alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50fabc090176088766000002/tips-perawatan-motor-saat-banjir
[Tips] perawatan motor sederhana saat banjir
Spoiler for No Repost:


Musim hujan telah tiba. Pemilik kendaraan motor harus lebih hati-hati menghadapi musim ini. Musim penghujan ini membuat para pemotor malas berjalan, alasannya motor takut mogok dan rusak.

Sebaiknya saat motor terendam banjir jangan takut rusak. Jika cara pembersihannya benar, motor kesayangan akan kembali prima. Komponen yang paling diantisipasi adalah kabel.

berikut adalah sedikit tips agar motor selamat dari banjir.

1. Matikan Motor
Quote:Hal penting yang harus dilakukan adalah matikan motor ketika melewati genangan air yang merendam mesin dan dorong motor dari genangan air. jangan memaksakan motor untuk dihidupkan, karena kotoran atau endapan lumpur dapat masuk kedalam mesin dan dapat menyebabkan keausan.

2. Buka Mesin
Quote:Cara ini untuk membersihkan crankcase, kopling, silinder serta kepala silinder. Gunakan cairan bensin untuk membersihkannya. Setelah benar-benar bersih, pasang kembali penutup komponen-komponen tersebut.

3. Ganti Oli
Quote:Jangan lupa mengganti oli mesin. Sebelum menuangkan oli baru, sebaiknya pastikan mesin benar-benar kering dari air dan kotoran.

4. Bersihkan Rantai
Quote:Bersihkan rantai dengan bensin pasca terendam air dan lumasi dengan pelumas khusus rantai. Karena air hujan berpotensi membuat rantai cepat karat bila tidak dibersihkan.

5. Rem Tromol
Quote:Biasanya, motor yang sering melewati genangan air yang cukup dalam, berakibat rem belakang mengunci sendiri. Penyebabnya permukaan kanvas rem yang basah atau lembab, sehingga menimbulkan lengket ketika menempel permukaan tromol.. Segera buka dan bersihkan setelah itu main-mainkan rem beberapa saat sambil motor berjalan untuk mengeringkan ruangan tromol dan permukaan kanvas rem

6. Sistem Kelistrikan
Quote:Langkah yang harus dilakukan adalah membuka semua komponen kelistrikan sepeda motor, seperti saklar, konektor, kabel, spul, motor starter hingga fiting bohlam. Karena jika tidak segera dibuka bisa terjadi korosi yang dapat menyebabkan korsleting.

Kemudian keringkan semua kompenen tersebut dengan dijemur atau menggunakan kompresor, jangan lupa semprotkan cairan anti karat. Terakhir pasang kembali komponen mesin dan listrik, serta lakukan pengetesan.


Demikianlah beberapa tips yang dapat kita terapkan ke motor kesayangan kita setelah berjuang melawan banjir.
sekiranya agan/aganwati ada tips-tips lain silahkan berbagi disini, berbagi ilmu kepada semua. emoticon-I Love Indonesia (S)

bagi agan/aganwati yang berbaik hati boleh dong bagi
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)


dan jangan lupa bantu kasih
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star




[URL="http://oto.detik..com/read/2013/01/18/120821/2146159/1214/rawat-motor-setelah-terendam-banjir?"]sumber[/URL]
yahh gan itumah ane udah rutin,kirain apaan , kalo saran ane gan motornya di plastikin biar ga basah kena banjir emoticon-Ngakak emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By yokalast
yahh gan itumah ane udah rutin,kirain apaan , kalo saran ane gan motornya di plastikin biar ga basah kena banjir emoticon-Ngakak emoticon-Hammer2


wah kalau diplastikin entar dikirain bawa kucing lg gan... hehe emoticon-Ngakak
semoga banjir dijakarta cepet selesai deh gan emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By san92
semoga banjir dijakarta cepet selesai deh gan emoticon-I Love Indonesia (S)


iy gan, semoga saja, dan tdk ada korban lagi..
tips yang sangat berguna
wah tips yang sangat ahay nih gan
Nicetips gan