alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50e130bf20d719b46e000010/overland-tour-jakarta---bima-ngebis-56jam-30menit
[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit
hola gan....

ane mau share kisah perjalanan ane ke Bima naik bis dari Jakarta. kenapa ane milih naik bis?
- ongkosnya murah
- bisa liat pemandangan
- ane seorang OBL mania

di bima ane gak punya tujuan, intinya sih pengen tau aja dari Jakarta ke Bima itu kayak gimana, karena gak ada tujuan juga, makanya ane menerima ajakan kru bis yang ane naikin untuk bermalam di garasi nya.....

bis nya adalah OBL atau Safari Dharma Raya. OBL sendiri adalah singkatan dari founding father PO ini (Oey Bie Lay) yang berasal dari kota adem Temanggung - Jawa Tengah

Minggu, 11 November 2012

14.00: sampai di garasi PO. Safari Dharma Raya (Jl. Kebayoran Lama).

celingak-celinguk, tanya satpam, mana bis yang ke Bima ternyata dapet bis no plat B 7168 PA

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

bis ini berspesifikasi:
- chasis : MB OH 1521
- mesin : Yuchai Power
- daya kuda : 330 HP
- karoseri : Trisakti model Phoenix
- jumlah kursi : 32 penumpang
- fasilitas lain : AC, Video, Toilet, Leg Rest, 6x Makan Prasmanan
- harga tiket : Rp. 550.000
- trayek : Kebayoran Lama - P. Gadung - Mataram - Sumbawa Besar - Dompu - Tente - Bima PP
- pengemudi 1: Bp. Yoyok (ex-pengemudi OBL B 7168 XL)
- pengemudi 2: Bp. Pramono (ex-pengemudi OBL B 7168 ER)
- kondektur : Bp. Pardi (ex-kondektur OBL B 7168 XL)

14.30: start dari garasi Kebayoran menuju Pool OBL Kebayoran Lama 40 yang jaraknya gak sampe 300 meter dari garasi

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

15.02: start dari Pool Kebayoran menuju Terminal P. Gadung, sempat mampir ke SPBU COCO Permata Hijau untuk isi solar sebanyak 310.49 ltr.

tanki bis ini sudah dimodif volumenya sehingga sekali full tank bisa bertahan langsung sampai Pasuruan. Saking besarnya tangki ini sampai harus diulang 2x

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

15.26: start SPBU Permata Hijau menuju P. Gadung

16.11: setelah diguyur hujan lebat di tol dalam kota, akhirnya tiba juga di terminal P. Gadung

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

16.53: start dari Terminal P. Gadung
17.05: melewati GT Cempaka Putih
17.23: kena macet di Km. 9.8 Tol Cikampek
17.48: melewati GT Cikarang Utama

rata-rata di Tol Cikampek lari segini gan

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

18.22: keluar GT Cikampek
19.07: melewati Patokbeusi
19.28: melewati Pamanukan
19.30: masuk RM. Taman Sari, Pamanukan

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

20.10: berangkat lagi dari RM. Taman Sari, Pamanukan
21.33: melewati Arjawinangun
21.53: masuk GT Plumbon (masuk tol Palikanci lanjut ke tol-nya bakrie)
22.41: keluar GT Pejagan
22.44: melewati perlintasan KA setelah keluar tol Pejagan
23.00: kena macet di Brebes karena perbaikan jalan
23.22: melewati sumber kemacetan, meninggalkan Brebes
23.40: melewati Tegal

Senin, 12 November 2012
00.14: masuk Pemalang

kejar-kejaran sama PO. Santoso dan PO. Pahala Kencana

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

00.26: melewati Comal
00.46: berhenti di agen Pekalongan (loading paket sekaligus check penumpang)

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

00.51: jalan lagi dari agen Pekalongan
01.15: melewati Subah (daerah alas roban)
01.38: melewati Plelen
01.57: melewati Kendal
02.05: Pak Yoyok kriyip-kriyip karena ngantuk, akhirnya berhenti dulu di warung kopi depan RM Pantes, Jl. Raya Brongsong, Kendal

Penumpang yang pengen melek juga boleh ngopi bareng (hehehehe dah berasa bis charteran kalo kayak gini)

