alexa-tracking

Geng Motor Indonesia Zaman Pemerintahan Hindia Belanda

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50e524be1ed719a62d000017/geng-motor-indonesia-zaman-pemerintahan-hindia-belanda
Cool 
icon-hot-thread
Geng Motor Indonesia Zaman Pemerintahan Hindia Belanda
Quote:


Ternjata gang speda motor soeda ada di Batavia inih sedja taoen 1915. En kala itoe poenja djoeloe’ Motorfietsrijders te Batavia.
Menoeroet tjatatan Koninlijk Instituut voor Taal, Land en Volkenkunde (KITLV), itoe speda motor masoep ke Indonesia bolle pertama kalie dibawa samah oknuum van inggris, , John C. Potter pada taoen 1893.
Searih2 John C. Potter poenja gawe sebagih Masinis pertama di pabrik goela Oemboel, Probolinggo JATIM.
John C. Potter dikenal djoewa sebagih pendjoewal ijang dapet kepertjajaan Van Soenan Solo oentoe kassie oeroes kirimin mobil pertamanjah van eropah.
Dalam boekoe "Krèta Sètan (de duivelswagen)" dikisahken sepigimanah John CP memesan sendiri speda motor itoe ke pabriknjah, Hildebrand und Wolfmüller, di Muenchen, Djerman.
Itoe Oto tiba pada taoen 1893, satoe taoen sabloem mobil pertama poenja Soenan Solo (merk Benz tipe Carl Benz) tiba di Indonesia poen. Hal itoe mendjadiken John CP sebagih Oknuum pertama di Indonesia ijang menggoenain kendaraan bermotor. Selain itoe ada hal ijang bikin menarik djikalaoe kitaorang bolle amatin taoen kedatangan speda motor itoe.
Quote:


Oentoe’ kitaorang perloe ketahoei, speda motor pertama di doenija (Reitwagen) lahir di Djerman pada 1885 oleh Gottlieb Daimler en Wilhelm Maybach akentapih belon bolle didjoewal oentoe chalaja’ oemoem. Taoen 1893, itoe speda motor ijang pertama bolle didjoewal oleh pabrik speda motor Hilderbrand und Wolfmüller di Muenchen,Djerman. En masoep ke amerika pertama kali ketika seorang pemain sirkoes van prantjis membawanjah ke New Jork.
Djahadie, meski ijang membawanjah boekan priboemi, akentapih seboewa hal ijang loewar bijasa toh, ketika speda motor komersiil pertama ternjata e ternjata langsoeng dikirim ke Hindia Belanda (Indonesia) pada taoen pertama pemboewatannjah. Baroe taoen kedoewa kamoedian masope ke amerika.
Speda motor ini zonder rante en roda belakang bolle digera’in langsoeng oleh kroek as (crankshaft).
Meski oesijanajh bolle ratoesan taoen, itoe motor komersiil pertama di doenija soeda oesoeng teknologie ijang sampai kinih mingsih dipakai diantaranjah twin-silinder horizontal, 4 valve, berpendingin air, en berkapasitas mesin besar ijaitoe 1500 CC denagn bahan bakar bensin ataoe nafta.
Quote:


