alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50d6606c05346aa951000067/sepanjang-2012-28-polisi-tewas
Peringatan! 
Sepanjang 2012, 28 Polisi Tewas
Sepanjang 2012, 28 Polisi Tewas

JAKARTA - Indonesia Police Watch (IPW) melansir data tentang polisi yang meninggal dunia saat menjalankan tugas sepanjang 2012. Dari catatan IPW, sepanjang 2012 ini 28 polisi tewas, sedangkan 12 lainnya mengalami luka-luka saat menjalankan tugas.

Ketua Presidium IPW Neta S. Pane mengungkapkan, sebagian besar yang tewas atau 23 polisi adalah adalah petugas jajaran bawah yang meninggal akibat dibunuh pelaku kriminal. "Angka ini mengalami kenaikan jika dibandingkan tahun 2011 yang hanya 20 polisi tewas," kata Neta kepada JPNN, Minggu (23/12).

Tragisnya, kata Neta, pada 2012 ini ada empat polisi yang dibakar masyarakat. Dua di antaranya tewas sedangkan dua lainnya luka-luka. "Dalam tahun-tahun sebelumnya, aksi pembakaran terhadap polisi ini tidak pernah terjadi," katanya.

Diungkapkannya pula, trend lainnya adalah aksi bunuh diri polisi di tempat tugasnya. IPW mencatat ada dua anggota Polri yang bunuh diri di kantor polisi. Selain itu ada dua polisi tewas ditembak rekannya sendiri.

Dari pendataan IPW sepanjang 2012, sebu Neta, Papua merupakan daerah paling rawan bagi kepolisian. Ada delapan peristiwa konflik orang tak dikenal (OTK) dengan polisi di Papua yang menewaskan 10 anggota Poliri.

Di peringkat kedua dalam kategori daerah paling rawan adalah Sulawesi Tengah. Ada lima peristiwa konflik polisi dengan orang tak dikenal yang menyebabkan lima polisi tewas.

Selanjutnya daerah terawan ketiga adalah Solo, Jawa Tengah. Di daerah yang pernah dipimpin Jokowi itu ada empat peristiwa konflik polisi dengan OTK. "Yang menewaskan dua polisi dan empat luka-luka," tegasnya.

Ia menambahkan, IPW sejak awal tahun ini sudah memprediksi bahwa polisi akan menjadi sasaran dari para pelaku kejahatan, baik teroris maupun kriminal lainnya. Untuk itu, Polri harus segera introspeksi dan berbenah, melatih jajaran bawahnya dengan maksimal, membenahi psikologi dan stabilitas emosional personilnya, serta meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Kepolisian Negara (SPN).

"Jangan hanya tiga hingga lima bulan seperti sekarang ini. Minimal dua tahun agar polisi-polisi di jajaran bawah bisa benar-benar terlatih dan profesional, terutama menghadapi para pelaku kriminal," pungkas penulis buku "Jangan Bosan Mengkritik Polisi" itu. (boy/jpnn)

SUMBER
Kapolri tanggung jawab emoticon-Berduka (S)
Jumlah kriminal, atau tersangka kriminal yang di dor pilisi berapa ya ?
mungkin bisa dijadikan perbandingan sebab akibat ...
Kan ada yg mati gr2 cekcok TNI plri