alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50d6adb0ea74b42d1600003e/beda-dgn-aksi-intoleransi-fpi-jateng-fpi-sulsel-ikut-amankan-natal
Thumbs up 
[Beda dgn Aksi Intoleransi FPI Jateng] FPI Sulsel Ikut Amankan Natal
FPI Sulsel Ikut Amankan Natal
Tribunnews.com - Minggu, 23 Desember 2012 00:16 WIB

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Organisasi massa, Front Pembela Islam (FPI) Sulsel menyatakan kesiapannya ikut mengamankan perayaan Natal 2012 dan Tahun Baru di Kota Makassar dan Sulsel.

"Sebagai umat beragama, kami berkewajiban memberilkan rasa aman kepada pemeluk agama lain apalagi dalam ibadah kepada Tuhan," kata Ketua FPI Kota Makassar, Agus Salim Syam.

Bersama sekitar 4.402 personel Polri, TNI, aparat dan otoritas sipil lainnya termasuk satpam dan pamong praja, ormas yang selama ini dikenal berhaluan keras akan ikut mengamankan 3.722 titik strategis, termasuk 3.128 gereja yang tersebar di 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan, dan Barat.

"Untuk menjaga agar rasa aman tetap kondusif, kita menyiagakan polisi juga menggandeng aparat TNI dan sejumlah ormas seperti FKPPI, KNPI, Pemuda Pancasila, termasuk ormas FPI," kata Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Wisnu Sanjaya, kepada Tribun, usai meninjau kesiapan pengamanan di sejumlah geraja di Makassar, Sabtu (22/12/2012).

Terima Kasih

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulsel Irjen Pol Mudji Waluyo pun mengungkapkan terima kasihnya dengan inisiatif dan partisipasi warga ini.

"Ini langkah maju kesadaran beragama warga Sulsel," katanya usai memantau kesiapan aparat pengamanan Operasi Lilin di Makasasar, kemarin.

Ungkapan terima kasih kapolda ini beralasan, Pasalnya, di jajaran Polda Jawa Tengah (Jateng) kini menyiapkan personel khusus menyusul ancaman dari FPI Semarang yang akan menggagalkan Perayaan Natal di Lapangan Sidomulyo, Ungaran, Selasa (25/12/2012) mendatang.

"Siapapun yang berupaya mengacaukan jalannya perayaan Natal 2012 di wilayah Jateng kami akan tindak tegas sesuai dengan Undang-undang yang berlaku," kata Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Djihartono.

Siapkan Gegana

Wisnu mengatakan, pengamanan Natal dan Tahun Baru dilakukan selama 1 X 24 jam sampai operasi lilin tersebut selesai.

Pihaknya menurunkan tim penjinak bom dan bahan peledak (jihandak) Gegana serta penembak jitu (sniper) dari Brimob Polda Sulsel yang mensterilkan beberapa gereja besar di Makassar.

Laporan yang diperoleh Tribun dari kabid Humas Polda Sulsel AKBP Pol Endy Sutendi menyebutkan beberapa gereja yang akan disterilkan oleh tim penjinak Bom Gegana dan Sniper Polda antara lain Gereja Hati Jesus yang maha Kudus (Katedral), Gereja Immanuel, Gereja Katolik Gotong-gotong, Gereja Katolik Kristus Raja Andalas dan Gereja Katolik Asisi.

Kemarin, sekitar pukul 09.00 wita, jajaran Polrestabes beserta ormas mengunjungi beberapa gereja di Makassar, sebagai simbol dukungan dan support untuk memberikan rasa aman.

Kapolres memberikan bunga kepada pendeta setiap gereja sebagai simbol silaturahmi atau ucapan hari Natal.


Sebanyak 1.555 personel dari Polrestabes Makassar, dikerahkan di beberapa lokasi dalam perayaan natal dan akan ditempatkan di beberapa gereja dan titik. Untuk wilayah Makassar ada 117 yang dijaga.

