alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50d803217e1243290c00001c/publik-rindu-sosok-soekarno
Publik Rindu Sosok Soekarno
Spoiler for :


JAKARTA - Beberapa survei menyebutkan, masyarakat saat rindu dengan era pemerintahan Soeharto. Namun, hasil riset terakhir Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menunjukkan, masyarakat rindu pada kepemimpinan Abdurrahman Wahid alias Gus Dur dan Soekarno.

Survei LSI ini khusus memotret perlindungan pemerintah terhadap keberagaman agama, etnis, dan kepercayaan yang ada di Indonesia. Survei dilakukan terhadap 440 responden di seluruh Indonesia pada 7-8 November 2012. Margin of error diperkirakan plus minus 4,8 persen.

Salah satu pertanyaan yang diajukan ke responden adalah, apakah presiden Indonesia di bawah ini melindungi keberagaman yang ada. Hasilnya, 82 persen responden menganggap Soekarno melindungi keberagaman, Soeharto sebanyak 75 persen, BJ Habibie 42 persen, Gus Dur 81 persen, Megawati 52 persen, dan SBY paling buruk yaiu 41 persen.

Dari sisi isu keberagaman, masyarakat merindukan masa Bung Karno dan Gur Dur, ujar peneliti LSI Adjie Alfaraby di Kantor LSI, Jalan Pemuda, Jakarta Timur, tadi malam.

Menurut Adjie, dibanding isu ekonomi, isu keberagaman alias pluralisme memang memiliki porsi lebih kecil. Namun, saat ini masyarakat juga mulai menganggap, menjaga keberagaman dan melindungi kaum minoritas adalah hal penting. Buktinya, dari segi agama sebanyak 88,84 persen responden menilai, semua pemeluk agama harus diperlalukan sama. Hanya 9,15 persen responden yang menyatakan agama mayoritas harus diperlalukan lebih istimewa.

Artinya, publik tidak suka dengan pelaku disktiminatif, jelas Adjie.

Publik juga prihatin jika melihat ada kaum minoritas diperlakukan lebih buruk dibanding kaum mayoritas. Dari segi suku, yang mengaku prihatin sebanyak 84,18 persen, yang mengaku biasa saja hanya 6,87 persen. Mayoritas publik tidak menerima diskriminasi atas suku atau agama minoritas, imbuhnya.

Hal ini berkorelasi dengan keinginan publik terhadap sosok presiden pengganti SBY nanti. Publik berharap, presiden nanti lebih peduli dan mau melindungi keberagaman. Sebanyak 87,6 menginginkan capres 2014 bisa melindungi keberagaman, imbuhnya.

Angka ini, lanjutnya, cukup besar. Dengan kenyataan ini, capres-capres yang mau maju harusnya lebih berani bicara isu-isu pluralisme. Sayangnya, hingga kini capres-capres yang ada belum berani bicara itu. Capres-capres lebih senang bicara soal ekonomi dan pemberantasan kemiskinan.

Belum ada satu pun capres yang mau bicara secara terbuka tentang keberagaman. Mareka rata-rata taku kena hukuman masyoritas kalau salah ucap. Padahal, sesungguhnya mayoritas publik menginginkan pemimpin yang konsen dan melindungi keberagaman, jelasnya.

Dari capres-capres yang sudah muncul, Adjie juga belum belum ada calon yang menonjol dalam perlindungan keberagaman. Megawati saat jadi presiden prestasinya dalam melindungi keberagaman tidak terlihat. Aburizal Bakrie alias Ical juga tidak punya prestasi. Yang paling buruk adalah Prabowo Subianto, sebab dia disebut-sebut terlibat dalam tindakan diskriminasi terhadap warga Tionghoa pada tragedi Mei 1998.

Untuk Mahfud MD dan Dahlan Iskan yang disebut-sebut sebagai capres altenatif belum bisa dilihat prestasinya. Sebab, selama ini keduanya belum punya kesempatan memimpin dan belum bicara. Untuk Jokowi memang sedikit menonjol. Tapi itu karena dia mau berdampingan dengan Ahok, bukan dari kebijakannya, tandas Adjie.

sumber
ane gak rindu tuh, jadi ane bukan bagian dari masyarakat? emoticon-Sorry
yang ngaku rindu pak karno, gw tanya, emg lu pernah ngrasain jaman pak karno didemo turun jadi presiden?
yang ngaku rindu pak harto, gw tanya, emg lu pernah (minimal) mencegah sodara2mu n tetanggamu ikut ribut 1998?
yang ngaku rindu pak gusdur, gw tanya, apa usahamu waktu gusdur dibawa keluar istana hanya dengan celana pendek?cuma demo, anak TK jg bisa om, emoticon-Big Grin

ane gak akan nanyain ttg habibie yang pinter, namun bukan sosok pemimpin, seenaknya ngasih referendum ke timor2 yang sudah masuk angin. emoticon-Cape d... (S)
ane juga gak akan nanyain ttg megakarno, emoticon-Kiss
10 atau 20 tahun lagi LSI akan mengeluarkan hasil survei "aku rindu SBY dan album terbaru nya"..emoticon-Cape d... (S)

btw, ane gak rindu soekarno tuh. bangga iya, tapi rindu sih nggak yaa..emoticon-Malu (S)
Banyak proyek ya LSI di akhir tahun emoticon-Big Grin
yang survey siapa tuh??? LSI??? emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
satupun gak ada yang ane rinduin tuh emoticon-Cool
LSI oh LSI....emoticon-Cape deeehh


Untunglah orang2 atas gw udah lumayan mewakili pendapat gw daripada kebanyakan BP ers dongok yang maen iye aja apa kata survey...emoticon-Ngakak
rindu kok sama mayat emoticon-Ngakak (S)
ane juga kangen sama pak dhe harto, gan. di jaman pak dhe harto, negoro iki aman, tenterem, adem, ayem. ora koyo saiki.
yang muncul sosok sisi lain soekarno, ACENG yang doyan kimpoi emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Pak karno ane belum hidup dijamannya, tapi beliau sepertinya hebat.. soalnya kalo alm. mbah ane cerita soal beliau, widih semangatnya sampe berkoar2 seolah2 jiwa muda muncul dibadan yg renta..

Kalo soeharto, gak mau komen deh gan, bikin capek aja, meskipun era reformasi belum seperti yg kita inginkan, tapi ane cukup lega bisa lepas dari era-nya soeharto emoticon-I Love Indonesia (S)
iya, gan. setelah ane pikir-pikir, hidup di jaman pak karno dulu masih lebih baik daripada sekarang meski masih was-was sama perang lawan belande...
Quote:Original Posted By revolutionary
Banyak proyek ya LSI di akhir tahun emoticon-Big Grin




mari kita dana in wat survey kaskus

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
ah elah tukang kimpoi
buset dah jaman kapan nih
Makanya ada yg getol bgt pake embel2 Pak soekarno. Padahal cuma numpang nama besar doank emoticon-Big Grin
×