alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50fa51058227cffa5d00000b/soekarno--palangkaraya-memang-pantas-jadi-ibukota-baru-indonesia
Soekarno : Palangkaraya memang pantas jadi Ibukota baru Indonesia
Quote:
yuk mari kita telaah artikel dari web sebelah. kita sebagai komunitas terbesar di indonesia sudah layak dan seharusnya memikirkan nasib bangsa kita kedepannya


Spoiler for posisi palangkaraya:

Quote:

Mimpi Soekarno pindahkan ibu kota ke Palangkaraya

Jakarta sebagai ibu kota negara kini sudah tidak ideal lagi. Kota ini menyimpan segudang masalah. Mulai dari kemacetan akut, kepadatan penduduk, pembangunan tak terencana hingga banjir yang selalu mengintai jika musim hujan datang.

Presiden Soekarno pada tahun 1950-an sudah meramalkan Jakarta akan tumbuh tak terkendali. Soekarno dulu punya mimpi memindahkan ibu kota Republik Indonesia dari Jakarta ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Mengapa Palangkaraya? Ada beberapa pertimbangan Soekarno. Pertama Kalimantan adalah pulau terbesar di Indonesia dan letaknya di tengah-tengah gugus pulau Indonesia. Kedua menghilangkan sentralistik Jawa.

Selain itu, pembangunan di Jakarta dan Jawa adalah konsep peninggalan Belanda. Soekarno ingin membangun sebuah ibu kota dengan konsepnya sendiri. Bukan peninggalan penjajah, tapi sesuatu yang orisinil.

"Jadikanlah Kota Palangkaraya sebagai modal dan model," ujar Soekarno saat pertama kali menancapkan tonggak pembangunan kota ini 17 Juli 1957.

Satu hal lagi, seperti Jakarta yang punya Ciliwung, Palangkaraya juga punya punya sungai Kahayan. Soekarno ingin memadukan konsep transportasi sungai dan jalan raya, seperti di negara-negara lain.

Soekarno juga ingin Kahayan secantik sungai-sungai di Eropa. Di mana warga dapat bersantai dan menikmati keindahan kota yang dialiri sungai.

"Janganlah membangun bangunan di sepanjang tepi Sungai Kahayan. Lahan di sepanjang tepi sungai tersebut, hendaknya diperuntukkan bagi taman sehingga pada malam yang terlihat hanyalah kerlap-kerlip lampu indah pada saat orang melewati sungai tersebut," kata Soekarno.

Untuk mewujudkan ide itu Soekarno bekerjasama dengan Uni Soviet. Para insinyur dari Rusia pun didatangkan untuk membangun jalan raya di lahan gambut. Pembangunan ini berjalan dengan baik.

Tapi seiiring dengan terpuruknya perekonomian Indonesia di awal 60an, pembangunan Palangkaraya terhambat. Puncaknya pasca 1965, Soekarno dilengserkan. Soeharto tak ingin melanjutkan rencana pemindahan ibukota ke Kalimantan. Jawa kembali jadi sentral semua segi kehidupan.

Kini Jakarta makin semrawut, sementara pembangunan di Palangkaraya berjalan lambat. Hampir tak ada tanda kota ini pernah akan menjadi ibukota RI yang megah.

Hanya sebuah monumen berdiri menjadi pengingat Soekarno pernah punya mimpi besar memindahkan ibukota ke Palangkaraya.


Quote:
sumber
http://id.berita.yahoo.com/mimpi-soe...011000887.html


Quote:
pendapat TS

gw sangat setuju, melihat kondisi jakarta yang sudahs seperti ini
belanda tidak mendesain batavia alias sunda kelapa alias jayakarta alias jakarta untuk menampung beban sebesar yang kita lihat ini
para sarjana planologi mungkin bisa menjelaskan secara detail emoticon-Smilie hehe

alangkah baiknya menjadikan jakarta sebagai kota bisnis, dan ibukota indonesia di palangkaraya

seabagi contoh
jepang
dulu ibukota di kyoto, sekarang berpindah ke tokyo

amerika serikat
dulu new york, sekarang ibukota berpindah ke washington dc
dan new york menjadi pusat bisnis

australia
pusat bisnisnya di sidney dan ibukota di melbourne

nah sekarang, negara yang berpenduduk kelima terbesar di dunia harus realistis. kita harus menyemaratakan pembangunan. kita harus berpikir kedepannya, masa depan bangsa indonesia

karena dengan melihat perkembangan penduduk, bukan tidak mungkin, jakarta pada khususnya dan jawa pada umumnya bakal meledak emoticon-Smilie

bukankah kita ingin memperbaiki indonesia? nah dimulai dari ibukota terlebih dahulu
nah marilah kita bahu membahu untuk membantu pembangungan dan penataan tatakota sehebat mungkin di palangkaraya
rencanaka sedetail mungkin, seindah mungkin, pas terjadi perang kita siap, pas menyambut tamu kenegaraan kita siap


Quote:
bagaimana jika pusat bisnis yang dikeluarkan dari jakarta? tetapi ibukota tidak perlu pindah?

sama aja boong. sentralisasi jawa mengakibatkan pertumbuhan yang tidak sehat
sudah terlalu padat. sudah tidak mungkin
bagaimana wacana dengan pelabuhan tanjung priok di geser ke depok atau pabrik dans egala macam? itu semua boong. sama aja. bukan solusi. ini pendapat TS yuk diskusi
karena yang kita butuhkan disini adalah suatu suasana yang kondusif dan yang lapang. dan yang terpenting adalah bagaimana investasi kedepan sebagai masa depan bangsa indonesia!