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

02.11: puas ngopi perjalanan dilanjutkan lagi
02.27: melewati daerah Mangkang
02.41: masuk GT Manyaran
02.53: keluar GT Muktiharjo
02.59: berhenti di pintu keluar Terminal Terboyo (loading penumpang dari agen Semarang)
04.55: melewati Juwana
05.38: melewati Kaliori
05.40: melewati Rembang
05.55: melewati Lasem
06.07: melewati Sluke
06.26: berhenti sarapan di RM Mitra, Kragan (bertemu PO. Kramat Djati bandung dan PO. Rasa Sayang)

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

07.01: berangkat lagi dari RM Mitra, Kragan
07.53: melewati Bancar
08.28: melewati Tuban
08.54: ban belakang kanan bagian dalam kempes, terpaksa berhenti di depan RM Lumintu, Jl Tuban-Babat KM9, Tuban

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

10.24: melewati Sukodadi
10.38: melewati Lamongan
10.56: melewati Duduk
10.58: melewati Cerme
11.13: masuk GT Kebomas
11.31: masuk kota Surabaya (Putar balik di Dupak Rukun)
12.52: melewati RM Nusa Dua Japanan, Sidoarjo
13.08: melewati Bangil
13.21: melewati Pasuruan
13.50: mampir lagi di SPBU COCO Grati untuk isi solar sebanyak 317.35 ltr - disini bertemu dengan saudara kembarnya OBL B 7168VP (Jakarta - Malang - Banyuwangi)

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

14.25: melewati Nguling
14.29: melewati Tongas
14.33: berhenti makan siang di RM Panorama, Probolinggo - bertemu lagi dengan si OBL B 7168VP (Jakarta - Malang - Banyuwangi)

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

15.22: berangkat lagi dari RM Panorama, Probolinggo
15.46: melewati Dringu
16.01: melewati Gending
16.24: melewati Kraksaan
16.29: berhenti di depan tempat istirahat PLTU Paiton untuk tukar ban stip (ban cadangan)

kebetulan di tempat ini ada 1 bis OBL yang sedang bermasalah dengan mesinnya jadi ngebon ban stip nya (Pengemudi tidak mau ambil resiko bila terjadi kempes ban lagi di daerah sumbawa)

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

17.17: beres ngebon ban, lanjut lagi dari Paiton
17.39: melewati Besuki
18.19: melewati Panarukan
18.31: melewati Situbondo
19.11: melewati Asembagus
19.32: melewati Baluran
19.55: melewati Bajulmati
20.27: masuk di Pelabuhan ASDP Ketapang
20.32: masuk ke perut KMP NusaDua

Selasa, 13 November 2012 (waktu +1 jam)
00.05: selesai cek KTP penumpang, berangkat meninggalkan Pelabuhan Gilimanuk
02.25: melewati Term. Badung
02.37: berhenti makan malam di RM Jawa Barat, Denpasar

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

03.33: berangkat lagi dari RM Jawa Barat, Denpasar
04.30: masuk di Pelabuhan ASDP Padang Bai
05.45: masuk ke perut KMP Rhodita

suasana di dalam KMP Rhodita... (lumayan buat tidur gan, nyebrangnya lama juga soalnya)

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

bersambung................
09.37: keluar dari perut KMP Rhodita di Pelabuhan Lembar

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

inilah penghuni bis yang ane naikin memasuki hari ke 3 gan... dari yang pertama cuma diem-dieman, lama-lama mulai menyapa, hingga tukeran alamat dan no telp semua terjadi di bis ini hehehehehe

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

10.19: melewati Bengkel (emang nama daerahnya bernama Bengkel gan)

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

10.25: melewati Sweta
10.35: berhenti di agen OBL Mataram Sandubaya berikut service makan RM. Al Ray

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

11.22: berangkat dari agen Mataram Sandubaya
11.31: berhenti di SPBU COCO Bertais untuk isi solar sebanyak 166.78 ltr

