alexa-tracking

Putra-putri Indonesia mampu mengoperasikan PLTN

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50e404e8562acf2726000014/putra-putri-indonesia-mampu-mengoperasikan-pltn
Putra-putri Indonesia mampu mengoperasikan PLTN
Putra-putri Indonesia mampu mengoperasikan PLTN

Sampai saat ini memang Indonesia belum mempunyai atau mengoperasikan PLTN (pembangkit listrik tenaga nuklir), akan tetapi didasari oleh pertimbangan bahwa kebutuhan energi listrik nasional mengalami peningkatan terus seiring dengan pertumbuhan ekonomi sedangkan cadangan sumber energi fosil, khususnya minyak bumi, sudah semakin menipis, maka pilihan untuk mulai membangun dan mengoperasikan reaktor nuklir sebagai pembangkit tenaga listrik tidak dapat dielakkan lagi.

Wajar saja kalau muncul pertanyaan atau keraguan di masyarakat bahwa SDM Indonesia mampu mengoperasikan PLTN, karena memang belum mempunyai pengalaman untuk itu. Sebagaimana implementasi teknologi baru lainnya, SDM pendukung teknologi tersebut harus dipersiapkan sebelumnya, bahkan mungkin diperlukan waktu yang cukup panjang tergantung pada tingkat kerumitan atau kecanggihan dari teknologi tersebut. PLTN merupakan salah satu fasilitas yang menerapkan teknologi canggih dan kompleks walaupun begitu bukan berarti bahwa SDM Indonesia tidak mampu mengoperasikannya.

Pada dasarnya, daerah kerja di fasilitas PLTN dapat dibedakan menjadi dua daerah yaitu daerah nuklir (nuclear island) yang meliputi reaktor nuklirnya itu sendiri, yang berfungsi sebagai pembangkit panas, dan daerah bukan nuklir (non nuclear island) yang meliputi turbin, generator, dan peralatan lainnya yang berfungsi untuk membangkitkan listrik dan mendistribusikannya. Fasilitas lain pendukung segala jenis reaktor nuklir nuklir, termasuk reaktor nuklir penelitian, adalah fasilitas pengolahan limbah radioaktif.

Spoiler for daerah kerja pltn:




Spoiler for mekanisme pengembangan sdm:


Sejak tahun 2008 Pusdiklat BATAN yang bergabung di dalam Tim Nasional Penyiapan SDM PLTN secara khusus telah menyusun dokumen teknis tentang analisis kebutuhan pelatihan bagi SDM PLTN serta telah mulai menyiapkan fasilitas laboratorium dan bahan ajarnya. Sehubungan dengan penyiapan SDM PLTN ini, Pusdiklat BATAN maupun tim nasional telah menjalin kerjasama dengan beberapa negara produsen PLTN diantaranya Jepang dan Korea, serta aktif berpartisipasi dalam forum internasional/regional misalnya IAEA (International Atomic Energy Agency), ANSN (Asian Nuclear Safety Network), dan FNCA (Forum for Nuclear Cooperation in Asia).

Berdasarkan pengalaman yang telah dimiliki serta persiapan yang telah direncanakan maka tidak perlu diragukan lagi bahwa putra-putri Indonesia akan mampu mengoperasikan PLTN pada saat fasilitas PLTN pertama nanti beroperasi.


sumber


Kadang masyarakat Indonesia sendiri yang tidak percaya dengan putra-putri negeri sendiri sehingga banyak putra Indonesia yang memajukan negara lain, karena di negeri sendiri kurang dihargai.
Bagus nih gan, ayo indonesia semangat, semoga semakin terdepan, dan dengan adanya PLTN nanti listrik di indonesia tidak akan padam
Quote:


setuju gan, enrgi alternatif ini yang paling bisa diandalkan untuk supply listrik masa depan

Threadnya kok sepi... emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Keep Posting aja gan... emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Kaskus (S)



bagus gan emoticon-thumbsup
suatu kemajuan pesat emoticon-Cendol (S)



Best Regards,
WSSChanger

Jika benar berita ini... semoga Indonesia mempunyai PLTN...
Nuklir for better life... Keep Posting...
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Kaskus (S)
hebat gan emoticon-2 Jempol
Quote:
Quote:


semoga gan, banyak hal yang jadi penentu indonesia mengoperasikan pltn...
namanya operator...tinggal baca manual

nenek nenek juga bisa...

bikin bisa kagak emoticon-Cape deeehh
Quote:

makasih gan ane udah lama ga ngepost nih
Quote:


bener banget, sebenernya orang indonesia pnter pinter jangan sampai dimanfaatkan negeri orang
Quote:


Quote:

emang menurut ane udah wajib gan, sekarang aja udah pada ngeluh pemadaman listrik bergilir. artinya kekurangan pasokan listrik, apalagi nanti
Quote:


semoga sesuai harapan kita tidak ketinggalan, dan semua pihak mendukung.