alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50f41b700b75b4af7500000a/menghargai-sebutir-nasi
icon-hot-thread
Menghargai Sebutir Nasi
Menghargai Sebutir Nasi

Menghargai Sebutir Nasi

Spoiler for Search:


Hidup ini harus dihargai, sama seperti kita menghargai sebutir nasi. Apa yang saya lihat kemarin merupakan suatu kesedihan, menjadi pikiran saya selama beberapa hari hanya karena seseorang membuang nasi ke dalam tong sampah.

Bukan ingin memuji diri sendiri, tapi saya memang menempatkan diri sebagai sebutir nasi, itu sebabnya saya berusaha untuk tidak membuang sebutir nasi pun. Ketika sedang menanak nasi, saya usahakan semua beras masuk ke dalam panci, jangan sampai ada yang terbuang. Ketika sedang mengambil nasi, saya usahakan untuk tidak menjatuhkan sebutir nasi pun. Ketika selesai makan pun saya berusaha membersihkan piring dari sisa-sisa nasi sehingga piring menjadi bersih, bukan hanya piring, jari-jari pun tidak luput saya seruput dari sisa nasi. Itulah pengabdian sederhana saya kepada sebutir nasi.

Maka terbayang bagi Anda bila saya melihat orang lain membuang nasi dengan seenaknya. Sedih? Tentu saja T____T Membayangkan betapa beratnya pekerjaan seorang petani untuk menghasilkan beras dan betapa sulitnya orang-orang untuk membeli beras, membuat saya semakin menghargai sebutir nasi. Tetapi mengapa bagi sebagian orang betapa mudahnya membuang nasi? Entahlah, saya juga tidak tahu.

Pada hakekatnya membuang nasi atau makanan lainnya merupakan tindakan pemubaziran, membuang-buang rezeki yang diberikan oleh Allah SWT. Banyak macam himbauan yang menyebarkan informasi tentang sulitnya orang-orang mendapatkan makanan, kelaparan, bahkan hingga meninggal karena laparnya, tetapi banyak juga orang yang hanya merasa kasihan dan tidak berbuat apa pun untuk lebih menghargai makanan.

Di sudut sana ada orang-orang yang sedang terlilit kesulitan dan menderita kelaparan, mengais-ngais di antara sisa-sisa makanan, mengonsumsi nasi aking yang tidak ada gizinya sama sekali, atau memakan tumbuhan lainnya sebagai pengganti makanan pokok. Sedangkan di sudut sana, orang-orang dengan ceria makan di tempat mewah, memesan segala bentuk makanan yang tidak hanya bergizi tapi juga bernilai ekonomis tinggi, dan mereka tidak perlu susah payah untuk mendapatkan makanan kesukaannya, tinggal telepon, menggesek kartu atau membayar dengan tunai, dan kemudian langsung menyantapnya.

Dunia ini memang selalu berada di dua sisi yang berbeda, saling membelakangi, saling mencemburui, saling berkompetensi, dan harus ekstra keras untuk saling melengkapi. Bagaikan pandangan yang berbeda dari setiap orang tentang sebutir nasi. Kumpulan nasi yang tersedia di atas piring, tinggal disantap untuk mengenyahkan rasa lapar. Menjadi kumpulan berkah yang akan masuk menjalari darah, atau menjadi kesia-siaan dan kemubaziran semata.

Kembali kepada Anda, bagaimana pandangan Anda terhadap sebutir nasi. Saya jadi ingat tentang kalimat pendek yang sering diucapkan oleh orang tua dulu ketika saya kecil dan sedang disuapi makan, "Ayo habiskan nasinya. Kalau tidak habis nanti nasinya nangis lho". Saya mengerti sekarang, bila kita tidak menghabiskan nasi maka dia benar-benar akan menangis, dan saya juga ikutan menangis. Jadi, bila Anda benar-benar ingin berubah, benar-benar ingin menghargai sebutir nasi, dan bukan hanya karena rasa kasihan sementara waktu, maka berusahalah untuk memakan semua nasi yang ada di piring Anda, bila perlu jangan sisakan sebutir nasi pun pada sendok atau tangan Anda.

Salam sejahtera semuanya, ingatlah untuk menghargai makanan apa pun yang Anda makan setiap hari emoticon-Smilie

Quote:Semoga menjadi bahan renungan untuk agan2 kalo berkenan emoticon-Toast nya gan sekaligus emoticon-Rate 5 Star

Quote:Menolak emoticon-Blue Guy Bata (L)

Koment Kaskuser :

Quote:Original Posted By Stoopers
Apa yang kita rasakan

Menghargai Sebutir Nasi

Apa yang mereka Rasakan

Menghargai Sebutir Nasi

Miris gann emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)


Quote:Original Posted By uyah1
Ane dulu suka nyepelein gan masalah ngabisin makanan ato nasi gitu, meski emang kalo makan ane abis terus sih emoticon-Ngakak (S) tapi kadang kalo ga bersih gitu makannya masih ada sisa sisa nasi ane suka cuek biarin aja. trus kalo misal nasi di rice cooker tinggal dikit ane ambil tengahnya aja terus yg pinggir ane biarin... kalo gitu yah nasibnya dibuang juga palingan gan emoticon-Berduka (S)