Kepala Bagian Operasional Polrestabes Makassar, Komisaris M Ridwan personel yang disiagakan 1.530 petugas gabungan dan 588 petugas disebar ke 117 gereja.

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo memastikan jika Sulsel dalam kondisi aman dan terkendali menjelang Natal, Tahun Baru dan agenda politik kampanye Pilgub Sulsel 22 Januari mendatang.

"Sulsel akan aman-aman saja dan kami pastikan itu," kata Syahrul saat kepada Tribun Timur (Tribunnews.com Network), Sabtu (22/12/2012).

SUMBER

FPI Makassar: Berikan Rasa Aman Kepada Pemeluk Agama lain
Tribunnews.com - Senin, 24 Desember 2012 01:26 WIB

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Ketua GP Ansor Sulsel, Muhammad Tonang Cawidu, menyatakan, sebanyak 100 orang disiapkan mengamankan sejumlah gereja. Mereka mulai bertugas, Senin (24/12/2012) malam ini hingga Selasa (25/12).

Ansor menilai, keikutsertaan dalam pengamanan ini dalam kaitan hubungan sesama umat manusia dan tanggung jawab sebagai warga negara.

"Ansor menjaga keamanan dan kedamaian selama Natal dengan ikut serta mengamankan sejumlah gereja yang dianggap rawan," ujar Tonang, Minggu (23/12/2012).


Setiap gereja akan dijaga 10 anggota Ansor. Hanya gereja tertentu dijaga. Selama penjagaan, mereka akan mengenakan atribut resmi. Menurut Tonang, hanya gereja di Makassar dijaga. Gereja di kabupaten dan kota lain di Sulsel belum direncanakan.

Dalam menjalankan tugas pengaman, Ansor senantiasa berkoodinasi dengan aparat kepolisian. Jika jumlah anggota bertugas belum cukup, akan diminta bantuan dari Banser Ansor Nahdatul Ulama (NU).

Sementara itu, Ketua FPI Makassar, Agus Salim Syam, mempertegas sikap lembaganya untuk ikut mengamankan perayaan Natal 2012 dan Tahun Baru di Kota Makassar.

"Sebagai umat beragama, kami berkewajiban memberikan rasa aman kepada pemeluk agama lain apalagi dalam ibadah kepada Tuhan," kata Agus.

Agus menambahkan, FPI tidak akan sampai menerjunkan laskar untuk melakukan pengamanan di gereja-gereja. Laskar FPI hanya melakukan patroli dan keliling kota untuk memantau situasi dari luar.

”Tetap akan kami lakukan pengamanan. Namun, kami hanya keliling saja," katanya.


Namun demikian, Muhammadiyah Makassar dan Wahdah Islamiyah belum ingin terlibat dalam pengamanan Natal. Kedua organisasi kemasyarakatan Islam ini menyerahkan sepenuhnya pengamanan kepada aparat kepolisian.

Muhammadiyah mengharapkan, selama perayaan Natal, suasana aman tetap terjaga. Pihak yang selama ini membuat kegaduhan saat perayaan hari raya umat beraga diminta ikut menjaga situasi.

"Tak ada yang perlu dikhawatirkan soal keamanan. Semuanya ikut menjaga situasi. Daerah kita cukup aman," kata Sekretaris Pengurus Daerah Muhammadiyah Kota Makassar, Ilham Hamid.

Sementara Wahdah Islamiyah mengklaim, pihaknya juga turut berkepentingan dalam terciptanya suasana aman pada setiap saat, termasuk saat perayaan hari raya umat beragama lain. Namun, impelementasinya bukan dalam bentuk turut serta mengamankan rumah ibadah.

"Wahdah Islamiyah belum merasa perlu mengutus anggota untuk menjaga rumah ibadah. Kami masih tetap yakin dengan kinerja aparat keamanan," kata Wakil Ketua Umum DPP Wahdah Islamiyah, Ikhwan Abdul Jalil.

