowi mengeluarkan instruksi tegas yakni semua perkantoran atau gedung wajib punya sumur resapan.

Khusus di Balai Kota, pembuatan sumur resapan sudah dilakukan sejak Senin (21/2) kemarin. Ada 9 titik galian sumur resapan yang dibuat mengelilingi Balai Kota.

Lebar lubang kira-kira 1x1 meter. Dengan kedalaman mencapai 4 meter.

"Nanti akan dibor dan dipasang pipa, tergantung kedalaman air," ujar Wahyu, mandor yang mengawasi proyek ini.

Jokowi menargetkan 10 ribu sumur serapan bisa dibangun di Jakarta. Jika ada gedung yang kedapatan tidak membuat sumur resapan, dia berjanji akan menjatuhkan sanksi.

"Nantinya akan diaudit bangunan semuanya. Sanksi ditutup gedungnya. Ngapain takut, di Pergub ada, di Perda ada. Saya akan memberikan waktu," tegas Jokowi.

Jokowi yakin sumur resapan ini jadi salah satu alternatif mengurangi genangan air di Jakarta saat musim penghujan tiba. Tapi sejauh apa efektivitas sumur ini bisa menjinakkan banjir di Jakarta?

Guru Besar Konservasi Tanah dan Air di Institut Pertanian Bogor, Prof Dr Ir Naik Sinukaban menjelaskan, sumur resapan dibutuhkan untuk menampung air hujan, sehingga tidak ada lagi air hujan mengalir ke selokan, sungai, dan saluran air lain. Dengan demikian, jumlah debit air yang masuk ke aliran air dan sungai berkurang, sehingga tidak terjadi genangan atau tumpahan air sungai.

Dia menambahkan, membuat sumur serapan juga lebih murah dari pada proyek pembuatan danau. Bila setiap rumah, kantor, sekolah, punya paling tidak satu sumur resapan, maka dipastikan tidak akan ada lagi air menggenang di pekarangan ketika curah hujan meningkat.

"Kalau pembangunan sumur serapan ini bisa sediakan oleh pemerintah daerah, persoalan banjir bisa beres semuanya. Kalau setahun semua perumahan warga dibangun serapan air, tahun berikutnya pasti sudah tidak ada banjir," kata Sinukaban dalam perbincangannya dengan merdeka.com beberapa waktu lalu.

Dengan imbauan dan ancaman tegas Jokowi ini, masih adakah yang coba membandel dengan mengabaikan sumur resapan?
ane dibawah tukang jual kaos gaan

emoticon-Jempol nice info, nice share keep posting ya gan.
semua balik lagi ke kebiasaan warganya. Mau sumur resapan sebanyak apapun, kalo warganya masih buang sampah sembarangan, ya sama ajaemoticon-Cape d... (S)
bener gan moga aja menjadi jalan keluar untuk mengatasi banjir jakarta
Setidaknya Metode Sumur Resapan bisa mengurangi genangan air.
Napa ga dr dulu ya diterapkan? Napa hrs nunggu banjir?
Quote:Original Posted By Cucas
Setidaknya Metode Sumur Resapan bisa mengurangi genangan air.
Napa ga dr dulu ya diterapkan? Napa hrs nunggu banjir?


sebenarnya udah lama metode itu gaan
dan sudah dijalankan sebagian di jakarta
tapi kenapa kayak yang bias hilang gitu aja ya ?
pas ada moment ini ya yg paling baik kitra mulai lagi

dari hal hal yang kecil dulu, jgn ngandelin pemerintah klo kitanya masih doyan buang sampah sembarangan emoticon-Cape d... (S)

Quote:
;)Aplikasi terbaru Untuk Iphone/Ipad;)
setuju , maju terus pak jokowi emoticon-2 Jempol
ayooo joko kite mah warge papue pasti ngedukung ente..emoticon-Matabelo
kalo sumur nya diterapin ke seluruh wrga sih saya kira ga ada banjir gan ..
tapi jumlah sampah yg terus dibuang ke kali bnyak bget gan
sbnernya dimulai dari perilaku atau kebiasaan masyarakat aja deh emoticon-Matabelo
Sumur resapan bisa jadi alternatif sumber air di jakarta, gan..


Keep trying till you get what you want
Quote:Silakan mampir ke thread ane emoticon-Embarrassment

Hal-hal yang dirahasiakan Department HRD / SDM
Manfaat Dari Mengkonsumsi Ikan
ikh bener banget tuh. nice ingpoh gan
Kalo di perumahan sepertinya ga munkin dibuat sumur resapan gan
Kanan kiri dah ketutup papingan
adjieblogspot
jgn diragukan hebatnya gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By adjieblogspot
Kalo di perumahan sepertinya ga munkin dibuat sumur resapan gan
Kanan kiri dah ketutup papingan
adjieblogspot


Iy y gan, gag mgkn beud
ayo kita bikin sumur resapan juragan!
semua ada dampaknya buat mengurangi banjir
Serasa lagi BP raya nih guaemoticon-Belo
Selama sampah masih dibuang di kali, tetep aja banjir.
Keren, inovatif emoticon-Matabelo
×