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

12.05: melewati Batu Kliang
12.12: melewati Kopang
12.25: melewati Terara
12.28: melewati Sikur
12.33: melewati P. Matong
12.38: melewati Masbagik
12.42: melewati Rempung
12.52: melewati Aikmel
12.55: karena udara yang cukup terik, maka Pak Yoyok memutuskan untuk berhenti membeli es buah dipinggir jalan disekitar daerah Aikmel

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

13.10: melewati Pringgabaya
13.27: masuk Pelabuhan ASDP Kayangan

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

14.35: masuk ke perut KMP Gading Nusantara

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

16.10: keluar dari perut KMP Gading Nusantara di Pelabuhan Poto Tano

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

suasana daerah sekitar Pelabuhan Poto Tano

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

Indonesia kaya akan sumber daya alam, percaya tidak percaya ini lah yang disebut gunung emas..... tenda biru itu adalah tempat pendulang emas liar mencoba mengadu peruntungan

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

awas sapi liar!!!

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

16.40: melewati Alas
17.00: melewati Buer
17.17: melewati Utan
17.33: melewati Rhee
18.05: melewati Badas

18.09: berhenti di RM Paiton, Sumbawa Besar untuk makan malam. Disini bertemu dengan OBL B 7168 GZ dan dan B 7168 KR

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

18.50: berangkat kembali dari RM Paiton, Sumbawa Besar
19.31: melewati Langam
19.38: melewati Lare
20.10: melewati Plampang
20.44: melewati Empang
22.40: melewati Dompu
23.18: melewati Bolo
23.38: berhenti di SPBU Talabiyu untuk isi solar lagi sebanyak 148 ltr

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

Rabu, 14 November 2012
00.34: akhirnya sampai juga di Terminal Dara, Mbojo, Kota Bima

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

Selesai download penumpang, saatnya makan bersama kru di dekat alun-alun kota Bima selanjutnya menginap di garasi

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

inilah tempat ane menginap gan... tidur itu bukan perkara dimana tempatnya tapi perkara berkualitas apa enggak, mau di pos ronda kayak gini kalo berkualitas ya gak ada masyalah kan gan....

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

sisa pesta semalam (hehehehe yang bener seharusnya pesta 3 hari 3 malem yak)

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

saatnya mencuci selimut yang sudah dipakai perjalanan selama hampir 3 hari 3 malam itu

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

bertemu dengan OBL B 7168 IB yang berangkat pada hari Sabtu 10 November 2012 (sehari sebelum bis ane)

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

malam ke dua di garasi ditemani rintikan hujan....

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

Kamis, 15 November 2012
06.00: bertemu dengan OBL B 7168 BK yang berangkat 1 hari setelah bis ane (Senin, 12 November 2012)

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

Persiapan berangkat kembali ke Jakarta, selimut telah ditata dengan rapi

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

Keluar dari garasi menuju Terminal Mbojo, Bima

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

Tiba di Terminal Mbojo, Bima

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

Tepat pukul 10.00 WITA Safari Dharma Raya B7168PA berangkat kembali menuju Jakarta

[overland tour] jakarta - bima ngebis 56jam 30menit

trus ane gimana??? hehehehe ane pulang naik Merpati Dharma Raya eh salah Merpati Nusantara Airlines langsung Jakarta.... bokong udah tepos gini gak mau dibuat lebih tepos lagi gan.... hehehehehe

kalo seneng ama cerita ane mohon dipercendol-nya ya gan...
Mantap neh emoticon-thumbsup:
Perlu dicoba ne kayaknya emoticon-Big Grin

Cek kulkas gan emoticon-shakehand
Mantap gan touring reportnya.

Itu OBL Jakarta - Bima apakah berangkat setiap hari gan?
Terus kalo OBL yang Jakarta - Mataram ada kan? Tarifnya berapaan? Dan waktu tempuh biasanya berapa lama gan?
Quote:Original Posted By bgs_dng_fbrnt
Mantap gan touring reportnya.

Itu OBL Jakarta - Bima apakah berangkat setiap hari gan?
Terus kalo OBL yang Jakarta - Mataram ada kan? Tarifnya berapaan? Dan waktu tempuh biasanya berapa lama gan?


