alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50fad43e8027cf3009000003/rip-penyanyi-dangdut-a-rafiq
RIP Penyanyi dangdut A Rafiq
RIP Penyanyi dangdut A Rafiq

Kabar duka menyelimuti dunia hiburan tanah air. Pedangdut senior A Rafiq menghembuskan napas terakhirnya, Sabtu, 19 Januari 2013 sore.

A Rafiq meninggal dunia di sebuah rumah sakit di Jakarta. "Meninggal jam setengah lima sore tadi. Beliau sakit diabetes," kata istri A Rafiq, Aisyah Rafiq saat dihubungi VIVAlife, Sabtu, 19 Januari 2013.

Menurut Aisyah, suaminya itu telah dirawat di rumah sakit tersebut selama satu minggu. Jenazah pelantun Pandangan Pertama ini akan disemayamkan di rumah duka di bilangan Depok, Jawa Barat.

"Akan dibawa ke rumah duka pukul 8 malam," ucapnya singkat.

A Rafiq selama ini tak hanya dikenal sebagai penyanyi dangdut. Pria kelahiran Semarang, Jawa Tengah, 5 Maret 1948 ini juga terkenal berkat kepiawaian aktingnya. Sejumlah film pernah dibintangi pria berdarah India-Pakistan ini. Anak-anaknya pun mulai megikuti jejak A Rafiq di dunia hiburan tanah air.


SUMBER

Penyanyi senior A Rafiq meninggal dunia sore ini di Rumah Sakit Harapan Kita. Kabar ini didapat dari vokalis band Gigi, Armand Maulana yang berkicau di akun twitternya @armandmaulana.

"Innalilahi Wa'innailaihi Roji'un. Telah berpulang ke Rachmatullah Seniman Penyanyi Besar A. RAFIQ di RS Harapan Kita," kicau Armand.

Thomas Ramdhan, Pembetot bas Gigi tidak ketinggalan menyampaikan ucapan bela sungkawa. "Innalillahi wainna illahi rojiun.. Selamat jalan bwt A.Rafiq..," katanya Thomas lewat akun, @MothThomas.

Selain itu ucapan belasungkawa juga datang dari presenter Alvin Adam yang ikut mendoakan kepergian alrmarhum.

"Innalillahi wainna ilahi rojiun,telah berpulang A Rafiq,musisi&penyanyi dangdut senior Ind. Smg ditempatkan disisi Allah Swt,aamien," katanya melalui akun @alvinadam.

SUMBER

Turut berduka cita gan emoticon-Berduka (S)
semoga amal ibadahnya di terima di sisi ALLAH SWT dan keluarga yg ditinggalkan di berikan kesabaran


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pedangdut legendaris A Rafiq meninggal dunia sekitar pukul 18.00 WIB. A Rafiq meninggal akibat sakit jantung dan diabetes yang sudah lama dideritanya.

"Benar, bapaknya Fahd A Rafiq yakni A Rafiq meninggal dunia sekitar pukul 16.00 WIB tadi," ujar kuasa hukum Fahd yakni Samsul Huda kepada Tribunnews.com, Sabtu (19/1/2013).

Menurut Samsul, A Rafiq sudah lama menderita sakit. "Jantungnya sudah lama dipasang ring dan belakangan diabetes," ujar Samsul Huda.

A Rafiq meninggal di Rumah Sakit Medistra Tebet. Dan saat ini, jenazah sudah dibawa pulang ke rumah duka di kawasan Kelapa Dua, Depok.

SUMBER TRIBUN NEWS
IN MEMORIAM A RAFIQ



RIP Penyanyi dangdut A Rafiq

Pandangan Pertama Awal Kita Berjumpa…………( A Rafiq, 1978)

A Rafiq lahir dari keluarga keturunan Pakistan, yang besar di Semarang. Pada akhir tahun 1960-an A Rafiq merantau ke Djakarta peruntungannya terjadi ketika ia berjumpa dengan seorang temannya yang punya kawan seorang cukong pemain bisnis rekaman lagu dangdut dan terpesona dengan cengkok nada A Rafiq dalam mengolah langgam dangdut. Dengan modal cukong itu A Rafiq mengeluarkan album dengan judul si Gondrong, tapi sayangnya Album itu kurang dikenal di pasaran, peruntungan A Rafiq dimulai tahun 1977 bersamaan dengan booming-nya musik Oma Irama yang saat itu berseteru dengan aliran Rock.

