alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50e55e3a8327cfd36d000013/trik-analisa-hp-onlineshop-abal-abal
Trik Analisa HP onlineshop abal-abal
SELAMAT DATANG GAN
emoticon-Selamat SELAMAT TAHUN BARU 2013 emoticon-Selamat

Dijamin trit ane ini anti repsol emoticon-Big Grin
Spoiler for 'norepsol':

Langsung aja nih gan gaperlu basa basi emoticon-Big Grin

Quote:Pendahuluan
Quote:Aksi online-shop abal-abal sebenarnya sudah mulai teridentifikasi oleh para pengguna internet dan mayoritas pengguna internet kelihatannya memang mengetahui adanya aksi penipuan ini sehingga toko abal-abal ini makin sulit mencari korban. Ibarat perusahaan bisnis yang selalu mengembangkan produknya sebenarnya pemilik toko fiktif ini juga merasa ruang geraknya terbatas dan mencoba untuk memperluas calon korbannya. Kalau di lihat dari perkembangan situs fiktif yang tadinya berfokus hanya pada smartphone murah dan mulai merambah ke elektronik murah, perkembangan terakhir toko fiktif ini mulai menjual produk lain seperti baju dan produk kesehatan, namun modus operandinya sama dimana ia akan berusaha membodohi korbannya untuk percaya dan mengirimkan uang ke rekening penipu dan setelah itu ia akan menghilang, dari aksi ini kelihatan bahwa salah satu TO (Target Operasi) yang di incar adalah kaum hawa. Namun kelihatannya perpindahan bisnis ini kurang berhasil karena satu dan lain hal dan terlihat bahwa penipu mulai kembali pada produk lama smartphone dan elektronik namun kini sasaran yang di incar adalah pemilik handphone dan cara mencapai sasaran tersebut kalau selama ini mengutamakan pembajakan akun Facebook beralih menjadi menggunakan SMS dengan cara mengirimkan SMS Spam ke semua calon korbannya. Tujuannya jelas mencari sasaran di luar kalangan yang melek IT. Harap anda semua berhati-hati dan kontribusi aktif menginformasikan modus SMS penipuan ini kepada rekan-rekan anda akan meningkatkan kesadaran akan ancaman ini dan menekan munculnya korban baru.

Quote:Mulai menggunakan SMS
Quote:SMS (Short Message Service) merupakan komunikasi teks yang sempat merajai pengiriman pesan antar pengguna ponsel sebelum populernya aplikasi teks lainnya seperti BBM (Blackberry Messenger), Whatsapp dan messenger lain. Karena cakupannya yang sangat luas dan jelas lebih luas daripada pengguna komputer karena pemilik HP jauh lebih banyak dari pengguna komputer bahkan beberapa bank menggunakan SMS sebagai sarana untuk mengamankan transaksi perbankan (sebagai faktor tambahan dalam T-FA, Two Factor Authentication) atau bahkan melakukan transaksi finansial langsung melalui SMS. Secara sekuriti sebenarnya T-FA menggunakan SMS lebih beresiko dibandingkan token karena maraknya malware di smartphone khususnya Android namun dengan ancaman malware sekalipun hal ini akan mempersulit kriminal mengeksploitasi pengamanan internet banking dan jelas jauh lebih aman daripada pengamanan tanpa T-FA.
Pemilihan SMS ini jelas karena biayanya yang relatif lebih murah, cakupannya yang sangat luas melebihi pengguna komputer / internet dan satu faktor terakhir yang paling penting adalah SMS ini sifatnya pribadi dan berbeda dengan email, SMS akan langsung mencapai pemilik HP dan masih sangat sedikit saringan / filter atas SMS Spam. Hal ini sebenarnya secara tidak langsung terjadi karena adanya kepentingan operator yang mendapatkan keuntungan dari pengiriman SMS sehingga terkesan tutup mata atau bahkan secara tidak lagnsung mendukung pengiriman SMS Spam, baik iklan Kredit Tanpa Agunan (KTA), kartu kredit atau asuransi. Dan hal ini rupanya dimanfaatkan oleh penipu Batam Online ini yang mulai mengirimkan link situsnya ke nomor-nomor handphone dengan iming-iming harga handphone murah seperti gambar 1 di bawah ini