Tapi suatu hari ane baca gan ternyata ada di suatu tempat gitu, seorang nenek nenek yang demi hidupnya dan anak cucunya ngumpulin ceceran beras gan emoticon-Frown sedih banget gan ane bacanya... coba deh liat

http://news.liputan6.com/read/343644...-ceceran-beras
http://www.republika.co.id/berita/na...-ceceran-beras

Semenjak itu ane sekarang menghargai banget gan sama nasi (beras) dan secara general sih sama semua makanan, pokoknya sekarang ane berprinsip "makananmu tanggung jawabmu" jadi apa yang udah dipilih buat dimakan (dibeli ato dimasak) itu harus diabisin, awalnya ane masih suka kekenyangan juga sih (emang dasarnya nafsu makan ane tinggi keknya jadi apa aja pengen dimakan emoticon-Ngakak (S)) tapi dengan prinsip ane itu, bukan hanya jadi menghargai makanan, tapi ane juga jadi lebih bisa ngatur nafsu dan makan sesuai porsi yg ane bisa emoticon-Malu (S)

Malah kalo pulang ke rumah ni (ane anak kos gan emoticon-Malu (S)) saking ane menghargai makanan, apa aja yg ada di kulkas ane makan secepatnya, kasian gan kalo kelamaan nanti takutnya kadaluarsa emoticon-Ngakak

Kalo berkenan pejwan gan emoticon-Shakehand2


Quote:Original Posted By bhebhenice


Menghargai Sebutir Nasi


Quote:Original Posted By Anjarokz
Sebutir beras jika dikumpulkan menjadi nasi.
Memang sih gan banyak diantara kita suka membuan nasi karena mereka menghargai nasi dengan kekayaan yang mereka miliki.
Tetapi disamping sisi, mereka tidak tahu pengorbanan petani yang sangat berat.
Mungkin setiap kegiatan ringan yang orang kaya lakukan membuat mereka menilai murah semua barang termasuk nasi. Padahal pengorbanan seseorang itu tidak bisa dinilai dengan Uang.


Quote:Original Posted By snandzzz
maksih sudah mengingatkan gan.. terkadang saya lupa akan hal itu hanya karna makannya ga enak atau ke kenyangan...padahl di luar sana mash banyak org yang susah mendapatkan sebutir nasi pun.
dan kata orng tua dulu kalu kita membuang nasi sebutir saja maka nasi itu menangis gan.
apalagi kalu banyak yach...
mudah"an kita tidak termasuk orng yang kufur nikmat.
amien..


Quote:Original Posted By iwan13
ane kalo mkn selalu dihabisin ko gan, kecuali tulang belulang yg sekiranya g bsa ane mkn, ustadz ane mngajarkan utk tdak mnyia-nyiakan rizki dri Allah, nyang ane salut sm ustadz ane, beliau itu kalo selesai makan, beliau tuang air k piring bkas beliau mkn, lalu beliau minum air dari piring tsb, jadilah itu piring bersih sprt hbs di cuci emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By IcikIcikEhem
iya gan, klo sebutir nasi ditingalkan satu orang di dunia dan itu kumpulkan jadi satu, pasti bisa membantu rakyat kelaparan di afrika atau negri ini yg kekurangan emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By aliveabadan
Sebutir nasi, penuh dengan perjuangan.
Mulai dari produsen benih yang berjuang untuk memproduksi benih berkualitas, produsen pupuk yang berjuang membuat pupuk yang efektif, petani yang berjuang menanam benih tersebut dengan segala cucuran keringat dan jerih payahnya. Tidak lupa pedagang pengumpul yang bersusah payah mengumpulkan hasil panen petani, perusahaan penggilingan gabah (Rice Milling Unit) yang mengupas gabah menjadi beras, pedagang yang bersedia menjual beras pada konsumen, sampai tukang masak yang telah mengolah beras menjadi nasi sampai siap saji.

Semuanya berjuang dengan penuh arti. Hargailah perjuangan tersebut, kawan! emoticon-shakehand


Quote:Original Posted By bangkaNbelitung
Kalo aye makan seh selalu ngabisin nasi emoticon-Cool
Soalnya aye inget banget mitos dari emak aye
1. Kalo ga ngabisin nasi bakalan dikutuk petani dan jadi miskin
2. Kalo mau tau jodoh nya tuh diliat dari piring abis makan,
kalo licin berarti pacarnya mukanya licin. Licin. Bukan kek setan muka rata loh ye emoticon-Big Grin
Tpai kalo ada sisa nasinya, pacarnya bakalan jerawatan sejumlah nasi sisa di piring emoticon-Big Grin
ane masih sering liat di kantin, orang makan di sisain nasinya, sedih gan liat nyaa emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo

nice share gan mantab

BTW ane emoticon-Sundul Gan (S)
Menghargai Sebutir Nasi
Nice Gan emoticon-Matabelo
betul gan emoticon-Smilie sejak kecil ane terbiasa dinasehatin menghargai makanan. liat aja tu kanan kiri kita banyak yg susah setengah mati cari nasi emoticon-Frown