Bila Oma Irama kerap disebut sebagai orang nomor satu dalam dunia musik dangdut, maka A Rafiq adalah si nomor dua, dia selamanya akan tetap menjadi nomor dua dibawah bayang-bayang Oma Irama, namun sebagai penyanyi dangdut A Rafiq menciptakan cengkok yang bernada lain dengan Oma Irama, bila Oma Irama cengkoknya mirip seperti orang mengaji, maka cengkok A Rafiq adalah cengkok tenggorokan India, ia memiliki lantunan khas dalam cengkoknya, yaitu : nada yang menghentak-hetak.

A Rafiq muncul ke permukaan publik dan menjadi bintang atas dunia dangdut Indonesia pada tahun 1977 single-nya yang berjudul ‘Pengalaman Pertama’ menjebol animo massa, setiap waktu di acara-acara rakyat, lagu A Rafiq dinyanyikan dengan gaya lirikan-nya yang genit dan jari-jari dimainkan. Pada pertengahan tahun 1977 A Rafiq main di pentas dangdut yang lumayan besar ukurannya di Binaria, di saat itulah kontrak-kontrak album mengantre dari cukong-cukong musik di glodok. A Rafiq adalah bintang………

Di tahun 1978, A Rafiq muncul dengan kemasannya yang lebih baru dan membawa tren mode yang amat dikenal orang yaitu ‘celana cutbray bergaya A Rafiq’, model celana ini kerap disebut masyarakat sebagai ‘Celana A Rafiq’. A Rafiq terus menggedor branding penampilannya dengan model celana A Rafiq yang menjadi celana legendaris dalam sejarah perjalanan musik Indonesia.

A Rafiq memang tidak seproduktif Oma Irama atau Mansyur S dalam memproduksi lagu, ia jarang melahirkan single, namun single-single-nya seperti : “Pengalaman Pertama”, “Pandangan Pertama” dan “Karena Dia” adalah raksasa dalam item lagu dangdut Indonesia.

A Rafiq sempat berkibar dalam dunia film salah satu filnmya yang terkenal adala aktingnya dengan lawan Farouk Affero judulnya ‘Karena Dia’ yang berkisah penyanyi miskin bercinta dengan anak gedongan, - sebuah kisah klasik ala film Indonesia,- namun kemudian namanya menghilang selepas tahun 1984. Ia muncul lagi pada akhir tahun 1990-an namun kemunculannya karena anaknya Fadia A Rafiq meledakkan single cik cik bum bum yang terkenal di kalangan pecinta dangdut, pada masa perseteruan Oma Irama dengan Inul Daratista, di tahun 2003. A Rafiq bersikap netral dan menjadi pendamai dalam konflik itu.

Di masa akhir hidupnya A Rafiq dicoba oleh Tuhan karena anaknya Fahd A Rafiq dinyatakan oleh KPK terlibat dalam kasus korupsi anggaran proyek Al Qur’an dan Pengadaan Komputer di Departemen Agama.

Kini A Rafiq telah tiada ia menutup mata, pengalaman di masa hidupnya turut menyumbang khasanah kebudayaan bangsa, bagaimanapun lagu-lagunya adalah bagian dari sejarah hidup bangsa ini, selamat jalan A Rafiq, selamat jalan Sang Pangeran Dangdut.

-Anton DH Nugrahanto-.
innalillahi
inalillahi waina'ilaihi roziun emoticon-Berduka (S) semoga amal beliau di terima di sisi allah swt dan karya nya abadi sepanjang masa emoticon-Berduka (S)
Innalilahi Wa'innailaihi Roji'un
ane turut prihatin gan emoticon-Sorry emoticon-Sorry
Inna lillahi....
emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka
turut berduka cita emoticon-Turut Berduka
karyanya selalu abadi emoticon-Berduka (S)
Rip.
semoga tenang di alam sana
nays impoh gan