alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50fa880e7c12436f5b000001/3-cara-cepat-mengeringkan-jemuran-pakaian-di-musim-hujan
3 Cara Cepat Mengeringkan Jemuran Pakaian Di Musim Hujan.
To Mimin and Momod: kalau ternyata thread ane repsol, sikat aje.

Seperti kita tahu. Pakaian yang basah membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk bisa kering sempurna. 2-3 jam untuk kondisi matahari terik dan tak terhalang. Dan membutuhkan waktu hingga 1-2 harian untuk kondisi berawan. Waktu-waktu tersebut adalah relatif, tergantung dari tebal tipisnya pakaian yang kita jemur.

Untuk agan-agan yang tempat tinggalnya relatif sempit dan tidak memiliki lahan terbuka khusus untuk menjemur pakaian, takaran waktu yang saya sebutkan diatas sudah barang tentu akan menjadi semakin panjang. Pakaian yang terlalu lama kering tentu akan menimbulkan bau apek yang sangat mengganggu. Apalagi kalau agan-agan sekalian tidak menggunakan pengharum pakaian. Dijamin, orang-orang disekitar agan akan sangat terganggu dengan bau yang ditimbulkan. Termasuk agan sendiri.

Belajar dari kejadian-kejadian diatas, ada beberapa solusi yang mudah-mudahan bisa membantu agar pakaian agan-agan dan aganwati-aganwati sekalian bisa cepat kering. Berikut adalah cara-caranya:

1. Pelintir dengan lembut, cengkram/genggam dengan keras.

Orang muda, biasanya senang sekali menghambur-hamburkan tenaga, begitupun saya. Keseringan menonton film kungfu dan film perang, membuat adrenaline saya bergejolak, selalu memaksakan penggunaan otot kapanpun bergerak. Kebiasaan ini terbawa-bawa juga kedalam kegiatan sehari-hari saya sebagai kacung kampret. Kegiatan mencuci pakaian.

Merasa otot-otot lengan saya cukup kuat, setiap lembar pakaian yang akan dijemur, saya pelintir ugal-ugalan dengan maksud supaya pakaian tersebut lekas kering ketika dijemur. Dua periode dicuci dan diperas seperti itu, pakaian masih terlihat baik-baik saja. Tapi setelah cucian ketiga, pakaian-pakaian yang diperlakukan dengan cara diatas kini lebih mirip dengan kaus singlet ketimbang pakaian formal. Tipis dan menerawang kemana-mana. Warnanya pun agak-agak retro vintage alias washed out binti pudar. Saya menyadari satu hal, mode “pendekar” tidak cocok diterapkan untuk mencuci pakaian.

Trial pertama error dengan predikat cum laude. Setelah menganalisa masalahnya, saya menemukan cara kedua, yaitu sedikit dipelintir menggunakan perasaan, kemudian (sambil) digenggam keras-keras seperti sedang melatih kekuatan cengkraman tangan. Dengan cara kedua ini, berlembar-lembar pakaian yang sobek, menjadi tipis, dan pudar karena menggunakan cara pertama, kini terhindar dari kematian yang sia-sia (baca: tidak terpakai dan menjadi kain pel.) Warna dan kelenturan bahan pakaian masih terjaga dengan baik walaupun beberapa kali telah dicuci.


2. Melakukan pemerasan secara berkala.

Pemerasan disini bukan sesuatu yang berkonotasi negatif ya, bisa ditangkap yang berwajib nanti. Pemerasan yang saya maksud disini adalah; setelah seluruh pakaian agan selesai dicuci dan digantung/dijemur, peraslah bagian bawah pakaian-pakaian tadi. Proses pemerasan berulang bisa dilakukan dalam interval waktu 15-30 menit sekali, sampai benar-benar tidak bisa diperas atau tidak keluar airnya.

Berdasarkan hukum fisika, air akan selalu mengalir dari tempat yang tinggi ketempat yang rendah. Hal ini juga berlaku pada pakaian basah. Air yang terserap bahan pakaian, pelan tapi pasti akan merambat turun ke bagian bawah pakaian yang kita gantung. Setelah beberapa waktu tertentu, air tersebut akan terdeposit dengan jumlah yang relatif banyak - dibandingkan jumlah air dibagian atas pakaian yang kita gantung, kemudian bila bahan pakaian tidak mampu menahan jumlah air yang terdeposit, air-air tersebut akan menetes kelantai. Hal ini terus berulang-ulang hingga pakaian agan-agan sekalian benar-benar kering atau kadar air yang tertinggal pada pakaian relatif kecil jumlahnya.