Quote:
PS
TS bukan orang palangkaraya, TS orang minang dari sumatera barat. TS hanya melakukannya demi Indonesia kedepannya. mari yuk sejenak berpikir jernih dan dinginkan kepala emoticon-Smilie


jangan lupa di rate dan komeng ya
emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star
pindah rumah aja biaya gede gimana pindah ibu kota?
setengah jalan gagal lagi gara" dikorup.
kalaupun di pindahkan tapi penduduknya banyak yang buang sampah sembarangan, pembangunan gedung-gedung tinggi, migrasi ke Palangkaraya secara besar-besaran , ane kira nasib nya juga ga beda jauh sama jakarta emoticon-Hammer (S)
ane setuju aja, tapi kurang enak dipandang secara geografis karena pusat negara kok ada di pulau yang dihuni 3 negara :Peace
bener bgt tuh, jangan ada rumah di bantaran sungai. Indah bgt kayaknya klo bs naik sampan malam2 sambil memandangi lampu2 kota emoticon-Belo
Quote:Original Posted By 3144699
yah palangkaraya.. jauh dari semarang ntar... kudu naik pesawat kesananya..



BB ++ (UNTUK DEWASA)!:
Bajunya itu lho...
Kuis Buka bukaan
ampun, menggoda banget!


ga masalah sih menurut ane gan
haha, suatu saat bakal ada mass rapid transport
kereta api bawah laut

laut jawa sangat tenang, dan hal ini menjanjikan :3

Quote:Original Posted By balujubik
pindah rumah aja biaya gede gimana pindah ibu kota?
setengah jalan gagal lagi gara" dikorup.


makanya itu negara ini harus berinvestasi kedepannya
masa jepang ama AS aja bisa kita ga

nah itulah, usaha kit untuk saling mengawasi agar tidak korup :beers

Quote:Original Posted By kudo4869
kalaupun di pindahkan tapi penduduknya banyak yang buang sampah sembarangan, pembangunan gedung-gedung tinggi, migrasi ke Palangkaraya secara besar-besaran , ane kira nasib nya juga ga beda jauh sama jakarta emoticon-Hammer (S)


kalo masalah itu. terantung penanganan kedepannya
soalnya jakarta sekarang udah terlalu rapuh

kalo masalah yang pernah terjadi di jakarta, mungkin bisa teratasi di palangkaraya
secara lahan masih banyak
dan yang terpenting tidak dibawah permukaan laut

itu tuh jakarta, sebagian daerahnya udah dibawah permukaan laut :3
Quote:Original Posted By loucu.
kliatannya perpindahan ibukota sudah harus mulai di realisasikan ..

kasian kalo tiap taun / 5 tahun sekali banjir... g maksimal kerjaan..

nice thread gan ..





betul sekali gan. apa kita hanya tinggal diam ?

Quote:Original Posted By Bluetfox
ane setuju aja, tapi kurang enak dipandang secara geografis karena pusat negara kok ada di pulau yang dihuni 3 negara :Peace


siapa tahu, gara gara ada ibukota di indonesia di kalimantan, lambat laun pulau tersebut full milik kita hehehe

Quote:Original Posted By kiky.regak
bener bgt tuh, jangan ada rumah di bantaran sungai. Indah bgt kayaknya klo bs naik sampan malam2 sambil memandangi lampu2 kota emoticon-Belo


emang, ndak bakal mungkin akan menjadi ibukota terindah di dunia

ooo gitu kah, kalo transit kemana2 jadi tambah jauh dong
Ane sih setuju.
Ud g sanggup lagi jakarta kalau dilihat dr kondisi saat ini.
Makin parah malah ane liat emoticon-Takut

tanggapan kaskuser

kaskuser yang pro
Quote:
Quote:Original Posted By loucu.
kliatannya perpindahan ibukota sudah harus mulai di realisasikan ..

kasian kalo tiap taun / 5 tahun sekali banjir... g maksimal kerjaan..

nice thread gan ..


Quote:Original Posted By kiky.regak
bener bgt tuh, jangan ada rumah di bantaran sungai. Indah bgt kayaknya klo bs naik sampan malam2 sambil memandangi lampu2 kota emoticon-Belo


Quote:Original Posted By idhan47
ga pa2 lah pindah ibukotanya... biar jakarta ga terlalu sumpek


Quote:Original Posted By lazuardy21
Ane setuju tuh Gan. Pulau Kalimantan memang tepat sebagai pusat ibu kota. Disamping untuk pemerataan penduduk dan pemerataan ekonomi. Biarkan Jakarta dan kota-kota lainya di pulau jawa jadi pusat bisnis seperti New York di Amerika.


