alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50e45e017b1243741200000d/pohon-nerakaperlu-puluhan-tahun-untuk-mengembalikan-kesuburan-tanahnya
Pohon NERAKA,perlu puluhan tahun untuk mengembalikan kesuburan tanahnya
Pohon NERAKA,perlu puluhan tahun untuk mengembalikan kesuburan tanahnya
sejarahnya
Kelapa sawit (Elaeis guineensis) berasal dari kawasan tropis Afrika, tersebar di hutan hujan Sierra Leone hingga Kongo, Republik Demokratis Kongo. Spesiesnya dikenalkan pada Malaysia pada awal abad ke-20 dan pertama kali ditanam untuk tujuan komersial pada tahun 1917.

Kelapa sawit didatangkan ke Indonesia oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1848. Beberapa bijinya ditanam di Kebun Raya Bogor. Pada saat yang bersamaan meningkatlah permintaan minyak nabati akibat Revolusi Industri pertengahan abad ke-19. Dari sini kemudian muncul ide membuat perkebunan kelapa sawit.

Pada tahun 1911, kelapa sawit mulai diusahakan dan dibudidayakan secara komersial dengan perintisnya di Hindia Belanda adalah Adrien Hallet, seorang Belgia, yang lalu diikuti oleh K. Schadt. Perkebunan kelapa sawit pertama berlokasi di Pantai Timur Sumatera (Deli) dan Aceh. Luas areal perkebunan mencapai 5.123 Ha. Hingga menjelang pendudukan Jepang, Hindia Belanda (Indonesia) merupakan pemasok utama minyak sawit dunia. Semenjak pendudukan Jepang, produksi merosot hingga tinggal seperlima dari angka tahun 1940. Usaha peningkatan pada masa Republik dilakukan dengan program Bumil (buruh-militer) yang tidak berhasil meningkatkan hasil, dan pemasok utama kemudian diambil alih Malaya (lalu Malaysia).
Baru semenjak era Orde Baru perluasan areal penanaman digalakkan, dipadukan dengan sistem PIR Perkebunan. Perluasan areal perkebunan kelapa sawit terus berlanjut akibat meningkatnya harga minyak bumi sehingga peran minyak nabati meningkat sebagai energi alternatif.

Beberapa pohon kelapa sawit yang ditanam di Kebun Botani Bogor hingga sekarang masih hidup, dengan ketinggian sekitar 12 m, dan merupakan kelapa sawit tertua di Asia Tenggara yang berasal dari Afrika.

Spoiler for Manfaat Kelapa Sawit:


Spoiler for dampak kerugian:


Indonesia telah mengumumkan rencananya untuk melipatgandakan produksi minyak kelapa mentahnya pada tahun 2025, suatu target yang akan membutuhkan 2 kali lipat peningkatan di hasilnya - sesuatu yang sangat mungkin melihat dari keberhasilan negara tetangganya Malaisya - atau justru memperluas daerah yang akan ditanami kelapa sawit. Laporan tersebut menyebutkan bahwa Indonesia sepertinya akan menggunakan kedua pilihan yang ada. Sesuai usulan investasi tahun 2005, yang dibuat oleh Perusahaan Perkebunan Negara PT Perkebunan Nusantara (PTPN), Indonesia akan mengembangkan sekitar 1,8 juta hektar di kawasan perbatasan Indonesia-Malaysia, dimana kebanyakan sisa hutan yang lengkap masih ada.

lagi lagi ngikut malaysiaemoticon-Cape d... (S) ...asal tahu aja ya..malaysia sekarang udah pintar..dia cukup invest perkebunan kelapa sawit aja diindonesia..kalau udah ga panen dia cukup kabur meninggalkan tanah indonesia yang kering kerontang Pohon NERAKA,perlu puluhan tahun untuk mengembalikan kesuburan tanahnya
Pict nya mana gan ?
Quote:Pohon NERAKA,perlu puluhan tahun untuk mengembalikan kesuburan tanahnya

pohon neraka?? emoticon-Bingung
gara-gara pohon neraka ini hutan di kalimantan dan sumatra habis dijadikan perkebunan kalapa sawit, satwa khas kalimantan orang utan gak punya pohon untuk tinggal, perusahaan kelapa sawit menganggap mereka hama, dan diburu dan dibunuh orang utan emoticon-Marahemoticon-Marah
betul gan..
Kemarin bulan Desember waktu ane ikut pameran di Hotel Westin Nusa Dua sekalian ada Konvensi Perkebunan Kelapa Sawit seluruh Indonesia, peserta pameran dan konvensinya banyak yang dari Malaysia. Sungguh..TERLALU...
Tanpa pohon neraka ini kalian harus beli barang2 turunan oleochemical bahkan obat-obatan dengan harga mahal..

Jadi apa pilihan lu gann...

Lu terlalu banyak mimpiin hal-hal yang ideal.. Ini dunia fana bray..bukan surga

emoticon-Cool
bahaya dong kalo pohon sawit begitu
buka gan



Posted with KaskusQR
kelapa sawit itu pohon neraka? baru tau emoticon-Big Grin
ohhh... kelapa sawit to



holyweapon was here
[QUOTE=holyweapon;50e56f02582acfe306000000] ohhh... kelapa sawit to



iya bener sis....emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul
Kesalahan terbesar adalah dari segi pemerintah Gan. Ane bilang gitu karena pemerintah seharusnya orang yang bener-bener kompeten di bidangnya. Untuk kasus di thread Agan, dari pihak pemerintah mungkin kolaborasi konsistensi keberpihakan kepada rakyat ada pada Kementerian Pertanian, Kementerian Kehutanan, Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Kementerian Koordinator Perekonomian yang paling bisa diminta pertanggung jawabannya.


Quote:"Buat yang mau ada surprise buat pasangannya, bisa diklik (dijamin ga ngecewain deh)".
waduh ada jga pohon gt an gan emoticon-Matabelo
kapan suburnya
Mengkhawatirkan emoticon-Matabelo
Berarti bukan salah pohonya dong gan.. Tp salah perusahaan yang mungkin gak bisa mengolah tanahnya dengan benar yang berakibat buruk bagi lingkungan sekitar..
di perbaungan bnyak tuh pohon gituan gan..
Ane g suka kelapa sawit krena ane liad prusahaannya suka nebangin pohon, agan liad sndiri orang utan aja dibakar, pdahal orang utan g salah, yg salah manusianya, wong habitat orang utannya diambil dbuat lahan kelapa sawit emoticon-No Hope
ada manfaat ada jg ruginya emoticon-I Love Indonesia
pict pohoonnya mana gan
kok malah penjelasan perusakan hutan
Kebanyakan pohon kelapa sawit ga bagus, sedikit juga gabagus.

Sepertinyaa pemerintah harus turun tangan? emoticon-Bingung (S)
trs pohon surga nya apa gan? emoticon-Big Grin