alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50fb8f1a8327cf014b000001/lima-langkah-memutus-rantai-banjir-jakarta
Lima Langkah Memutus Rantai Banjir Jakarta
JAKARTA - Pengamat Tata Kota Universitas Trisakti, Nirwono Joga meminta pemerintah segera memutus rantai banjir Jakarta dengan menyegerakan pembenahan tata ruang Jabodetabek. Menurut Nirwono Joga, ada lima langkah besar yang bisa dilakukan untuk memutus rantai banjir Jakarta.

Yang pertama, segera menetapkan pembenahan tata ruang, harus ada sinkroninasi RTRW Jabodetabek, kata Nirwono dalam diskusi tentang solusi banjir Jakarta di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (19/1).

Kedua, tekad untuk menambah percepatan ruang terbuka hijau (RTH), dari yang ada sekarang seluas 9,8 persen, harus ditambah 10 persen. Hal ini sejalan dengan target pembangunan 30 persen RTH di Jakarta tahun 2030.

RTH ini terdiri dari 20 RTH publik yang ada di tempat umum, dan 10 persen RTH privat seperti di gedung perkantoran dan pusat belanja, katanya.

Ketiga yang harus dilakukan, melakukan revitalisasi saluran air. Karena semua saluran air yang ada di Jakarta tidak saling terhubung. Selain itu itu, saluran yang ada dipenuhi sampah dan lumpur.

Keempat, perlunya revitalisasi waduk dan sumur resapan. Dan yang kelima, melakukan normalisasi kali. Mulai dari kali Ciliwung, Angke, Sunter, dan sejumlah kali lain yang tersebar di Jakarta.

Ini sudah ada konsepnya, badan sungai dilebarkan hingga 50 meter, RTH kiri kanan bantaran sungai masing-masing 25 meter, jelas dia.Lima Langkah Memutus Rantai Banjir Jakarta
Spoiler for warning:
cman di lihat ko ga ngasih jejak yaemoticon-Matabelo
segera laksanakan!!!
smoga ibukota indo mnjdi lbih baik..
nice share 5 langkahnya gan
Quote:Original Posted By Bebzy69
smoga ibukota indo mnjdi lbih baik..


Amin gan
Bikin deep tunnel sebanyak2nya
betul banget gan
katanya ada lima kok ada empat... kalaw teori saja mudah gan... d jakarta teori seperti itu sudah banyak... aksi nya belum keliatan
Quote:Original Posted By transformer88
katanya ada lima kok ada empat... kalaw teori saja mudah gan... d jakarta teori seperti itu sudah banyak... aksi nya belum keliatan


empat ama lima berdekatan gan emoticon-Ngakak
ane benci banjir jakarta gan,,,

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
top markotop 5 langkahnya
Quote:Original Posted By kaskussoldiers
ane benci banjir jakarta gan,,,

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


Ane juga benci gan
nitip jejak aja dulu ya gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)
avatar ente koplak gan emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By 3884884
avatar ente koplak gan emoticon-Hammer2


untung kena emoticon-Hammer2emoticon-Ngakak asal jangan kena bata ajaemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Mantap gan perencanaannya. Tapi kalo cuma ngomong ga ada realisasinya mah, sama aja bohong.

Yang penting mah harus ada kesadaran dari masyarakat dulu sih kalo menurut saya.

Thank's.
susah nih gan kalo masalah banjir , gak ada yg tergerak hatinya emoticon-Ngakak (S)
cuma pada omdo emoticon-Nohope
intinya kalau direalisasikan baru memutus rantai banjiremoticon-I Love Kaskus (S)
emoticon-Belokiss mantab dah emoticon-Blue Guy Cendol (L)