alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50fe00917b1243e81d000011/hari-ini-akan-terjadi-fenomena-gerhana-jupiter
Hari Ini, Akan Terjadi Fenomena Gerhana Jupiter

hari ini menurut penelitian akan terjadi gerhana jupiter.....
walaupun gak terlihat bener2 dari indonesia, tp lumayan lah, ntar malem bs rada2 keliatan......
semoga infonya bermanfaat ya gan......

berharap emoticon-Blue Guy Cendol (L)

jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L)



Hari Ini, Akan Terjadi Fenomena Gerhana Jupiter

Fenomena gerhana Jupiter atau okultasi Jupiter akan terjadi Selasa (22/1/2013) hari ini. Bumi, Bulan, dan Jupiter akan terletak pada satu garis lurus sehingga pada beberapa saat Bulan akan menutupi planet gas raksasa terbesar di tata surya itu.

"Gerhana Jupiter akan terjadi pada sekitar pukul 11.00 WIB dengan durasi antara 30 menit hingga 60 menit, bergantung lokasinya," kata astronom amatir, Ma'rufin Sudibyo, Minggu (20/1/2013).

Warga Amerika Selatan beruntung bisa menyaksikan fenomena ini. Sementara di Indonesia, fenomena ini harus dilewatkan begitu saja. Karena terjadi di siang hari, Bulan dan Jupiter tak tampak di langit nusantara.

Namun, tak perlu khawatir, Jupiter dan Bulan masih bisa dinikmati malam harinya, mulai Matahari terbenam hingga Rabu (23/1/2013) dini hari, sekitar pukul 01.00 WIB. Seperti beberapa malam terakhir setelah banjir Jakarta, Kamis (17/1/2013), Bulan dan Jupiter tampak benderang di langit Jakarta yang relatif cerah.

Setelah gerhana, Jupiter bakal muncul kembali dan berada pada jarak yang sangat dekat dengan Bulan. "Pada saat itu, Indonesia akan menyaksikan Jupiter dan Bulan berjejeran dengan jarak sudut hanya antara 3 hingga 5 derajat," ungkap Ma'rufin.

Jarak antara Bulan dan Jupiter yang terlihat dari Indonesia masih kalah dekat dengan jarak yang terlihat dari wilayah Amerika Serikat. Di sana, bulan dan Jupiter hanya akan berjarak 0,5 derajat. Bulan dan Jupiter pada jarak tersebut hanya akan terjadi lagi tahun 2026.

Joe Rao dalam tulisannya di Space.com, Minggu, menguraikan bahwa fenomena gerhana Jupiter serta Bulan dan Jupiter yang berdekatan hanyalah sebuah ilusi, hanya sudut pandang manusia di Bumi, terkait gerak keduanya mengelilingi Matahari.

Selama fenomena kedekatan Bulan dan Jupiter, Jupiter akan tampak bergerak mengelilingi Bulan. Kenyataannya, Bulanlah yang bergerak lebih cepat dari Jupiter dalam sudut pandang manusia di Bumi.

Jupiter dan Bulan malam ini bisa dilihat dengan mata telanjang, asalkan langit cerah. Beberapa malam terakhir, keduanya bahkan tampak dari Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta. Setelah malam ini, keduanya masih akan tampak, tetapi dengan jarak yang semakin menjauh.
pengen liat tapi gimana caranya ya??
emoticon-Bingung (S)
SEMOGA KELIAHATAN DI DAERAH ANE

NITIP TRIT ANE

WAJAH PEMAIN BOLA KETIKA KECIL

TIPS MENCARI KERJA SAAT MERANTAU
liatnya gimana yah gan??? pake teleskop gitukah???

Mampir gan,,
Die Cast motor dan mobil murah [Update]
yg penting pejwan ahhh gan emoticon-Ngakak
Sayang banget pas gerhananya siang hari.. padahal pengen liat emoticon-Matabelo


Benarkah itu gan, sayang ane gk lht
Quote:Original Posted By Achebe
pengen liat tapi gimana caranya ya??
emoticon-Bingung (S)


coba ntar malem gan, liat aja ke arah bulan.....
Quote:Original Posted By Idea11
liatnya gimana yah gan??? pake teleskop gitukah???

Mampir gan,,
Die Cast motor dan mobil murah [Update]


ntar malem semoga langitnya cerah, coba aja liat ke arah bulan.....

kjadian yg sngat langka nihhh
source nya mana gan?? emoticon-Bingung (S)
nanti jangan2 emoticon-Hoax lagi



Spoiler for mampir yuk gan ;):
Yg boneng gan
Ane mau liat jg nih
emoticon-Belomatabelo dah liat ane gan tapi kaya bentuk muka gitu kaya simbol gini 'o' yang kiri Jupiter yang tengah bulan yang kanan bintang lain
ane bantu ngeeramein thread deh gan emoticon-Malu (S)
baru tau ada istilah gerhana jupiter
selalu ada berita kyk gini tp pas ane cek kok ga keliatan ya? hehehe
mendung gan ga keliatan emoticon-Matabelo
×