alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50fab82c05346a923600000d/ajaib-misteri-batu-batu-berjalan-di-california
[AJAIB] Misteri Batu-batu Berjalan di California!
Quote:[AJAIB] Misteri Batu-batu Berjalan di California!
Quote:Pernah dengar misteri batu meluncur atau batu berjalan? Ya, batu berjalan menjadi salah satu misteri yang paling menarik dari Death Valley National Park, tepatnya di danau kering Racetrack Playa, California-AS. Batu berjalan itu dapat ditemukan dengan mudah di permukaan Playa dengan jejak panjang di belakangnya.

Bagaimana mereka dapat bergerak atau berpindah masih menjadi misteri besar di benak para peneliti. Pasalnya, batu yang berjalan tidak hanya batu kecil yang mudah tertiup oleh angin. Ada beberapa batu besar dengan berat ratusan kilogram yang juga turut "jalan-jalan".

Pertanyaan besar yang tentu saja akan muncul kemudian: bagaimana cara mereke bergerak? Ini menjadi tantangan besar bagi para peneliti. Mengapa fenomena ini menjadi misteri? Karena, tidak ada satu orang pun yang pernah melihat ia berjalan.

Sampai hari ini, faktanya adalah tidak ada seorang atau satu organisasi pun yang mengetahui bagaimana batu-batu itu bisa berpindah tempat, meski beberapa orang sudah mempunyai penjelasannya masing-masing menurut nalar. Menarik untuk disimak.

Quote:[AJAIB] Misteri Batu-batu Berjalan di California!
Quote:Tapi, sebelumnya, sekadar diketahui apa dan di mana Racetrack Playa. Racetrack Playa adalah danau kering yang datar dengan panjang empat kilometer dan lebar sekitar dua kilometer. Terletak di California-AS, permukaannya terdiri dari batuan sedimen yang terbuat dari lumpur dan tanah liat.

Iklim di daerah ini juga kering. Hujan hanya terjadi beberapa inci per tahun. Namun, saat hujan, pegunungan terjal yang mengelilingi Racetrack Playa akan menyuplai air ke permukaan danau dan menyulapnya menjadi danau dangkal yang sangat luas. Sayangnya, ini hanya bertahan beberapa hari saja. Setelah itu, dalam keadaan basah, permukaannya berubah menjadi lumpur yang lembut dan licin.

Ada beberapa asumsi atau penjelasan tentang mengapa batu-batu di Racetrack Playa dapat berjalan. Semua penjelasan tersebut masuk akal. Bisa jadi Anda setuju dengan salah satunya. Namun, sampai saat ini belum ada yang dapat membuktikannya bersama-sama secara ilmiah.


Apakah mereka digerakkan oleh manusia atau hewan?
Jejak yang terbentuk di belakang batu menunjukkan bahwa batu-batu berjalan itu berpindah saat permukaan Racetrack Playa masih ditutupi dengan lumpur yang sangat lembut. Dan, di sekitar jejak batu, tidak ada lumpur yang rusak akibat jejak makhluk hidup lainnya. Artinya, sangat kecil kemungkinan batu tersebut dipindahkan oleh manusia dan hewan.

Apakah mereka digerakkan oleh angin?
Ini penjelasan paling favorit dan dipilih banyak orang karena dinilai paling mungkin. Bukan asal tebak atau sekedar menerka-nerka. Tapi, jika dipelajari dari jejak batu yang berjalan, arahnya sejajar dengan arah angin yang berhembus di Racetrack Playa, yakni dari barat daya ke arah timur laut.Hembusan angin kencang diperkirakan mampu menyenggol batu sampai berpindah tempat. Kurva pada jejak batu tersebut dibentuk oleh pergeseran arah angin yang membawanya, karena interaksi angin dan batu tidak teratur.

Apakah mereka digerakkan oleh es?
Beberapa orang mengaku sempat menyaksikan Racetrack Playa tertutup oleh lapisan es tipis. Idenya, air membeku di sekitar batu. Lalu, angin berhembus di atas permukaan es dan menyeret lapisan es berikut batu yang tertancap di permukaan es.


Beberapa penelitian telah menemukan jejak sangat kongruen pada beberapa batu. Namun, seharusnya pengangkutan lapisan es besar diharapkan meninggalkan tanda para permukaan Playa. Sampai saat ini, tanda tersebut belum bisa dibuktikan.

Mungkin Anda setuju dengan salah satu dari beberapa penjelasan di atas. Atau, tidak ada salahnya jika Anda mempunyai penjelasan lain yang berbeda. Tetapi, mungkin cerita ini akan tetap menarik jika jawabannya tidak pernah diketahui dan menjadi misteri.


Quote:[AJAIB] Misteri Batu-batu Berjalan di California!
[AJAIB] Misteri Batu-batu Berjalan di California!


Quote:Sekian dari aneemoticon-Embarrassment
Ditunggu Komeng nya! emoticon-Rate 5 Star sama emoticon-Blue Guy Cendol (L) jangan lupa emoticon-Embarrassment


Sumber
Batu tertiup angin kali tuh gan emoticon-Ngakak
Nice info gan
Ane baru tau
Quote:Original Posted By Inner.Peace
wow baru tau ane
Mampir Juga Ya Gans :

Tengkyu udah mampir gan
Quote:Original Posted By jellegh
Batu tertiup angin kali tuh gan emoticon-Ngakak


Bisa jadi gan emoticon-Ngakak
jadi penasaran pengen liat gaaaan... emoticon-Smilie
kayanya udah pernah liat gan
itu kan yang dorong patrick, temennya spongbob emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By aganbank
jadi penasaran pengen liat gaaaan... emoticon-Smilie

Ayo ke california gan! emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By NgeriNgerong
kayanya udah pernah liat gan
itu kan yang dorong patrick, temennya spongbob emoticon-Big Grin


Lahiya yang mau nganterin pizza itu ya emoticon-Ngakak
di gerakin mahluk halus kali gan ...emoticon-Takut
wahhh gilaa misteri abis emoticon-Takut
Quote:Original Posted By brokenvampire
di gerakin mahluk halus kali gan ...emoticon-Takut


Quote:Original Posted By pumapuma
wahhh gilaa misteri abis emoticon-Takut

emoticon-Takut
emoticon-Sundulemoticon-Sundul
jangan2 batu ponari asalnya dari sini gan...
Quote:Original Posted By mazzgun
jangan2 batu ponari asalnya dari sini gan...


Di transfer pake JN* ya gan sampe indonesia emoticon-Ngakak
Ayodong dikomen emoticon-Blue Guy Cendol (L) jangan cuman view aja emoticon-Cendol (S)emoticon-Sundul Gan (S)
Udah pernah baca gan dan jg seringklr di tv nih

Quote:Original Posted By tyResUs
Udah pernah baca gan dan jg seringklr di tv nih



Tengkyu dah mampir gan emoticon-Rate 5 Star
Baru tau ane ada batu berjalan..tauny batu buat lempar-lemparan klo ada tawuranemoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By moesen360
Baru tau ane ada batu berjalan..tauny batu buat lempar-lemparan klo ada tawuranemoticon-Hammer2


Mangkenye ke california gan emoticon-Ngakak
kok bisa gitu ya
apa mengandung magnet
oleh angin mungkin kang soalnya kalo di gurun itu anginnya kenceng emoticon-Ngakak