Spoiler for 'SMS tawaran akses situs online shopping palsu mituaraelektronik':


Quote:Pada gambar diatas, yang menawarkan Blackberry Porshce, Dakota dan Torch dengan harga yang sangat miring guna menjerat korbannya dan mengarahkan pada situs [url=http://www.mutiaraelektronik*Forbidden*.]www.mutiaraelektronik*Forbidden*.[/url] Sebagai catatan, domain *Forbidden* adalah domain level ke dua dari .cc milik Cocos Island, namun perlu anda ketahui *Forbidden* ini tidak ada hubungannya dengan Cocos Island dan second level domain tersebut ternyata dimiliki oleh perusahaan Korea yang menjualnya dengan sangat murah (hampir gratis) dan merupakan domain yang paling banyak digunakan untuk aktivitas jahat seperti mengirimkan SPAM dan menyebarkan malware. Bahkan Google akhirnya memutuskan untuk memblok lebih dari 11 juta domain *Forbidden* karena aktivitas jahat dari domain-domain *Forbidden* ini. Karena itu, jika ada perusahaan yang berjualan menggunakan domain *Forbidden* hampir dapat dipastikan merupakan perusahaan abal-abal alias fiktif. Dibandingkan .com, biaya mendapatkan *Forbidden* sangat murah dan dibandingkan .co.id perbedaannya antara langit dan bumi karena selain harus membayar biaya yang sama dengan .com, domain .co.id melakukan verifikasi seperti meminta tanda pengenal dan izin usaha yang walaupun terkesan merepotkan calon pemilik domain namun hal ini menyulitkan kriminal untuk menyalahgunakan domain .co.id dalam aksi kejahatannya. Ambil contoh kasus pemalsuan domain klikbca.com yang diplesetkan kilkbca.com, hal ini sangat sulit terjadi jika dimain tersebut adalah klikbca.co.id karena pendaftaran domain tersebut harus menunjukkan dokumen yang sah. Namun inilah yang membuktikan bahwa pengamanan / sekuriti berbanding terbalik dengan kenyamanan dimana kalau mau lebih aman tentunya harus lebih repot (bagi pemilik domain), bagi konsumen tidak akan ada bedanya dan karena itu Vaksincom menyarankan para pengguna jasa jualan online untuk mendukung penggunaan domain .co.id karena selian mendukung penggunaan domian Indonesia juga terbukti jauh lebih aman dibandingkan .com .... apalagi *Forbidden* emoticon-Stick Out Tongue.

Quote:Mengecek Kode Area HP
Quote:Dalam artikel ini saya ingin membantu anda mempersempit ruang gerak penipu dengan mengidentifikasi lokasi alamat yang di klaim dan dibandingkan dengan lokasi kode area telepon selular yang diberikan. Seharusnya jika onlineshop memang valid dan bukan fiktif akan berani memberikan nomor telepon SLJJ Batam 0778 (bukan HP) dan hal ini dapat kita jadikan sebagai salah satu tolok ukur keabsahan onlineshop tersebut. (namun jangan jadikan ini sebagai satu-satunya parameter pengambilan keputusan).
Sebagai gambaran pada situs www.mutiaraelektronik.com yang pada bagian kontaknya beralamat di Batam, Kepulauan Riau tidak mencantumkan nomor telepon lokal dan hanya mencantumkan nomor HP
087803368777

Spoiler for 'Mutiaraelektronik.com yang sampai saat ini masih aktif hanya memasang nomor HP':


Quote:Setelah dilakukan pengecekan, nomor HP tersebut ternyata tidak berdomisili di Batam dan merupakan nomor XL yang diperuntukkan bagi wilayah lain.