Kitaorang bolle hairan, meski mesin gedhe akentapih tenaga ijang dihasilken hanja 2,5HP sahadja pada 240rpm, beloem ada persneleeng, magnet bahkan Aki, Koil en kabel listrik. Diperloeken tempoh sekira 20 menit oentoe ngidoepin en kassie stabil itoe mesin.
Taoen 1932, speda motor inih ditemoe’in dalam keadan roesa’ di garasi di resident John CP en teronggo’ slama 40 taoen di podjo’an garasi tida terawatt en banja tejeng2 alijas karat. Berkat bantoewan mariner di Soerabaja, itoe motor direstorasi en disimpen di kantoor redaksi minggoewan de motor.
Itoe motor antic dibojong ke moesioem Laloe Lintas (Moesijoem Polisi) di Soerabaja ijang kemoedian taoen 1934 disoembangken ke Moesioem Negri Mpoe Tantoelar di Sidoardjo dengan nomer inventaris 10.81 kategori IPTEK, namoen memberiken deskripsi ijang beda, ijaitoe sebagih speda motor oewap merk Daimler.
Taoen 1988, di negri inih djoewa soeda adir speda motor roda tiga ijang menggoenaken tenaga baerai, ijang bernama De Dion Bouton Tricycle bikinan Perantjis, itoe motor bolle djoewa oentoe’ menarik penoempang .
Speda motot De Diob Bouton tjoekoep kondang en kawentar di masanjah. Speda motor laen terliat poela pada taoen 1902 ijang djoewa digoenain oentoe menarik wagon Ijaitoe Minerva (???) boewatan Belgia. Mesin Minerva tempoh itoe djoewa dipesan en digoenain pada merk motor laen poen sabloem bias memboewat mesin sendiri, diantaranjah ijalah Arel Motorcycles di Inggris.
Banja matjem merek speda motor ijang didjoewal di negri inh poen, van moelae Reading Standard, Excelsior, Harley Davidson, Indian, King Dick, Brough Superior, Henderson, sampai Norton.
Merek2 speda motor ijang adir di negri inihpoen dapat diliat van iklan2 speda motor ijang perna dimoewat di soerat chabar pada koeroen van taoen 1916-1926.
R.S Stockvis & Zonnen Ltd meroepaken sala satoe compagnie ijang tertjatat menjedia’in soekoe tjadang motor en mobil (djoega kassie moeda oeroes pesanan mobil2 van eropah maoepoen Amerika).
Pada taoen 1906, Administratur Bantool (Bantoel) di Djogdjakarta djoega terliat mempoenjai speda motor en beberapa mobil. Pada tempoh itoe maiming hanja orang Walanda en Inggris serta disoesoel para prijaji nigrat priboemi ijang mempoenjai kemapoewan oentoe beli speda motor pada masa itoe.
Seiring dengan semingkin bertambahnja djoemla mobil, djoemla speda motor poen teroes bertambah. Lahirla kloeb2 touring speda motor, ijang anggotanjah ijalah pengoesaha perkeboenan en para petinggi pabrik goela.

soember

Djika ada sala kata Ik mo'on maap poen ... emoticon-Malu (S)
image-url-apps
wah ternyata emang udh ada dr dulu ya
terdjemahan ...
emoticon-Big Grin
Quote:
KASKUS Ads
Quote:


akentapih kelakoewan beda sama geng motor tempoh kinih Boeng ... emoticon-Big Grin
kayaknya bukan geng motor tuh gan.... cuman pecinta motor aja emoticon-Ngakak
tjuman kawoela walanda satja jang poentja motor ja emoticon-Bingung (S),
periboemi boeleh ikoet kah?? emoticon-Big Grin

impoeh bagoes mneer joeragaan emoticon-2 Jempol
koe oerang poentja trit ek kasih emoticon-Rate 5 Star
baca dulu, panjang bener emoticon-Confused:

untung ada terjemahhannya emoticon-Big Grin
taunya dah ada dari dulu yah emoticon-Ngakak



emoticon-armylaw azhuracommunity NTB-BANDUNG
^^ alhamdulillah ada terdjemahannja tadinja ik oedah pegel batjanja
ini mah bukan geng motor sampah yg suka maling minimarket emoticon-Ngakak

kalo ada yg pengen gabung ke geng motor ane saranin mendingan ikut di geng motor ini
image-url-apps
kalo gak salah awalnya make motor sisa perang dunia
ini mah bkn geng" yg ribut mlu, pncinta speda mtr onthel...emoticon-Smilie
image-url-apps
wkwkkwkw..
ini maa mau ngejambret juga bisa dapet lagi modal lari..
paling ni mtr berapa kecepatannya..
hhe
Tapi kagak ade yang di modip kayak motor al4y sekarang ye Gan
Quote:


hanja priboemi ningrat ijang bolle ikoet ... kere??? liwat sadja emoticon-Big Grin

Quote:


Quote:


kalaoe tida ada terdjemahannjah bikin poesing jaaa? emoticon-Big Grin
nice inponja Gan...ijang bikin sadja emoticon-Bingung (S):
itoe motor ngisi bensinnja dimana..emoticon-Bingung (S):
apakah doeloe'poen soedah ada Pertamina..???
Quote:


pertamina dipastiken boeleom ada ... inih chabar diambil ketika mingsih djaman Hindia Belanda poen ... emoticon-Big Grin
itoe oeudah ada drag nga jah gan? djadi penasaran speed-nja temboes berapa detik
Wah, mantap tuh..
Pemiliknya pasti orang yang bener-bener kaya gan...
Quote:


samah sepeda onthel sadja tjepetnjah moengkin samah ... emoticon-Big Grin

Quote:


hanja orang walanda en kaoem Prijaji ningrat ...