Muhammadiyah berharap situasi aman dan damai menyertai perayaan Natal. Selama tak saling menciderai kegiatan beragama, suasana aman tetap tercipta.

"Yang tak diharapkan, jangan sampai ada unsur terpaksa ikut serta menjaga gereja. Jika terjadi apa-apa, kami dituding," ujar Ikhwan.

Muhammadiyah mempersilakan FPI ikut serta pengamanan. Menurut Ilham, itu merupakan kebijakan internal organisasi dan bukan kewenangannya untuk mencampuri.

Polrestabes Makassar belum memastikan teknis pelibatan pengamanan dari para “laskar” ormas Islam di gereja.

" Selain, Ormas FPI Makassar juga akan dilibatkan bankompol. Diharapkan mereka yang dilibatkan dapat memberikan informasi terkait potensi gangguan kamtibmas. Namun, untuk pengamanan gereja sendiri, itu belum dapat dipastikan keikutsertaannya dalam pengamanan. Yang jelas dalam pengamanan secara umum, itu pasti," kata Wisnu.

Mantan Direktorat Binmas Polda Sulsel ini, menambahkan semua warga negarawajib menjaga ketertiban masyarakat (Kantibmas).

"Kehadiran FPI saat pengecekan kesiapan di gereja merupakan bentuk toleransi antar umat beragama. Keberadaan FPI saat pengecekan di gereja merupakan bentuk saling menghormati, banyaknya isu gangguan kantibmas saat ini diharap dapat menepis isu-isu tersebut," ungkapnya.

SUMBER

Kali ini ane salut dengan FPI Sulsel yang ternyata justru lebih waras daripada FPI Jateng yang malah mengacau di Ungaran. emoticon-Malu

[FPI lagi] Kandas, Ancaman FPI Gagalkan Natal di Ungaran


Semoga FPI Sulsel bisa jadi teladan cabang FPI lainnya dalam kerukunan umat beragama dan jangan main lempar2an lagi ya. emoticon-Malu
Solidaritas Rohingya, FPI lempari Klenteng di Makassar

Ada yang menarik nih, media2 radikal lagi terguncang bahkan mencatut nama habib Rizieq menyatakan FPI tolak pengamanan natal.

Silahkan search di google dengan kata kunci "FPI tolak pengamanan" atau "FPI tolak pelibatan".

emoticon-Malu
ane setuju kalo sikap fpi yang kaya gini
Tumben TS agak pinteran dikit ngak nge Genelarisir FPI lagi, Abib Rizieq

mah emang orang Baik kalau dia anti agamaKristen ngapain di petamburan berdiri

sekolah theology kristen dan gereja, Abib riziek ngak ganggu ... Karena memang gereja legal dan ngak ada masalah.

Makanya mulai buka dikit dikit yang mamfetnya biar ngak banjir lagi


[Beda dgn Aksi Intoleransi FPI Jateng] FPI Sulsel Ikut Amankan Natal

Dibawah ini adalah contoh koment koment Islam Fhobia, hanya kamuflase saja jika benci FPI, yang jelas siapapun wakil Orang islam PKS, Rhoma Irama, gubernur Depok mereka Hujat, Menggiring opini sesat dan negative, padahal coba tengok orang Islam sendiri ngak ada masalah pilih ahok, makanya jangan biarkan mereka meracuni pemikiran umat muslim
FPI sulsel pendidikan pancasilanya masuk, fpi jateng klo sekolah bolos mulu waktu pancasila emoticon-Sorry
ane gak ngerti nih yg bener gimana sikap FPI sama natal, ada yg dukung ada juga yg mau ngalangin emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S)
Ini tidak benar, FPI sulsel telah melenceng dari FPI sebenarnya yang ada

FPI pusat wajib ngasi sanksi ke merekaemoticon-Hammer2
Ini tidak benar, FPI sulsel telah melenceng dari FPI sebenarnya yang ada

FPI pusat wajib ngasi sanksi ke merekaemoticon-Hammer2
nah gitu donk, 2 jempol buat fpi yg ada di makassar emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By tanpaJIL
Tumben TS agak pinteran dikit ngak nge Genelarisir FPI lagi, Abib Rizieq

mah emang orang Baik kalau dia anti agama Kristen ngapain di petamburan berdiri

sekolah theology kristen dan gereja, Abib riziek ngak ganggu ... Karena memang gereja legal dan ngak ada masalah.

