alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50fe01e57b12438032000009/lucu-kendaraan-anti-banjir-ala-thailand
[KREATIF DAN UNIK] Kendaraan Anti Banjir Ala Thailand
[LUCU] Kendaraan Anti Banjir Ala Thailand
presented by
[LUCU] Kendaraan Anti Banjir Ala Thailand [LUCU] Kendaraan Anti Banjir Ala Thailand [LUCU] Kendaraan Anti Banjir Ala Thailand [LUCU] Kendaraan Anti Banjir Ala Thailand
[LUCU] Kendaraan Anti Banjir Ala Thailand
emoticon-Rate 5 Star & emoticon-Blue Guy Cendol (L)
KALAU PERLU AGAN TEKAN CTRL+D
Thailand, KompasOtomotif - Jakarta dilanda banjir besar pada sejumlah titik hingga menghambat sistem transportasi. Masalah serupa pernah dialami Thailand yang bahkan menelan ratusan korban, dan secara vital menghambat peran negeri itu sebagai basis produksi untuk Toyota, Honda, dan Mitsubishi. Namun di balik keprihatinan warganya, muncul ide-ide kreatif modifikasi kendaraan di tengah menghadapi bencana.

Seorang blogger bernama Tsem Rinpoche mengumpulkan foto-foto sejumlah warga Thailand yang memodifikasi kendaraan mereka sebisanya untuk bertahan dan mengikis rasa khawatir terhadap banjir. Ada yang meninggikan sepeda motornya, mengantongi mobil, hingga membuat jet ski sendiri. Berikut rangkumannya:

Quote:1. Motor Jangkung
Seorang warga memanfaatkan semacam frame atau bingkai bebek sport monoshock dan mengubahnya menjadi motor roda tiga plus meninggikan kaki-kaki. Roda sport dengan balutan ban tipis masih digunakan, dan modifikasi turut memperhitungkan rem depan yang memasangkan kabel cukup panjang. Desain motor jangkung ini pun memperhitungkan posisi mesin berikut knalpot agar tetap di atas sehingga bisa melaju di tengah banjir.

Ada pula yang menambahkan gandengan di belakangnya sehingga bisa membawa penumpang sampai dua orang. Namun, desain motor jangkung paling ekstrem adalah yang membuatnya menjadi seperti panggung berjalan. Bahannya masih mengandalkan sepeda motor bebek, tetapi dengan empat roda, lalu ditinggikan menjadi sekitar 1,5 meter dengan memanfaatkan konstruksi sejumlah batang logam. Frame yang menyangga membuat mesin dan knalpot bebas banjir. Sementara itu, bagian belakangnya terdapat semacam tangga untuk naik ke lantai atas.

Lainnya, ada sebuah tuktuk (semacam bajaj, khas Thailand) bergaya chooper dengan garpu depan panjang sehingga membuatnya mendongak. Tujuannya pun serupa, yakni agar pengemudi dan penumpang bebas banjir, dan demikian halnya dengan mesin dan aki. Namun si pembuat juga menambahkan ban-ban di bawah bodi yang diharapkan bisa membuat tuktuk mengapung jika air menjadi lebih tinggi lagi.

[LUCU] Kendaraan Anti Banjir Ala Thailand

Quote:2. Jet Ski Tong Air
Sekilas kendaraan ini adalah jet ski. Jika dicermati, si pembuat sebenarnya menggabungkan tong plastik penampung air, sebuah pipa plastik ukuran kecil di kanan-kiri sebagai penyeimbang, sebuah potongan haluan perahu untuk memecah aliran air sekaligus sebagai bagasi, dan sebuah generator set atau genset berbahan bakar cair sebagai motor penggerak. Di sana ada setang untuk kemudi, tetapi tidak terlihat bagaimana sistem kerjanya. Yang pasti, dia melaju dengan santai di atas banjir.

[LUCU] Kendaraan Anti Banjir Ala Thailand


Quote:3. Pikap Ngambang
Isuzu D-Max dengan kabin ekstra tersebut dipasangi sekiranya delapan tong di kanan kiri yang berfungsi sebagai pelampung. Menurut Tsem Rinpoche, mobil ini diharapkan bisa mengambang kala banjir tiba-tiba menerjang, lalu menjebak pengemudi dan penumpangnya. Selain membuat pikap ini tetap di atas air dan tidak terendam lalu rusak, penumpang dan barang bawaan pun aman.

