alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50e501c705346afd46000017/salah-satu-mengapa-jakarta-sering-banjir-akhirnya-terungkap
Salah satu mengapa Jakarta sering banjir akhirnya terungkap
sry kl emoticon-Blue Repost

ane baru tw ternyata selain sampah, ini juga yang menyebabkan jakarta sering tergenang.....

Sudah Kecil, Tua Pula, Kalah dari Yogya

Mengapa sih Jakarta selalu banjir? Kini harus diakui jawabnya, salah satunya yaitu sistem drainase yang buruk. Karena ternyata oh ternyata drainase yang berupa gorong-gorong di bawah jalanan di Jakarta sangat kecil dan tua. Kalah dengan daerah.

Drainase di sepanjang jalan Sudirman-MH Thamrin misalnya cuma type I alias kelas mikro. Lubang resapan di sisi jalan hanya berdiameter 60 cm. Resapan ini tersambung dengan gorong-gorong di bawah trotoar yang memiliki diameter 80 cm.

“Di bayangan saya, di bawah jalan-jalan di Jakarta gorong-gorongnya besar, bisa untuk sepak bola, tapi kenyataannya Cuma 60 cm,” kata Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) geram setelah masuk gorong-gorong di Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Terang saja, gorong-gorong kelas mikro itu tak mampu menampung beban curah hujan yang banyak. Pada Sabtu, 22 Desember 2012, misalnya hujan turun selama 2 jam. Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta mencatat, curah hujan pada saat itu mencapai 150 mm. Sedangkan drainase berupa gorong-gorong di ruas jalan pusat bisnis di ibu kota itu, hanya memiliki kapasitas 20 mm.

[URL="http://news.detik..com/read/2013/01/01/101316/2130486/159/sudah-kecil-tua-pula-kalah-dari-yogya"]sumber[/URL]
harus d perhitungkan lgi nih gan emoticon-Big Grin
rombak besar-besaran!!
wah salah insinyur terdahulu nih gan


pantes tuh sering banjir emoticon-Bingung




Best Regards,
WSSChanger
solusi secara teknis ya berarti buat gorong2 yang lebih mumpuni.
tapi solusi lain juga ga boleh diabaikan, yaitu ubah perilaku masyarakat supaya ga buang sampah di sembarang tempat. emoticon-Big Grin
sudahh

di rombak saja emoticon-siul
sampaikan ke pak jokowi gan...
mesti di bangun ulang donk drainasenya emoticon-Bingung (S)
harus cepat di betulin gan, kalo kaga makin ninggi aja banjirnya
Bukannya masalah gorong2 kecil sdh dibahas dari dulu ?
rahasia umum gan emoticon-Cool
Kecil banget yak 60 cm, harusnya kyk di film2 amrik tuh, gorong-gorongnya gede-gede. Semoga cepet ada solusinya supaya tidak terjadi lagi banjir besar di Jkt.
iya betul gan
Perencanaan Wilayah Kota nya juga kurang bagus emoticon-Frown

btw, ane nitip ya emoticon-Malu (S)
Kaos Engineer Termurah SeKaskus!!
thanks gan emoticon-Smilie
slaen itu juga
banyak tuh orang2 yang masik blom sadar
akan buang sampah sembarangan
itu juga bisa nyebabin banjir
^_^
Mantap pak jokowi,,, bosa lihat gorong gorong di jakarta , dan menemukan solusi penbenahan jakarta dari banjir ,,,, selama beberapa dekade , gubernur jakarta , baru kali ini yang bisa menemukan solusi masalah banjir ,,, gubernur yang lain cuma bisa main gusur aja emoticon-Ngakak
gmna kgak banjir . . ,hadeuh .
Kynya masalah yg simpel tp solusinya gak ketemu2 juga,apalagi kalo uda menyangkut kesadaran masyarakat soal sampah emoticon-Cape d...
bererti buruk banget ya tatanan
kota nya
tapi faktor utama nya ya karna sampah yang dibuang sembarangan kali gan emoticon-No Hope
×