OBL Jakarta Bima berangkat tiap hari gan, berangkat dari Pool Kebayoran jam 15.00, berangkat dari P. Gadung jam 17.00

OBL Jakarta Mataram digabung sama bis Jakarta Bima gan, harga tiketnya Rp. 450.000 termasuk 4x service makan. Sampainya lusa pagi dari hari keberangkatan bila pantura nya normal (gak macet) dan ombak di selat lombok nya gak tinggi. Kalo pantura macet dan ombak nya lagi tinggi ya bisa-bisa malem nya mas hehehehehehe
kaskus belom ada subforum touring bis ya ??
jadi kaya maksain rasanya.


user bismania.com sepertinya nih
Quote:Original Posted By raxena
kaskus belom ada subforum touring bis ya ??
jadi kaya maksain rasanya.


user bismania.com sepertinya nih


iya makanya karena ini termasuk jalan2 (hanya saja media nya bus) makanya saya masukin aja sekalian kesini.....
Widih mantap nih FR nya, detil bgtemoticon-Jempol
sayang ane blm bisa ngasih cendol,
ane bantu rate aja ya gan emoticon-I Love Indonesia (S)
mantep bgt report topuring busnya om.. kapan2 ane diajaklah..
btw itu penumpang dr jkt ke Bima semua?
gile reportnya lengkap bener sampai jam2nya... emoticon-Belo

agan gak tidur ya 3 hari 3 malam emoticon-Ngakak (S)

overall mantab... foto jalur dr jkt - lombok, jd ngingetin ane pas touring kesana emoticon-Big Grin
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

agan emang aje gile.....mengingatkan perjalanan ane dulu waktu jaman SD, perjalanan dari Jakarta - Mataram, minta ampun, pantat langsung tepos...

agan malah sampe Bima? luar biasa....
BTW, itu catatan jamnya rinci amat? agan selama di bis tidur gak?
sepertinya seru gan emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
buset 56 jam emoticon-Ngakak (S) , kalo pulangnya naek bis lg gmn tuh emoticon-Ngakak

nice share gan btw
kapan kapan coba motor kesana ga...
mantap gan reportnya emoticon-2 Jempol bisa melihat jalur bis dipulau lain..... 3 hari naik bis betah ya gan...... saya 3 hari 2 malam naik kapal pelni Ambon Surabaya saja bosen diatas kapal ....... saya bantu emoticon-Rate 5 Star belum jualan cendol
Quote:Original Posted By NextShogun
mantep bgt report topuring busnya om.. kapan2 ane diajaklah..
btw itu penumpang dr jkt ke Bima semua?

Widih, si om avatarnya sama ama TS, ga jalan2 bulan madu lagi ke bali hehehe

TS: Cek kulkas biar seger lagi setelah 3 malam di jalan. Berarti perpal 3 hari ya sebelom puter balik?
Quote:Original Posted By poetra001

Widih, si om avatarnya sama ama TS, ga jalan2 bulan madu lagi ke bali hehehe

TS: Cek kulkas biar seger lagi setelah 3 malam di jalan. Berarti perpal 3 hari ya sebelom puter balik?


enggak om.... perpalnya 2 hari 1 malem aja, kan masuk garasi Rabu jam 2 pagi, berangkat lagi Kamis pagi jam 7 dari garasi.
salut gan ama ente yg iseng naek bus dari jkt ke bima
laen kali kalo ke sumbawa kontak ane, biar dapet makan gratis di sumbawa emoticon-shakehand
mantab gan.. niat banget ente sampai ke bima cuma utk wisata perjalanan naek bis.
Ane agak heran tuh utk bis2 rute jauh kyk gini koq msh survive aja ya di tengah persaingan dgn airline yg jelas lbh unggul di kecepatan. bayangin aja 3 hari perjalanan dgn biaya 550rb utk tiket dan selama di jalan kan juga keluar ongkos utk jajan dan makan selama perjalanan. bandingin dgn maskapai murah kyknya jatuh2nyaga beda jauh ya.. emoticon-Matabelo
sempet explore ke bima wera gak gan ? disitu jalurnya kaya jalur naga dragonball tapi ajib gan apalgi mampir ke pulau ularnya emoticon-2 Jempol

×