alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50e58e066312431b1900000a/masuk-gan-trunyan-mayat-tidak-dikubur
[Masuk Gan] Trunyan mayat tidak dikubur
<<-Welcome To My Thread->>

Setiap manusia pasti mengalami apa yang namanya mati,Karena tujuan manusia hidup dibumi ini adalah mati gan emoticon-Berduka (S).Masing2 agama memiliki caranya sendiri bila ada sanak saudaranya yang mati misalkan islam&kristen dengan dikubur Hindu dengan ngaben dan sebagainya.Namun ada salah satu di bali yang memiliki caranya sendiri bilamana ada sanak saudaranya yang mati maka akan letakan disuatu tempat yang dinamakan "Trunyam".oke langsung aja kita simak gan.

Terunyan adalah sebuah desa yang berada di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, Indonesia. Terunyan merupakan suatu tempat yang terdapat di Danau Batur, Kintamani. Di daerah ini terdapat adat pemakaman yang cukup unik. Warga yang telah meninggal jenazahnya dimakamkan di atas batu besar yang memiliki cekungan 7 buah.

Jenazah hanya dipagari bambu anyam secukupnya. Uniknya setelah berhari-hari walaupun tidak dibalsem, jenazah tersebut tidak menyebarkan bau busuk.

Adat Desa Terunyan mengatur tata cara menguburkan mayat bagi warganya. Di desa ini ada tiga kuburan (sema) yang diperuntukan bagi tiga jenis kematian yang berbeda. Apabila salah seorang warga Terunyan meninggal secara wajar, mayatnya akan ditutupi kain putih, diupacarai, kemudian diletakkan tanpa dikubur di bawah pohon besar bernama Taru Menyan, di sebuah lokasi bernama Sema Wayah. Namun, apabila penyebab kematiannya tidak wajar, seperti karena kecelakaan, bunuh diri, atau dibunuh orang, mayatnya akan diletakan di lokasi yang bernama Sema Bantas. Sedangkan untuk mengubur bayi dan anak kecil, atau warga yang sudah dewasa tetapi belum menikah, akan diletakan di Sema Muda.

Penjelasan mengapa mayat yang diletakan dengan rapi di sema itu tidak menimbulkan bau padahal secara alamiah, tetap terjadi penguraian atas mayat-mayat tersebut ini disebabkan pohon Taru Menyan tersebut, yang bisa mengeluarkan bau harum dan mampu menetralisir bau busuk mayat. Taru berarti pohon, sedang Menyan berarti harum. Pohon Taru Menyan ini, hanya tumbuh di daerah ini. Jadilah Tarumenyan yang kemudian lebih dikenal sebagai Terunyan yang diyakini sebagai asal usul nama desa tersebut.

Untuk melengkapi fasilitas wisata yang ada di Kawasan Batur di Desa Kedisan dibangun sebuah dermaga boat yang khusus melayani penyebrangan menuju ke Trunyan. Untuk satu buah motor boat, biasanya maksimal mampu menampung tujuh orang wisatawan. Dengan tariff angkutan yang terjangkau yaitu Rp 250,000,- per tujuh orangnya dan para wisatawan dapat mengelilingi wisata danau Batur. Dalam waktu tempuh kurang lebih satu jam wisatawan benar-benar terpuaskan apabila berkunjung sambil mengelilingi Danau Batur.
Desa Trunyan yang memiliki banyak keunikan terletak di pinggir danau Batur dan dikelilingi tebing bukit. Konon, ada sebuah pohon Taru Menyan yang menebarkan bau sangat harum. Konon…Bau harum itu mendorong Ratu Gede Pancering jagat untuk mendatangi sumber bau.Untuk melengkapi fasilitas wisata yang ada di Kawasan Batur di Desa Kedisan dibangun sebuah dermaga boat yang khusus melayani penyebrangan menuju ke Trunyan. Untuk satu buah motor boat, biasanya maksimal mampu menampung tujuh orang wisatawan. Dengan tariff angkutan yang terjangkau yaitu Rp 250,000,- per tujuh orangnya dan para wisatawan dapat mengelilingi wisata danau Batur. Dalam waktu tempuh kurang lebih satu jam wisatawan benar-benar terpuaskan apabila berkunjung sambil mengelilingi Danau Batur.
Desa Trunyan yang memiliki banyak keunikan terletak di pinggir danau Batur dan dikelilingi tebing bukit. Konon, ada sebuah pohon Taru Menyan yang menebarkan bau sangat harum. Konon…Bau harum itu mendorong Ratu Gede Pancering jagat untuk mendatangi sumber bau.