Makanya mulai buka dikit dikit yang mamfetnya biar ngak banjir lagi


si habib rijik ga ganggu gan asal setoran lancar emoticon-Embarrassment
Intinya di makasar yg goblok itu mahasiswanya ya gan ?
parah mahasiswa sama FPI sampe bisa pinteran FPI

Quote:Original Posted By tanpaJIL
Tumben TS agak pinteran dikit ngak nge Genelarisir FPI lagi, Abib Rizieq

mah emang orang Baik kalau dia anti agamaKristen ngapain di petamburan berdiri

sekolah theology kristen dan gereja, Abib riziek ngak ganggu ... Karena memang gereja legal dan ngak ada masalah.

Makanya mulai buka dikit dikit yang mamfetnya biar ngak banjir lagi


iya Saking baiknya rizik sampai sampai bongkaran tidak ditutup sampai sekarang, kasihan sama anggotanya yang jadi langganan disana
SALUT BUAT FPI SULSEL emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By tanpaJIL
Tumben TS agak pinteran dikit ngak nge Genelarisir FPI lagi, Abib Rizieq

mah emang orang Baik kalau dia anti agamaKristen ngapain di petamburan berdiri

sekolah theology kristen dan gereja, Abib riziek ngak ganggu ... Karena memang gereja legal dan ngak ada masalah.

Makanya mulai buka dikit dikit yang mamfetnya biar ngak banjir lagi

Ane punya tret terbaru yang cocok untuk ente: emoticon-Angkat Beer
[Lagi2 Keroyokan Ala Geng Preman] Pekerja SPBU Dipukuli Puluhan Pria Berseragam FPI

Quote:Original Posted By levix


iya Saking baiknya rizik sampai sampai bongkaran tidak ditutup sampai sekarang, kasihan sama anggotanya yang jadi langganan disana


Pedagang MIRAS Mulai berkicau, sakiy hati ya gan Lapaknya diseruduk FPI emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By tanpaJIL


Pedagang MIRAS Mulai berkicau, sakiy hati ya gan Lapaknya diseruduk FPI emoticon-Big Grin



lagi lagi fitnah, ajaran mana sih yang lo anut sampai mengajarkan fitnah seperti ini emoticon-Big Grin
ada fulus abang d tulung,
tak ade fulus abang di pentung..
Quote:Original Posted By ifulthesetan


ane punya teman orang sulawesi, didikan disana keras gan, mereka suka membawa badik (sejenis pisau khas daerah sulawesi). Kalau kelahi suka makan korban.
Jadi jangan heran kalau FPI sana sok akrab karena takut nyawanya melayang, dan satu lagi, jgn suka main keroyokan disana. Bisa babak belur.


Buat ane, mau FPI Sulsel sok akrab atau kaga` yg penting mereka sudah memberi contoh toleransi beragama yg baik dan semoga ditiru teman-temannya di daerah lain.
Thread ini pasti aman dari breder.
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By lll777lll
Thread ini pasti aman dari breder.
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Semoga saja, gan. Bahkan si tanpaJIL sudah approve.
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By satlone
Ini tidak benar, FPI sulsel telah melenceng dari FPI sebenarnya yang ada

FPI pusat wajib ngasi sanksi ke merekaemoticon-Hammer2


Ini nama nya saling menghargai dan toleransi kepada pemeluk agama lain nya, koq malah mauvdi kasih saksi? emoticon-Nohope