alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Penumpang Sambut Gembira Putusan MA Hukum AirAsia Rp 50 Juta
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50e3a7868227cf8a15000006/penumpang-sambut-gembira-putusan-ma-hukum-airasia-rp-50-juta

Penumpang Sambut Gembira Putusan MA Hukum AirAsia Rp 50 Juta

Jakarta - Mahkamah Agung (MA) tetap menghukum maskapai penerbangan internasional AirAsia karena membatalkan penerbangan secara sepihak. Penumpang AirAsia, Hastjarjo Boedi Wibowo, menyambut gembira atas putusan MA itu.

"Alhamdulillah. Ternyata MA memberikan keadilan bagi kita yang sebagai penuntut keadilan. Artinya ini suatu pencapaian postitif bagi MA sendiri," kata Boedi saat berbincang dengan detikcom, Selasa (2/1/2013).

Putusan ini di luar dugaan Boedi. Apalagi beberapa waktu lalu MA tengah dilanda masalah dan didera isu miring berbagai perkara.

"Buat aku, baik dan buruk, itu eksperimen. Mungkin orang lain mengalami itu seperti apa yang yang terjadi diberitakan di media. Ini tools bagi MA untuk berpihak kepada pencari keadilan," sambung dosen di Universitas Bina Nusantara Jakarta ini.

Meski proses hukum yang dilalui Boedi memakan waktu cukup lama, dia berpesan supaya masyarakat optimis dalam menggugat. Sebab apabila konsumen tidak menggugat, maka menjadi preseden buruk atas pembatalan jadwal sepihak tersebut.

"Awal memasukkan gugatan saya nothing to lose dan sabar saja. Dengan putusan ini, memberikan pembelajaran bagi produsen dan konsumen tidak dinjak-injak haknya," ucapnya.

"Bagi saya, dikabulkannya gugatan immateril Rp 50 juta anggap saja sebagai bonus sebab kejadiannya sudah sangat lama," sambung Boedi.

Seperti diketahui, Boedi mendapat undangan untuk menjadi pembicara tunggal pada Workshop Program Studi Desain Komunikasi Visual Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2008.

Untuk memenuhi undangan tersebut, Hastjarjo memesan dan membeli tiket pesawat dengan jadwal penerbangan 12 Desember 2008 pukul 06.00 WIB dari Jakarta menuju Yogyakarta dengan nomor penerbangan QZ7340. Boedi juga membeli tiket pulang pada 14 Desember 2008 pukul 16.32 WIB dari Yogyakarta menuju Jakarta dengan nomor penerbangan QZ7345.

Tanggal 11 Desember 2008 pukul 14.00 WIB, Boedi menerima SMS dari AirAsia yang berisi "AIRASIA: YOUR FLIGHT QZ7340 CGK-JOG 12DEC08 AT 06.00 MOVED TO QZ7344 AT 15.05, INFO CALL 021-50505088. SORRY FOR THE INCOVENIENCE CAUSES. THANK YOU Sender: AIRASIA." Dengan adanya pembatalan tersebut, agenda Boedi menjadi terkendala karena Boedi menggunakan transportasi lain dengan mendadak.

Atas pembatalan sepihak ini, Boedi menggugat AirAsia dan dikabulkan oleh Pengadilan Negeri (PN) Tangerang pada 2 Februari 2010. Tidak terima, AirAsia mengajukan banding tetapi Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta pada 18 Oktober 2010 menguatkan vonis PN Tangerang.

AirAsia lalu mengambil perlawanan hukum terakhir ke MA tetapi kandas. "Menolak kasasi PT Indonesia Air Asia," demikian lansir panitera MA dalam websitenya, Rabu (2/1/2013).

Putusan ini diketok oleh ketua majelis hakim Dr Abdurrahman dengan anggota Dr Sofyan Sitompul dan Habiburrahman. Putusan bernomor 1391 K/PDT/2011 ini diketok pada 22 November 2012 dengan panitera pengganti Suhardi.[URL="http://news.detik..com/read/2013/01/02/095732/2130923/10/penumpang-sambut-gembira-putusan-ma-hukum-airasia-rp-50-juta?9911012"]SUMBER[/URL]
gak garuda,air asia,sampai sriwijaya air emang ada delaynya mending garuda gak parah bgt delay nya walaupun mahalllll...dibanding yg lainnya,hehehe..
Diubah oleh albertus2008
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
lagian maen batalin ad konpensasi ngkemoticon-Bingung (S)
Post ini telah dihapus oleh dpk4212
sundul gan emoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Up
kalo gak dihukum makin semena2 sama penumpang
Untung baru gocap, belum maen eMber2an.. emoticon-Ngakak (S)

tapi pelajaran juga bagi konsumen nih, jangan takut untuk men-kasus-kan kejadian kurang mengenakan jika pelayanan yg kita terima tidak baik dari pihak pertama emoticon-Big Grin

VOTE RHOMA & ACENG

[URL=[url]https://www.kaskus.co.id[/url]/thread/50bdf1227d1243887b000000/rhoma-amp-aceng-pilihan-tepat-2014/]Rhoma & Aceng. Pilihan Tepat 2014[/URL]
Kok si macan aer yang lebih sering ngeyel kagak pernah diseret ke pengadilan?
semoga bisa jadi pelajaran maskapai dan mbakkapai yg lain emoticon-thumbsup
wekekekek akhirnya kakak ane menang gan emoticon-Smilie mantap
semoga jadi pengalaman yang berharga buat aer lainnya emoticon-Smilie

Quote:

selamat gan :Shakehand:
Quote:


emoticon-Shakehand2 gan
lagian enak bner ngebatalinnya.. kasih ganti rugi juga enggak emoticon-Cape d... (S)
rasain noh.. biar yg lain musti mikir dan kasi kompensasi klo ada pembatalan.. dikira mo brangkat leha2 apa emoticon-Mad (S)
Quote:


siapa tuh gan..macan aer nya hehehe..
sip. case ini bisa jadi basis argumen klo hal sm terjadi n ada maskapai dituntut krn pembatalan sepihak
rancu sih, tapi gapapalah tuntut aja secara ini maskapai sering banget bikin onar emoticon-Ngakak
wah kejadian dah lama banget yak.....baru kemarin putusannya.......ckckckckck...
mantep dah... mudah2an singa udara juga kena....
bagusss .......... biar jadi pelajaran buat produsen gak semena2 terhadap konsumen
Menurut gue tuntutan 50 jt masuk akal sehingga MA menolak kasasi airasia..

jadi bagi konsumen yang ingin tuntutannya di penuhi tuntut lah dengan jumlah yang logis biar pengadilan juga menganggap kerugian yang kita terima sesuai...
masih mending air asia dituntut ganti rugi masih mau

gak kayak si singa udara itu,
delay 2,5 jam gak mau dituntut, penumpang disuruh tnggu dalem
pesawat tanpa ac. emoticon-Ngakak (S)
masalah delay men delay, ini adalah kendala trafik jam yang OVERLOAD dari pengelola bandara...mana ada sech perusahaan penerbangan yang jadwalnya kacau berurut kebelakang dan merugikan perusahaan penerbangan nya sendiriemoticon-Najis cuman orang gobok aja ga mikir baca dari mediaemoticon-Kiss
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di