Quote:Original Posted By Sadhean
ane masih sering liat di kantin, orang makan di sisain nasinya, sedih gan liat nyaa emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo

nice share gan mantab

BTW ane emoticon-Sundul Gan (S)
Menghargai Sebutir Nasi


Itu namanya mubazir gan.. Ane pernah liat kayak gitu.. Tak hanya nasi.. Lauk paukpun masih banyak yg tersisa.. emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By aixenreload
Nice Gan emoticon-Matabelo


Sekalian di koment yg bermutu yach gan.. emoticon-Smilie
iya gan ane biasa dri kecil disuruh makan harus abis emoticon-Sundul Gan (S)
Kalau sisa nasi sengaja disisakan u/ hewan seperti ayam / kucing, sebenarx itu malah bagus. Justru melatih manusia u/ belajar kasih sayang terhadap semua makhluk hidup.
Quote:Original Posted By Yuri24
ane juga kalo makan selalu dihabisin koq gan, mending ambil nasi sedikit tapi habis daripada ambil kebanyakan tapi ga abis jadi dibuang..

mampir ya gan..

Menghargai Sebutir Nasi


Sama dengan ane gan.. Jadi disesuaikan takarannya dengan perut kita.. emoticon-thumbsup
rumah ane deket sawah gan..
jadi tau banget prosesnya -- nasi yang ane makan
emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By kopitesasli
betul gan emoticon-Smilie sejak kecil ane terbiasa dinasehatin menghargai makanan. liat aja tu kanan kiri kita banyak yg susah setengah mati cari nasi emoticon-Frown



Beruntung agan mempunyai ortu yg bijak.. Bayangkan orang2 yg kelaparan di afrika susah amat untuk mendapatkan makanan.. Sedangkan di sini kita memilki makanan yg berlimpah.. Untuk itu hargailah makanan dan jangan ada sisa yg terbuang percuma.. emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By Lieliesss
iya gan ane biasa dri kecil disuruh makan harus abis emoticon-Sundul Gan (S)


sama dengan ane gan.. hargailah nasi.. sayangkan mubazir jadinya emoticon-Smilie
silahkan di koment gan..
jd inget, dulu ada artikel keluarannya pbb yang bilang klo penduduk dunia dah mem buang2 makanan hingga milyaran ton.. dan kasusnya paling banyak terjadi di negara2 maju yang penduduknya pada mapan..

http://dunia.news.viva.co.id/news/re...rbuang-percuma

emang orang klo makin makmur jadi cenderung makin gampang nge hambur2in sesuatu..
Sebutir beras jika dikumpulkan menjadi nasi.
Memang sih gan banyak diantara kita suka membuan nasi karena mereka menghargai nasi dengan kekayaan yang mereka miliki.
Tetapi disamping sisi, mereka tidak tahu pengorbanan petani yang sangat berat.
Mungkin setiap kegiatan ringan yang orang kaya lakukan membuat mereka menilai murah semua barang termasuk nasi. Padahal pengorbanan seseorang itu tidak bisa dinilai dengan Uang.
Quote:Original Posted By ShiningPath
jd inget, dulu ada artikel keluarannya pbb yang bilang klo penduduk dunia dah mem buang2 makanan hingga milyaran ton.. dan kasusnya paling banyak terjadi di negara2 maju yang penduduknya pada mapan..

http://dunia.news.viva.co.id/news/re...rbuang-percuma

emang orang klo makin makmur jadi cenderung makin gampang nge hambur2in sesuatu..


iyach gan.. contohnya ane pernah wisata ke china.. dan liat orang sana pada makan..pesan makanan banyak.. dan bahkan banyak sisa gan.. sambil babe ane ngomongin.. udah kemakmuran kali tuh.. sampe2 makanan ajah banyak yg sisa ngak di makan.. mungkin udah kemakmuran kali yach di sana.. emoticon-Cape d... (S)
hehe kalo ane sih tak usahain piring itu abis g kesisa gan makanannya
Meskipun hanya sebutir harus kita hargai jangan membuang rejeki meskipun hanya sebutir
sekalian ane bantu emoticon-Rate 5 Star ya gan
Quote:Original Posted By Anjarokz
Sebutir beras jika dikumpulkan menjadi nasi.
Memang sih gan banyak diantara kita suka membuan nasi karena mereka menghargai nasi dengan kekayaan yang mereka miliki.
Tetapi disamping sisi, mereka tidak tahu pengorbanan petani yang sangat berat.
Mungkin setiap kegiatan ringan yang orang kaya lakukan membuat mereka menilai murah semua barang termasuk nasi. Padahal pengorbanan seseorang itu tidak bisa dinilai dengan Uang.


iyach gan.. bagi orang yg serba kecukupan.. ngak tau bagaimana pengorbanan petani.. sampe ada pepatah sebutir nasi.. sejuta keringat.. emoticon-Smilie