alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50fa19f3631243d242000001/yuk-mengenal-proses-pembuatan-samurai--katana--dari-jepang
Yuk Mengenal Proses Pembuatan Samurai ( Katana ) Dari Jepang
Yuk Mengenal Proses Pembuatan Samurai ( Katana ) Dari Jepang

Mungkin sudah pada tahu atau pernah lihat apa itu samurai atau Katana dalam bahasa Jepang.
Apalagi bagi yang suka game bergenre perang dari Jepang, pasti sudah tidak asing lagi dengan samurai ini.
Atau bagi para penggemar One Piece pasti tahu kan apa yang dipakai oleh pendekar pedang Roronoa Zorro ?
Tapi apa ada yang sudah tahu bagaimana proses pembuatan pedang hebat para ninja ini ?
Ini caranya..


Pembuatan sebilah katana [Pedang Samurai] memerlukan proses yang sangat teliti dengan tingkat keakurasian yang sangat tinggi. Mulai dari pemilihan jenis bahannya hingga proses pembuatan yang dilakukan dengan tahapan-tahapan yang sudah ditentukan. Bahan Katana yang terbaik adalah jenis Tamahagane yang dipilih dari biji besi dengan proses yang sangat teliti. Satu bilah katana dengan kualitas tinggi dikerjakan dalam kurun waktu tidak kurang dari 3 bulan, bahkan terkadang memakan waktu 6 bulan.
Terdapat banyak metode pembuatan Katana dengan tangan. Beberapa menggunakan proses pemanasan dan pelipatan baja yang berulang-ulang dan menyita tenaga. Setelah selesai, bilah pedang tersebut harus dipoles dengan hati-hati sebelum sang pengrajin pedang dapat membubuhkan penanda pada hasil karya seni mereka. Katana merupakan bukti nyata dari keterampilan tangan tingkat tinggi, dan para pengrajin yang membuatnya pastilah memiliki nilai-nilai kebajikan yang unik.

Seperti halnya dengan karya seni lain, para pengrajin pedang samurai ini mengerahkan segenap jiwa mereka dalam proses pembuatannya, yang diiringi dengan kesabaran, kemauan dan intelegensia untuk mencapai hasil terbaik. Banyak seniman terlibat dalam kerja keras menyempurnakan detail ornament pada hulu pedang, gagang, juga pada sarung pedangnya. Hasilnya, Katana yang layak disandang oleh para prajurit dan ksatria pada masa itu.

Yuk langsung intip proses pembuatannya..

Spoiler for Proses Pertama:


Spoiler for Proses Kedua:


Spoiler for Proses Ketiga:


Spoiler for Proses Keempat:


Spoiler for Proses Kelima:


Spoiler for Proses Keenam:


Spoiler for Proses Ketujuh:


Setelah tahu proses pembuatannya apa ada yang berminat menjadi sebuah pembuat pedang samurai ?
Nih videonya barangkali berminat..
youtube-thumbnail


SUMBER

Spoiler for Foot Note:
cukup ribet juga ya pembuatannya, pantas aja klo harga nya mahal
emoticon-Hammer2

Thumbs up 

NIce info gan, ane juga penggemar samurai(katana) ini trit amat sangat menarik bagi saya emoticon-Smilie

emoticon-Blue Guy Cendol (L)
ribet amat gan emoticon-Matabelo
ribet bgt gan cuma mereka makai bahan berkualitas tinggi ya makannya hasilnya juga memuaskan dan tajamemoticon-Matabelo


ribet jg ya gan cara buatnya emoticon-Bingung




Best Regards,
WSSChanger
buset bs ampe 6 bln gtu emoticon-Cape d...
ane baru nonton di youtube gan.. itu si mamang nya tahan bener ama panas batu bara yak emoticon-Ngakak


Keren gan
Nice info
ijin deprok puh
nongkrong di tread calon HT ah emoticon-Cool
baru tau ane gan
thanks udah sharing emoticon-Jempol
wah ane kira dulu lengkungannya karena di bentuk, ternyata karena proses pendinginan cepat
Lamanya Juga Prosesnya Gan

Spoiler for The best poker online INDONESIA - turnament gratis setiap hari total hadiah 189jt (mei):
Quote:Original Posted By Achebe
cukup ribet juga ya pembuatannya, pantas aja klo harga nya mahal
emoticon-Hammer2



iye harganya mahal banget tuch gan emoticon-Matabelo
videonya not exist katanya gan
pastinya setajam silet tuh
Wuidihhhh ,, ribet bener gan ..
Kira" sekarang masii ada gak y ahli katana yg mantep d'sana .. ???
Ribet amat gan kaya hajatan emoticon-Ngakak (S)
wiih ..
keren banget itu gan katana ..
bohai benere dilihat nya, asal jangan sampe ditebas aje yah gan ..
hahahaha