alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50e4fc18582acf9735000015/10-film-adaptasi-novel-tersulit
10 Film Adaptasi Novel Tersulit
Tak semua novel yang dibuat jadi film mampu meraih sukses. Tapi 10 film ini berhasil melakukannya.

10 Film Adaptasi Novel Tersulit

Quote:Film yang diadaptasi dari buku-buku populer memang semakin banyak dari tahun ke tahun. Beberapa di antaranya berhasil memperoleh kesuksesan yang luar biasa, seperti Harry Potter, The Lord of the Rings, Twilight, hingga The Hunger Games. Para petinggi studio pun jadi semakin bersemangat untuk mengadaptasi buku populer ke medium film.

Akan tetapi, tidak semua buku best-seller memiliki materi dan cerita yang mudah untuk diadaptasi ke dalam medium film. Tak jarang, proses adaptasi dan pengembangannya tersebut yang melibatkan sineas yang berkompeten makan waktu bertahun-tahun. Ada pula yang tak pernah sampai tahap syuting. Tapi banyak juga yang berhasil jadi film layar lebar dan kemudian sukses.


Nah, berikut beberapa film yang dinilai berhasil mengadaptasi materi dari buku ke layar lebar.

Quote:1. LIFE OF PI (2012)
10 Film Adaptasi Novel Tersulit
Quote:The Film
Setelah berganti-ganti sutradara sejak pembelian hak adaptasi novelnya di tahun 2003, sutradara pemenang Oscar, Ang Lee, akhirnya ditunjuk untuk menangani proyek film adaptasi Life of Pi, dan memulai proses pengembangannya sejak tahun 2009.

Didukung kucuran budget 120 juta dolar AS dari 20th Century Fox, Life of Pi berhasil mendapat sambutan yang menggembirakan dari kritikus dan para pecinta film. Sebab, film ini tidak hanya memberi sajian visual yang spektakuler, tetapi juga narasi yang berkelas dan pesan-pesan kehidupan yang tersampaikan dengan baik di sepanjang durasi 127 menitnya itu.

Para penggemar berat novelnya juga mengaku puas dengan film, yang mendapatkan tiga nominasi Golden Globe 2013 ini—salah satunya adalah nominasi film terbaik.


Spoiler for Why?:


Quote:2. WATCHMEN (2009)
10 Film Adaptasi Novel Tersulit

Quote:The Film
Zack Snyder ditunjuk Warner Bros untuk menangani proyek film adaptasi Watchmen tersebut. Alasannya, film 300 garapan Snyder sukses secara komersil dan dipuji-puji oleh para fans komik 300, karena setia pada tata visual film komiknya.

Hasil akhirnya tidak mengecewakan, karena Zack berhasil mentransfer kisah Watchmen ke layar lebar secara nyaris sempurna, dengan sedikit perubahan pada ceritanya untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Meski demikian, beberapa kritikus menganggap Watchmen sebagai film yang terlalu kompleks untuk dapat dipahami dalam sekali tonton. Apalagi, muatan adegan aksinya terlalu minim untuk ukuran film superhero.

Kritikus film Roger Ebert pun memberi nilai sempurna untuk Watchmen dan para geek juga banyak yang memuji-muji film ini sebagai salah satu film superhero terbaik sepanjang masa. Bagaimana dengan kamu?


Spoiler for Why?:


Quote:3. LOLITA (1962)
10 Film Adaptasi Novel Tersulit
Quote:The Film
Stanley Kubrick melakukan banyak perubahan pada materi novel terbitan tahun 1955 ini agar filmnya dapat lulus sensor. Ia menceritakan kisah cinta antara Lolita dan Prof. Humbert secara tidak blak-blakan dan meminimalisir erotisme yang tampil kuat di novelnya. Sebagai gantinya, Kubrick menceritakan kisah tersebut melalui bahasa visual, bahasa tubuh, dan dialog yang dapat meyakinkan penontonnya bahwa kedua insan tersebut sedang memadu kasih.

Meski bekerja di bawah tekanan dari banyak pihak, hasil akhir filmnya dipuji-puji oleh kritikus dan mendapatkan nominasi Oscar untuk kategori Best Screenplay.


Spoiler for Why?:


Quote:4. CLOUD ATLAS (2012)
10 Film Adaptasi Novel Tersulit
Quote:The Film
“If it can be written or thought, it can be filmed.” Quote dari Stanley Kubrick ini tepat untuk menggambarkan usaha dan ambisi Andy Wachowski, Lana Wachowski serta Tom Tykwer dalam mengadaptasi novel Cloud Atlas ke medium film. Mereka bahkan nekat mengumpulkan dana dari berbagai studio film German dan menggunakan tabungan mereka sendiri. Cloud Atlas pun menjadi film independen termahal sepanjang masa dengan budget 100 juta dolar AS.

Dengan sambutan yang kurang lebih mirip seperti yang diterima film The Tree of Life pada tahun 2011, Cloud Atlas juga bukan film yang ditujukan untuk semua orang. Hal ini terlihat dari sama banyaknya jumlah penonton yang menyukai dan membenci film tersebut. Banyak kritikus yang memuji Cloud Atlas sebagai film yang ambisius, indah, orisinil dan thought-provoking.

Cloud Atlas berhasil mendapat nominasi Golden Globe 2013 untuk kategori Best Original Score.


Spoiler for Why?:


Quote:5. COSMOPOLIS (2012)
10 Film Adaptasi Novel Tersulit

Quote:The Film
Sutradara David Cronenberg lalu dipuji berhasil menangkap kebrutalan, kecerdasan dan pendalaman sisi psikologis yang kompleks seperti yang disajikan Don DeLilo dalam novelnya. Meski demikian, cerita dan keunikan yang tidak biasa yang diusung film ini membuat banyak masyarakat kurang menyukai Cosmopolis.