[LUCU] Kendaraan Anti Banjir Ala Thailand

Quote:4. Mobil dalam kantong dan gantung motor
Beberapa sedan dan citycar Honda terlihat tersimpan di dalam kantong. Dengan cara ini, mobil bebas kemasukan air andaikata pemiliknya mengungsi dan terpaksa meninggalkannya. Plastik besar yang biasanya dijual di toko bahan bangunan tersebut lalu diikat dengan tambang sementara simpul besar ditarik ke atas agar tidak tergerus lalu putus saat banjir datang, yang bisa menyebabkan plastik terbuka dan mobil kemasukan air.
Tak kalah unik, cara menyelamatkan sepeda motor dengan menggantungnya di pohon. Tanpa harus repot-repot membungkusnya (kecuali repot mengangkatnya), motor-motor ini pun bebas korosi akibat banjir.

[LUCU] Kendaraan Anti Banjir Ala Thailand

Tambahan dari kaskuser
Quote:Original Posted By archimonde2001
NSR Thailand neee om .... emoticon-Blue Repost

youtube-thumbnail

Quote:Original Posted By i-fun
nih ane tambahin gan...
penemuan yg juga patut di tiru di jakarta
Sendal anti banjir :
[LUCU] Kendaraan Anti Banjir Ala Thailand
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


Nah, bagaimana dengan Anda? Mudah-mudahan ide ini menginspirasi.(Dimas Wahyu)
Quote:
Kreatif dan Unik : Kendaraan Anti Banjir Ala Thailand
Gerhana Jupiter 22 Januari 2013
Amsterdam Kota Sepeda [+PICT]
JEMBATAN KHUSUS PEJALAN KAKI YANG WAW DI CHINA
Solusi Untuk Mozilla yang Makan Banyak RAM
Wanita Cantik Kesepian
Gaya Kencan Agan Gimana ??
PRIA WANGI BIKIN WANITA LEBIH NYAMAN
[TOP] Wanita Jatuh Cinta Bukan Karena Harta atau Fisikmu
Tipe Wanita Yang Disuka dan Dibenci Pria
[PULAU BAWEAN] : POTENSI WISATA TERSEBUNYI DI INDONESIA
emoticon-Ngakak bajaj nya keren coy
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
manteb gan
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
bisa diterapkan di jakarta nih gan
Quote:Original Posted By ringdongdong
wakakakaka ada2 aja tuh gan emoticon-Big Grin

emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By fathulmubin
emoticon-Ngakak bajaj nya keren coy

kreatif gan.,.. emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By reyhimura
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
manteb gan

emoticon-thumbsup
wkwkw ngakak liatnya itu yang motor kalau gak ada beban klo kena ombak banjir langsung oleng emoticon-Ngakak

Quote:
;)Aplikasi terbaru Untuk Iphone/Ipad;)
lutcu-lutcu juga yah kendaraan anti banjirnya emoticon-Ngakak
wakakaw jet ski tong air
Quote:Original Posted By proud.kinantans
bisa diterapkan di jakarta nih gan

silakan yg di jakarta berkreasi.. emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By safako
wkwkw ngakak liatnya itu yang motor kalau gak ada beban klo kena ombak banjir langsung oleng emoticon-Ngakak


iye gan.. emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By nir28
lutcu-lutcu juga yah kendaraan anti banjirnya emoticon-Ngakak

emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By hasanta04
wakakaw jet ski tong air

ane juga sampe sakit nih perut gan liatnya.. emoticon-Big Grin
ane suka sama solusi bungkus mobil pake plastik gan... hehehehe...
Quote:Original Posted By swastono
ane suka sama solusi bungkus mobil pake plastik gan... hehehehe...


kalo arusnya gede ga efektif jga tuh gan,, kegeser => plasik bocor =>air mauk.. emoticon-Big Grin
emoticon-Ngakak buset yg diplastikin...ama motor yg digantung...lucu bgt dah
Quote:Original Posted By mamons
emoticon-Ngakak buset yg diplastikin...ama motor yg digantung...lucu bgt dah

kaya buah nangka/durian aja ya gan
No.3 Pikap Ngambang ekstriimm emoticon-Ngakak

Bisa ditiru tu yg tinggal di jakarta emoticon-Ngakak
idenya kreatif banget dah
haha....

gila kreatif banget orang2 thailand ini haha...
jiahhh mobil2 ampe di bungkus plastik gitu emoticon-Ngakak (S)
motor ampe di gantung di pohon pula emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
waktu tahun 2007, di jakarta cukup banyak juga yang modif knalpot
ane pikir cm jepang yg kreatif ternyata yg ini lbh kreatif emoticon-Ngakak