Quote:Original Posted By .NoShade.
soeharto gak mao ibukota pindah ke palangkaraya,, karena akan menghilangkan sentralisasi jawa emoticon-Big Grin
orang2 di luar pulau jawa lah yg paling merasakan hal ini,,,
pertumbuhan kota2 diluar pulau jawa,,, gak sebanding dengan kota2 di pulau jawa,,,




kaskuser yang kontra

Quote:
Quote:Original Posted By kudo4869
kalaupun di pindahkan tapi penduduknya banyak yang buang sampah sembarangan, pembangunan gedung-gedung tinggi, migrasi ke Palangkaraya secara besar-besaran , ane kira nasib nya juga ga beda jauh sama jakarta emoticon-Hammer (S)


Quote:Original Posted By SeiJirO
ooo gitu kah, kalo transit kemana2 jadi tambah jauh dong


ga bakal gan, soekarno hatta kan ga ikutan pindah :3
itu mah udah kebijakan pihak penyedia jasa transportasi udara mah
Quote:Original Posted By kudo4869
kalaupun di pindahkan tapi penduduknya banyak yang buang sampah sembarangan, pembangunan gedung-gedung tinggi, migrasi ke Palangkaraya secara besar-besaran , ane kira nasib nya juga ga beda jauh sama jakarta emoticon-Hammer (S)


ya diaturlah, kalo di jakarta sudah terlambat untuk diatur jadi kenapa banyak pendapat ibukota harus dipindahkan.
ga pa2 lah pindah ibukotanya... biar jakarta ga terlalu sumpek
Ane setuju tuh Gan. Pulau Kalimantan memang tepat sebagai pusat ibu kota. Disamping untuk pemerataan penduduk dan pemerataan ekonomi. Biarkan Jakarta dan kota-kota lainya di pulau jawa jadi pusat bisnis seperti New York di Amerika.
soeharto gak mao ibukota pindah ke palangkaraya,, karena akan menghilangkan sentralisasi jawa emoticon-Big Grin
orang2 di luar pulau jawa lah yg paling merasakan hal ini,,,
pertumbuhan kota2 diluar pulau jawa,,, gak sebanding dengan kota2 di pulau jawa,,,
semua kembali pada pemerintah kita gan , sebelumnya udah ada juga kan rencana maupindah ibukota dari sby tapi realisasinya gk ada. mungkin sisi negatifnya yg jadi masalah di pikiran pemerintah
Quote:Original Posted By lazuardy21
Ane setuju tuh Gan. Pulau Kalimantan memang tepat sebagai pusat ibu kota. Disamping untuk pemerataan penduduk dan pemerataan ekonomi. Biarkan Jakarta dan kota-kota lainya di pulau jawa jadi pusat bisnis seperti New York di Amerika.


emang, negara negara lain udah move on, kita kapan, kapan maju nya nih?

Quote:Original Posted By .NoShade.
soeharto gak mao ibukota pindah ke palangkaraya,, karena akan menghilangkan sentralisasi jawa emoticon-Big Grin
orang2 di luar pulau jawa lah yg paling merasakan hal ini,,,
pertumbuhan kota2 diluar pulau jawa,,, gak sebanding dengan kota2 di pulau jawa,,,


iya gan. pembangunan harus sejalan dengan semangat undang undang yaitu
pembangunaan yang merata
dan sekarang 20 tahun berlalu kita bisa liat perkembangan jakarta sekarang kan?
Quote:Original Posted By Makkio
semua kembali pada pemerintah kita gan , sebelumnya udah ada juga kan rencana maupindah ibukota dari sby tapi realisasinya gk ada. mungkin sisi negatifnya yg jadi masalah di pikiran pemerintah


bener juga gan
terkadang mungkin ada implik implik dari pihak tetentu
ane tinggal dan besar dipalangkaraya,
ane setuju aja kalo pemerintahan pindah ke palangkaraya,
setidaknya membantu Indonesia jadi lebih baik emoticon-Malu (S)
sampe sekarang disini gak ada banjir, gempa, tingkat kejahatan juga sangat rendah.
semoga itu tidak akan berubah sampai nanti misalnya palangkaraya memang menjadi ibukota emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By arrozaq.ave






kalo masalah itu. terantung penanganan kedepannya
soalnya jakarta sekarang udah terlalu rapuh

kalo masalah yang pernah terjadi di jakarta, mungkin bisa teratasi di palangkaraya
secara lahan masih banyak
dan yang terpenting tidak dibawah permukaan laut

itu tuh jakarta, sebagian daerahnya udah dibawah permukaan laut :3


soal nya ada nya gedung-gedung tinggi yang di bangun emoticon-Hammer (S)

btw, cuman ane ya yang kontra ? emoticon-Peace
Quote:Original Posted By Bluetfox


ya diaturlah, kalo di jakarta sudah terlambat untuk diatur jadi kenapa banyak pendapat ibukota harus dipindahkan.


gak segampang yang di ucapkan gan emoticon-Smilie