Sumber:wikipedia

Spoiler for trunyan:


Spoiler for tempat digletakinya gan:


Spoiler for lebih deket gan:


Spoiler for kalo udah jadi tulang:


Spoiler for pohonya:


Spoiler for TS disana:


oke deh gan pesan yang dapat kita ambil kita sebagai manusia pasti akan mati dan pasti akan menjadi tulang belulang seperti yang ada diatas emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka tinggal kita aja yang milih mau mati dengan cara apa. Jadi kita manusia yang akan jadi tulang ini nggak ada yang seharusnya kita sombongin emoticon-Sorry oke sekian dari TS kalo ada yang kurang2 mohon dikomeng aja emoticon-Salaman emoticon-Salaman.

Spoiler for yang suka wajib:


Spoiler for yang ISO disarankan:


Spoiler for yang nggak suka diharamkan:









eit mejeng pejwan
awas ntar malam TS mimpi buruk setelah pergi kesana
ane walau sering ke Bali tapi ndak pernah mau kalo ke trunyan gan, udah takut duluan dah
emoticon-Ngakak
ngeri ya gan emoticon-Takut
Quote:Original Posted By don1985
awas ntar malam TS mimpi buruk setelah pergi kesana
ane walau sering ke Bali tapi ndak pernah mau kalo ke trunyan gan, udah takut duluan dah
emoticon-Ngakak


waaah aganya nakut2in nih ane jadi takut emoticon-Takut emoticon-Takut

Quote:Original Posted By GotchaManiac
ngeri ya gan emoticon-Takut


betul gan tapi ambil hikmahnya aja gan
Sedrhana ya cara menguburnya
walaupun agak serem tapi unik juga ya,,,
Quote:Original Posted By Draag
Sedrhana ya cara menguburnya


betul gan cuman diletakin disitu doang gan emoticon-Traveller

Quote:Original Posted By arial.al.akbar
walaupun agak serem tapi unik juga ya,,,

betul gan emoticon-Jempol

mayatnya cuma diletakin doang itu?
sederhana bgt gan
awas ntar TS di ikutin ma penghuni trunyan lho..
BTW, ane mejeng di pejwan.
emoticon-Ngakak emoticon-Cool
Seyeeeem..
Quote:Original Posted By dizhshredder
waduuh ngeri juga gan klo lewat situ ,,,

Spoiler for sepatu kereen:

Lumayan sih gan pas pertama ane kira ngeri tapi pas udah masuk biasa aja gan emoticon-I Love Kaskus

Quote:Original Posted By ilhameko12
mayatnya cuma diletakin doang itu?
sederhana bgt gan

betul gan emoticon-Jempol

Quote:Original Posted By Nocas
awas ntar TS di ikutin ma penghuni trunyan lho..
BTW, ane mejeng di pejwan.
emoticon-Ngakak emoticon-Cool

wahh agan nakut2in aja nih emoticon-Takut

emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
pasti bau mistisnya kuat bgd gan..
Quote:Original Posted By kulidata
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
pasti bau mistisnya kuat bgd gan..


bisa dibilang iya gan emoticon-I Love Indonesia

dafuq, tsnya serem gan emoticon-Takut
Quote:Original Posted By niceilham
dafuq, tsnya serem gan emoticon-Takut

serem agan kali agan kan emoticon-Betty
ane pernah tuh mampir kesana pake boat kecil,,
dan hebatnya tuh mayat ga bau emoticon-Big Grin
emoticon-Sundul lgi ahh
Penasaran bgt pengen kemari.. emoticon-Traveller