Dari pengalaman saya selama berperan sebagai Bawang Putih (baca: mencuci), masa-masa krusial pengeringan pakaian itu terletak pada permulaan waktu penjemuran. Semakin awal kita mengurangi deposit air, semakin cepat pula proses pengeringan yang terjadi.


3. Di angin-anginkan.
Cepat lambatnya proses mengangin-anginkan akan sangat tergantung pada besar-kecilnya kekuatan kipas angin yang agan-agan gunakan. Semakin besar diameter bilah kipas, akan semakin baik. Letakkan kipas angin dibagian samping pakaian-pakaian yang telah dijemur, kemudian gunakan putaran kipas tertinggi. Bila memungkinkan, aturlah jarak antara pakaian yang satu dengan yang lainnya sekitar satu jengkal orang dewasa. Semakin besar ruang antar pakaian akan membuat aliran angin dari kipas semakin optimal melakukan pekerjaannya.


Note:
Cara-cara diatas hanya berlaku bagi agan-agan yang memiliki mesin cuci ber-tipe old school (baca: penggilesan) seperti saya. Kalau punya mesin cuci—beneran—dengan fasilitas pengering, ngapain juga capek-capek menggunakan cara diatas. Betul tidak? Hehehe.

Semoga Bermanfaat...


wow cara yang bagus gan, mumpung lagi musim hujan nih, kancut tidak pada keringemoticon-Takut



Posted with kaskusQR
ketauan banget anak kosan ente gan hehehe nice lah info nya
enta anak kost an ya gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By sp31
wow cara yang bagus gan, mumpung lagi musim hujan nih, kancut tidak pada keringemoticon-Takut



Posted with kaskusQR


Quote:Original Posted By lanare.
nice gan.. emoticon-Smilie

manfaat banget di musim hujan ky gini ... emoticon-thumbsup:





Quote:Original Posted By peeweebel
ketauan banget anak kosan ente gan hehehe nice lah info nya


Quote:Original Posted By Setiawan.fajar
enta anak kost an ya gan emoticon-Big Grin


ane sering maen ke kosan temen gan. jadi tau sedihnya kalo pakaian pada gak kering. apek bener tuh kamar. bener deh, ane bukan anak kos-kosan... #alibi emoticon-Big Grin

bermanfaat nih di saat matahari lg malu2nya bwt nongol
Quote:Original Posted By ShiningPath
bermanfaat nih di saat matahari lg malu2nya bwt nongol


semoga ya gan. cara-cara ini selalu ane pake kapanpun ane dapet panggilan jiwa (baca: nyuci baju.)
ane harus coba yang dipelintir dulu nih emoticon-Big Grin
Nice share gan
MAKASI GAN INFO NYA
hmmmmm gitu ya gannn

nice sharee gannn :beer
ane nge laundry gan emoticon-Malu
jadi gak ngaruh panas or ujan emoticon-Embarrassment,
Quote:Original Posted By Jhon
ane harus coba yang dipelintir dulu nih emoticon-Big Grin

baek2 gan, gerakan dasar kungfu tuh - melintir2... emoticon-Big Grin

Quote:Quote:Original Posted By gouki7
Nice share gan


Quote:Original Posted By RegFJBKaskus
MAKASI GAN INFO NYA


Quote:Original Posted By Chae.Young
hmmmmm gitu ya gannn

nice sharee gannn :beer



tengyuh gan emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By archeiy49
ane nge laundry gan emoticon-Malu
jadi gak ngaruh panas or ujan emoticon-Embarrassment,


gpp gan, yang penting halal... #apasi emoticon-Stick Out Tongue
emoticon-Ngakak

ane lagi nyari2 tips, dapetnya tips begini

lumayan lah emoticon-Big Grin

tapi 2 hari ini, ane baru jemuran, udah turun ujan gede, gimana tuh gan emoticon-Cape d... (S)
Haha boleh juga tipsnya
susah juga ya gan klo gk ada matahari
waha keren gan, bisj d coba neh.. mantab dah
biasanya ane kipasin gan
waduh gan, sekarangkan masih musim panas gan. jadi sebelum musim hujan, mending panasnya disimpen aja biar ga kekurangan pada saat musim hujan
kalo abis diperes, trus dijemur sambil ditiup2 biar cepet kering, gan
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
×