Cosmopolis mendapat nominasi Palme d’Or di Cannes Film Festival dan menduduki peringkat ke-8 dalam daftar film terbaik tahun 2012 versi majalah film populer Sight & Sound.


Spoiler for Why?:


Quote:6. WHERE THE WILD THINGS ARE (2009)
10 Film Adaptasi Novel Tersulit
Quote:The Film
Beragam pengembangan sejak tahun 1980-an terjadi. Film ini pun berpindah-pindah tangan, mulai dari Disney, Universal hingga Warner Bros. Akhirnya, film adaptasi Where the Wild Things Are garapan Spike Jonze berhasil mengekspansi kisah buku cerita aslinya menjadi film live action berdurasi 100 menit dan mendapat sambutan positif dari kritikus ketika dirilis pada Oktober tahun 2009. Akan tetapi, tak sedikit juga penonton yang tidak menyukai film ini, karena tone-nya cenderung kelam tidak cocok untuk anak-anak.


Spoiler for Why?:


Quote:7. THE LORD OF THE RINGS TRILOGY (2001-2003)
10 Film Adaptasi Novel Tersulit
Quote:The Film
Beberapa sineas sudah mencoba untuk mengadaptasi novel tersebut ke dalam medium film, salah satunya yang berhasil adalah film animasi The Lord of the Rings berdurasi 132 menit yang dirilis tahun 1978. Sayangnya, film tersebut mendapat sambutan negatif dari para pecinta film dan juga fans novelnya.

Bertahun-tahun kemudian, Peter Jackson yang kala itu masih kurang terdengar namanya, berusaha mengadaptasi novel tersebut ke medium film, dan memutuskan untuk syuting tiga film sekaligus secara back-to-back demi meminimalisir budget.

Hasilnya, ketika dirilis pada tahun 2001-2003, trilogi The Lord of the Rings sukses besar baik secara kualitas dan di tangga box office serta menetapkan standar untuk film-film fantasi di tahun-tahun mendatang. Film ini juga melambungkan nama Peter Jackson sebagai salah seorang sineas papan atas Hollywood. Trilogi The Lord of the Rings juga berhasil mengumpulkan 17 piala Oscar dan 4 piala Golden Globe.


Spoiler for Why?:



Quote:8. AMERICAN PSYCHO (2000)
10 Film Adaptasi Novel Tersulit
Quote:The Film
Film American Psycho garapan Mary Harron ini berhasil mendapatkan pujian dari kritikus berkat pencampuran antara horor dan komedinya yang dianggap baik. Tetapi harta berharga yang dimiliki oleh film ini sebenarnya adalah akting spektakuler Christian Bale yang memerankan Patrick Bateman.

Spoiler for Why?:


Quote:9. PSYCHO (1960)
10 Film Adaptasi Novel Tersulit

Quote:The Film
Ketika perilisannya, Psycho mendapat sambutan yang kurang menggembirakan dari kritikus. Akan tetapi, masyarakat sangat menyukai film ini, dan membuat Psycho menjadi film Hitchcock yang paling sukses di tangga box office dunia.

Seiring perkembangan waktu, Psycho semakin dicintai oleh masyarakat, kritikus dan dapat dikatakan sebagai pencetus lahirnya genre slasher di dunia perfilman. Hingga kini, Psycho dikenal sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa.

Ambisi dan kesulitan yang dialami Hitchcock dalam merampungkan proyek film adaptasi Psycho ini diceritakan kembali di film Hitchcock yang telah dirilis pada November lalu di Amerika Serikat, dengan Anthony Hopkins sebagai pemeran utamanya.


Spoiler for Why?:


Quote:10. ADAPTATION (2002)
10 Film Adaptasi Novel Tersulit
Quote:The Film
Di antara list di atas, Adaptation adalah film yang memiliki kasus paling unik, karena film ini tidak berkisah mengenai The Orchid Thief, melainkan kisah “curhat” Charlie Kaufman sendiri yang mengalami depresi ketika menulis naskah adaptasi buku tersebut. Uniknya, alur cerita dan beberapa tokoh dari buku tersebut juga dimasukkan ke dalam filmnya. Termasuk John Laroche dan Susan Orlean, sang penulis buku The Orchid Thief.

Film dengan cerita yang dapat dikatakan cukup nyeleneh ini justru mendapat sambutan positif dari kritikus dan berhasil memenangkan piala Oscar untuk kategori Best Supporting Actor dari empat nominasi yang diperolehnya. Dan, sampai sekarang, kisah The Orchid Thief belum pernah diadaptasi ke film layar lebar secara utuh.


Spoiler for Why?:


Ada lagi film-film hasil adaptasi novel yang menurut kamu punya kualitas yang baik? Mari di-share di sini. emoticon-Angkat Beer

Sumber
thank's infonya, gan
masi bnyk yg ditonton
By The Way, Life Of Pie, memang mantap lah, setting yang sempit terus cerita yang penuh makna kehidupan, kalo Ang Lee jangan ditanya lagi dia kan, liat film Brokeback Mountain, bisa diganjar Oscar untuk kategori sutradara terbaik, meski film-nya kurang enak ditonton gara-gara menceritakan seorang homoseks.
TLOTR itu bagus gan, tapi ane heran kok ga dibikin kaya The Hobbit aja biar puas emoticon-Malu (S)
The Game of Thrones
Life of Pi, keren banget. Gua suka sama sinematografinya sama permainan aspect rasionya.
Ane suka banget Life of Pi
mantap gan, emoticon-Sundul
×