alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50fa17ab7c12431548000009/mimpi-soekarno-pindahkan-ibu-kota-ke-palangkaraya
icon-hot-thread
Mimpi Soekarno pindahkan ibu kota ke Palangkaraya
Mimpi Soekarno pindahkan ibu kota ke Palangkaraya

MERDEKA.COM,
Jakarta sebagai ibu kota negara kini sudah tidak ideal lagi. Kota ini menyimpan segudang masalah. Mulai dari kemacetan akut, kepadatan penduduk, pembangunan tak terencana hingga banjir yang selalu mengintai jika musim hujan datang.

Presiden Soekarno pada tahun 1950-an sudah meramalkan Jakarta akan tumbuh tak terkendali. Soekarno dulu punya mimpi memindahkan ibu kota Republik Indonesia dari Jakarta ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Mengapa Palangkaraya? Ada beberapa pertimbangan Soekarno. Pertama Kalimantan adalah pulau terbesar di Indonesia dan letaknya di tengah-tengah gugus pulau Indonesia. Kedua menghilangkan sentralistik Jawa.

Selain itu, pembangunan di Jakarta dan Jawa adalah konsep peninggalan Belanda. Soekarno ingin membangun sebuah ibu kota dengan konsepnya sendiri. Bukan peninggalan penjajah, tapi sesuatu yang orisinil.

"Jadikanlah Kota Palangkaraya sebagai modal dan model," ujar Soekarno saat pertama kali menancapkan tonggak pembangunan kota ini 17 Juli 1957.

Satu hal lagi, seperti Jakarta yang punya Ciliwung, Palangkaraya juga punya punya sungai Kahayan. Soekarno ingin memadukan konsep transportasi sungai dan jalan raya, seperti di negara-negara lain.

Soekarno juga ingin Kahayan secantik sungai-sungai di Eropa. Di mana warga dapat bersantai dan menikmati keindahan kota yang dialiri sungai.

"Janganlah membangun bangunan di sepanjang tepi Sungai Kahayan. Lahan di sepanjang tepi sungai tersebut, hendaknya diperuntukkan bagi taman sehingga pada malam yang terlihat hanyalah kerlap-kerlip lampu indah pada saat orang melewati sungai tersebut," kata Soekarno.

Untuk mewujudkan ide itu Soekarno bekerjasama dengan Uni Soviet. Para insinyur dari Rusia pun didatangkan untuk membangun jalan raya di lahan gambut. Pembangunan ini berjalan dengan baik.

Tapi seiiring dengan terpuruknya perekonomian Indonesia di awal 60an, pembangunan Palangkaraya terhambat. Puncaknya pasca 1965, Soekarno dilengserkan. Soeharto tak ingin melanjutkan rencana pemindahan ibukota ke Kalimantan. Jawa kembali jadi sentral semua segi kehidupan.
Kini Jakarta makin semrawut, sementara pembangunan di Palangkaraya berjalan lambat. Hampir tak ada tanda kota ini pernah akan menjadi ibukota RI yang megah.

Hanya sebuah monumen berdiri menjadi pengingat Soekarno pernah punya mimpi besar memindahkan ibukota ke Palangkaraya.
Sumber: Merdeka.com
SUMBER
ane dukung gan. secara emang visi beliau hebat.
emoticon-Matabelo jakarta banjir emoticon-Cape d... (S)

nice... inpoh gan

Mau Tau Soal KENTUT??
mampir ke trit ane y



Ane ngedukung nih gan, kayak nya ane dulu pernah denger salah satu alasannya gini
"karna pulau kalimantan bebas dari gunung merapi aktif, yg artinya minim resiko bencana alam"
CMIIW
keren2, nice trit btw. jakarta macet gan, mending jadi pusat ekonomi aja, kalo pusat pemerintahannya di kalimantan gapapa hehehe biar ga pada belenji2 tuh anggota DPR soalnya di jakarta kan banyak mall emoticon-Ngakak
Ayo gan sama2 Kita Dukung.emoticon-Sundul Gan (S)
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
ane setuju banget gan sama ente,,,emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star
Ane ngedukung nih gan, kayak nya ane dulu
pernah denger salah satu alasannya gini
"karna pulau kalimantan bebas dari gunung
merapi aktif, yg artinya minim resiko bencana
alam"
CMIIW
iya tuh gan... pasti Bung Karno udah punya pemikiran matang gan akan hal tersebut..
yupsss

setuju bgt gan

biar pemerataan pembangunan emoticon-Recommended Seller
Jakarta emang udah gak layak jadi ibukota gan, banjir, macet, industri semuanya disini emoticon-Sorry
Cita-cita bung karno yg belum terwujud nie gan ..
Moga suatu saat bisa terwujud emoticon-Smilie
ane dkung bgt ini cm btuh wktu lama bwt pembangunanny,, smoga bs trealisasi
Betul gan. Selain terhindar dari letusan gunung berapi, gempa bumi, maupun bahaya tsunami, Palangkaraya oleh Soekarno memang sudah di design menjadi ibu kota negara. Lihat aja keteraturan tata kota-nya, mengalahkan kota-kota besar di Indonesia lainnya.
udah mulai sekrang kita yg ada meneruskan mimpi bung karno emoticon-Cool
ya moga2 aja bukan hanya mimpi saja, tapi menjadi kenyataan hehe emoticon-I Love Indonesia (S)
ane kurang setuju malah bahaya gan soalnya kan kalimantan byk hutanya nanti malah hutannya ditebang buat pembangunan lah bisa berbahaya emoticon-Sorry
ane setuju banget gan gmana klo pemilu ini do jadiim momen kita pilih wakil rakyat dam presiden yg pro pemindahan ibu kota
wow mantap gan..
Keren dah
×