Analisa pada gambar 1 di atas, saat ini situs [url=http://www.mutiaraelektronik*Forbidden*]www.mutiaraelektronik*Forbidden*[/url] sudah di nonaktifkan tetapi data pengirim SMS 085323052088 menurut pengecekan Vaksincom adalah Kartu As untuk lokasi Bandung, tetapi nomor HP yang dihubungi untuk transaksi adalah 085230602345 adalah Kartu As untuk lokasi Surabaya dan tidak ada satupun yang berlokasi di Batam.

Sebagai contoh terakhir pada gambar 3 di bawah ini dimana informasi kontak pada situs mengklaim beralamat di Jln.Imam Bonjol Lantai Dasar Nagoya Hill Blok A No.27 Batam. Indonesia dengan nomor telepon yang dapat dihubungi 083891478787 dan setelah di cek oleh Vaksincom, nomor HP tersebut adalah nomor Axis yang berdomisili di Jakarta.

Spoiler for 'Batam-shop.blogspot.com yang mengaku beralamat di Nagoya Hill menggunakan HP Axis yang berdomisili di Jakarta':


Quote:Adapun daftar 12 onlineshop valid yang sudah di cek oleh Batam Watch dan daftar onlineshop abal-abal dapat dilihat DISINI

SUMBER

Quote:KESIMPULAN
Quote:Disini TS ingin mengajak ANDA / KASKUSER untuk berhati hati akan maraknya toko onlineshop abal abal yang mengatasnamakan berjualan di batam dan memsang harga semurah mungkin untuk menarik pelanggan.

Bayangin aja, moso harga DAKOTA yang di pasaran yang harganya kisaran 5.9 jt tau tau di onlineshop ngejual 2jutaan emoticon-Ngakak kebuat dari apa tuh layarnya emoticon-Big Grin . iPhone yang pasarannya 8 - 10 jutaan masa di onlineshop bisa 3 jutaan emoticon-Ngakak bisa dipencet gak tuh? emoticon-Big Grin

Sekali lagi, jangan mudah terpengaruh dengan harga murah! sekalipun dia jualan di batam, tetep aja harganya sama aja karna tu barang akan di kirim keluar batam yang akan kena pajak juga.


Quote:TS GAK MENGHARAP emoticon-Blue Guy Bata (L) ANE MENGHARAP emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Quote:SELALU BUDAYAKAN KOMENG DAN RATE 5 ++
Sedikit ane kasih tambahan tentang onlineshop abal abal emoticon-Big Grin

Quote:99 % toko yang mengatasnamakan Batam itu Fiktif

Quote:Batam adalah bagian dari provinsi Kepulauan Riau dan merupakan pulau dan kota terbesar di Kepri. Batam terkenal karena ia merupakan Free Trade Zone atau area perdagangan bebas bea sehingga banyak barang elektronik atau produk lain yang bisa didapatkan di Batam dengan harga yang “relatif” lebih murah daripada di bagian lain Indonesia. Rupanya hal inilah yang dimanfaatkan dengan baik sekali oleh para penipu yang lalu beramai-ramai mengeksploitasi nama Batam, termasuk alamat, domisili dan KTP Batam untuk meyakinkan korbannya bahwa memang benar toko tersebut asli.

Padahal dalam kenyataannya, setiap barang yang dikirimkan keluar dari Batam ke kota lain di Indonesia tetap akan dikenakan bea karena keluar dari Free Trade Zone dan pada akhirnya harga jual produk elektronik atau apapun akan sama dengan bagian lain dari Indonesia. Selain itu, ada barang yang marak disebut Black Market (BM) itu dikatakan lebih murah dari barang yang diedarkan oleh distributor resmi, “kalaupun” ada barang Black Market, tidak usah di Batam, di bagian mana saja dari Indonesia yang namanya barang Black Market itu memang lebih murah dari barang resmi, jadi tidak usah jauh-jauh ke Batam untuk mendapatkan barang BM murah, langsung saja ke pusat HP terdekat dan anda akan bisa mendapatkan produk yang anda inginkan dan jauh lebih aman dan pasti. Dan harap berhati-hati mencari barang berharga miring karena jika barang tersebut adalah hasil kejahatan (pencurian) maka anda akan mendapatkan bonus berurusan dengan Polisi karena menjadi penadah barang curian. Pengeksploitasian nama Batam ini semata-mata hanya untuk membutakan mata korbannya agar percaya dan melakukan transfer uang ke rekening penipu dengan iming-iming mendapatkan barang elektronik dengan harga miring.

