alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50fa1bc82675b4b75400000b/kerugian-akibat-banjir-jakarta-rp14-miliar-per-jam
Kerugian Akibat Banjir Jakarta, Rp1,4 Miliar per Jam
Kerugian Akibat Banjir Jakarta, Rp1,4 Miliar per Jam
Jakarta, BeritaPrima.com — Banjir di sejumlah jalan protokol di jantung Jakarta menyebabkan kemacetan luar biasa pada Sabtu (22/12) lalu yang berlangsung kurang lebih lima jam. Berdasarkan perhitungan konservatif skala ekonomi Jakarta, kerugian ekonomi dari banjir tersebut adalah Rp1-1,4 miliar per jam.

Demikian disampaikan Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia Danang Parikesit saat dihubungi Media Indonesia, Minggu (23/12). Perhitungan konservatif tersebut didapat dari Congestion cost Jakarta.

“Skala ekonomi Jakarta sampai tri wulan ketiga kan Rp280 Triliun, diperkirakan sampai akhir tahun berarti Rp400 Triliun per tahun,” jelasnya.

Jika menggunakan perhitungan konservatif, jumlah tersebut akan setara dengan Rp33 Milyar per hari atau Rp2 Miliar per jam efektif.

“Kalau terjadi kemacetan total seperti yang terjadi kemarin di Jakarta, kita memperkirakan kerugian ekonomi akan mencapai Rp1-1,4 milyar per jam. Tingggal kita memperkirakan berapa jam terjadi kemacetan total tersebut. Kalau 5 jam berarti antara Rp5-7 miliar,” rinci Danang.

Hitungan tersebut, katanya, belum merangkum lost oportunities seperti batalnya janji bisnis dengan klien dan lain sebagainya. Hak ini masih ditambah kerugian mubazirnya infrastruktur transportasi.

“Infrastruktur busway misalnya, Rp35 Miliar per kilometer. Bila macet sekitar 15 kilometer selama 5 jam, terhitung Rp10-14 Miliar kerugiannya,” jelasnya lagi.

Kerugian ekonomi itu masih ditambah lagi dengan kerugian sosial yang sulit dihutung dengan angka. Danang mengatakan, kerugian terparah adalah semakin menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Masyarakat tak percaya lagi pada pemerintah yang dianggap tak bisa menangani permasalahan transpirtasi.

“Penurunan akibat hal ini bisa sangat drastis. Jika kepercayaan masyarakat sudah menurun, pemerintah akan semakin sulit melaksanakan program-program pembangunan,”pungkasnya.

SUMBER
yang namanya musibah, tidak bisa dihindari lagi. pemerintah pun juga gak sanggup untuk meredamnya.
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
moga saja kita semua bisa mengambil hikmah dari semua ini, namanya juga musibah gan..emoticon-raining
duuh parah banget tu gan
parah gan . masyarakatnya aja buang sampah sembarangan . pas udah banjir . pemerintah yang disalahkan emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By Dside
yang namanya musibah, tidak bisa dihindari lagi. pemerintah pun juga gak sanggup untuk meredamnya.
rakyatnya sendiri yang salah
Quote:Original Posted By GotchaManiac
parah gan . masyarakatnya aja buang sampah sembarangan . pas udah banjir . pemerintah yang disalahkan emoticon-Cape d...


bener tuh,,, emang kelakuan rata2 orang indonesia memang gitu
Drahinase jakarta buruk emoticon-Berduka (S)
mudah2an jakarta ga banjir lagi deh, biar ga ribet lagi emoticon-I Love Indonesia (S)
banyak bacot nih danang
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
semoga tahun depan sudah tidak terjadi lagi gan
wah banyak sekali kerugian yang harus ditanggung
1,4M sejam.. sedetiknya berapa yah emoticon-Matabelo
parah banget ini
sudah rugi banyak, rakyat jg susah emoticon-Berduka (S)
duit semua itu gan .. emoticon-Bingung (S)
mudah2an kedepan yg namanya banjir ilang dari jakarta
Quote:Original Posted By boulevardoutlet
1,4M sejam.. sedetiknya berapa yah emoticon-Matabelo


kira² skitar 4 juta gan emoticon-Big Grin
padahal kalo masyarakatnya punya budaya buang sampah ditempatnya, ga perlu mengalami kerugian sebanyak ini emoticon-Matabelo