Mengapa 99 % toko yang mengatasnamakan Batam itu fiktif ? Sebagai gambaran, database yang diberikan oleh Batam Watch sampai saat ini ada 734 page online shopping Facebook palsu, ditambah 151 situs online shopping Joomla palsu dan 218 situs online shopping blogspot palsu (semuanya ditujukan untuk pengguna internet Indonesia karena menggunakan domisili Indonesia dan bahasa Indonesia) sehingga total 1.103 situs palsu, dibandingkan dengan 12 toko online di Batam yang terdata oleh Batam Watch maka dapat dikatakan bahwa 12/1103 atau 99 % toko online elektronik yang pada umumnya mengatas namakan Batam itu adalah Fiktif / palsu.


Maaf yah kalo agan rada kesel liat kebanyakan warna merah emoticon-Big Grin karna saya ingin menandai kata kata penting yang mesti agan baca emoticon-Big Grin
Ane dapet mulu yang begituan emoticon-Nohope
Kalo yang ini asli gan,.. cekidot

Spoiler for wiih..:
sering bgt yg BC kyak gitu di hp emoticon-No Hope
Quote:Original Posted By iki.rizki
Ane dapet mulu yang begituan emoticon-Nohope


Coba sharing disini gan wab nya. Biar ane pajang di di #1 emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By xrizx01
Kalo yang ini asli gan,.. cekidot

Spoiler for wiih..:


Yah si agan malah promosi emoticon-Hammer

Yang boneng nih gan? Jangan jangan sama aja lagi emoticon-Big Grin
[CENTER]Trik Analisa HP onlineshop abal-abal[/CENTER]
Quote:Original Posted By fathuraza
sering bgt yg BC kyak gitu di hp emoticon-No Hope


Emang gan!

Gak cuma sms sasarannya. Whatsapp, bbm, semua di kirimin promosi2 palsu gajelas emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By DenyGunawan
[CENTER]Trik Analisa HP onlineshop abal-abal[/CENTER]


Yaduh agan malah jual emoticon-Hammer
Yang penting rate 5++ gan emoticon-Big Grin
dari hargnya yg kelewat murah juga udah keliatan gan..

sama promosinya paling tag foto di FB



holyweapon was here
Quote:Original Posted By holyweapon
dari hargnya yg kelewat murah juga udah keliatan gan..

sama promosinya paling tag foto di FB



holyweapon was here



Bener banget tuh gan.

Langsung aja report spam biar dihapus sama admin fb emoticon-Big Grin
Sekarng jualan onlineshop hape banyak banget, mending langsung ke toko aja emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By nasa.mydream
Sekarng jualan onlineshop hape banyak banget, mending langsung ke toko aja emoticon-Ngakak


Emang bener gan!
Ente mending langsung ke toko aja. Kalo gak seneng kan bisa dateng lagi ketempat itu buat protes.

Nah kalo online? Bagaikan bayangan yang langsung menghilang emoticon-Big Grin
Ayo gan ditunggu rate 5++ nya emoticon-Big Grin
emoticon-Sundul emoticon-Sundul
Masa trit ane sepi sih gan emoticon-Frown

Padahal ane udah buat serapih mungkin emoticon-Frown
wahh agan ane bantu :5rate deh dan emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Quote:Original Posted By kasandkus
wahh agan ane bantu :5rate deh dan emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Makasi gan emoticon-Big Grin

Ane udah buat rapih rapih masa sepi amat pengunjungnya emoticon-Frown

emoticon-Sundul emoticon-Sundul