alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50d636724f6ea1ce1a00002f/budayawan-madura-rhoma-layak-jadi-capres
Ngakak 
Budayawan Madura: Rhoma Layak Jadi Capres
PAMEKASAN, KOMPAS.com — Pegiat seni budaya atau budayawan asal Pamekasan, Madura, Iskandar, menilai, "Raja Dangdut" Rhoma Irama layak menjadi calon presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014.

"Tidak ada salahnya jika capres 2014 nanti dari kalangan seniman," kata Ketua Yayasan Landhep Semmo yang bergerak dalam bidang pengembangan dan pemberdayaan seni budaya tradisional Madura itu di Pamekasan, Jawa Timur, Sabtu (22/12/2012).

Menurut dia, bangsa Indonesia selama ini sudah dipimpin dari berbagai kalangan dan jenis profesi, seperti dari kalangan teknokrat, ulama, insinyur, dan dari unsur TNI/Polri.

Namun, perjalanan pemerintahan terkesan kurang menarik karena nilai-nilai tradisi dan budaya bangsa kurang mendapatkan perhatian yang lebih serius.

Bahkan, kata Iskandar, tradisi dan budaya bangsa cenderung tergerus arus modernisasi sehingga khazanah kekayaan budaya bangsa lambat-laun memudar.

"Nah, kalau pemimpinnya dari seniman, maka tentu, perhatian terhadap khazanah budaya bangsa, seperti jenis kesenian tradisional, jelas akan lebih diperhatikan," katanya.

Meski demikian, menurut Iskandar, penilaian kelayakan Rhoma Irama sebagai capres 2014 itu subjektif dari dirinya sebagai pegiat seni budaya.

"Kalau perspektif seniman dia jelas sudah layak. Karena kita kan menginginkan agar seni budaya bangsa ini lebih hidup. Jika Rhoma Irama jadi presiden, jiwa seni jelasnya akan tercurahkan dalam program nyata nantinya," kata Iskandar.

Namun, menurut dia, kriteria layak dalam sudut pandang seniman belum tentu sama jika dilihat dari sudut pandang berbeda. Semisal sudut pandang politik, sosiologi, dan ekonomi.

Iskandar yang juga anggota DPRD dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Pamekasan ini menyatakan kajian melalui berbagai pendekatan perlu terus dilakukan untuk mencari sosok pemimpin bangsa yang tepat dan bisa membawa arah bangsa ini lebih baik dan lebih bermartabat.

"Yang jelas, bangsa Indonesia memerlukan pemimpin yang berbudaya dan memperhatikan kebudayaan di masa depan. Kita perlu melawan globalisasi dengan glokalisasi atau kembali ke lokal," katanya.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

ngga heran kalo yang ngomong orang madura, provinsi yang orang2nya paling suka kumpul kebo (zinah)
emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By nikolayevic
PAMEKASAN, KOMPAS.com — Pegiat seni budaya atau budayawan asal Pamekasan, Madura, Iskandar, menilai, "Raja Dangdut" Rhoma Irama layak menjadi calon presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014.

"Tidak ada salahnya jika capres 2014 nanti dari kalangan seniman," kata Ketua Yayasan Landhep Semmo yang bergerak dalam bidang pengembangan dan pemberdayaan seni budaya tradisional Madura itu di Pamekasan, Jawa Timur, Sabtu (22/12/2012).

Menurut dia, bangsa Indonesia selama ini sudah dipimpin dari berbagai kalangan dan jenis profesi, seperti dari kalangan teknokrat, ulama, insinyur, dan dari unsur TNI/Polri.

Namun, perjalanan pemerintahan terkesan kurang menarik karena nilai-nilai tradisi dan budaya bangsa kurang mendapatkan perhatian yang lebih serius.

Bahkan, kata Iskandar, tradisi dan budaya bangsa cenderung tergerus arus modernisasi sehingga khazanah kekayaan budaya bangsa lambat-laun memudar.

"Nah, kalau pemimpinnya dari seniman, maka tentu, perhatian terhadap khazanah budaya bangsa, seperti jenis kesenian tradisional, jelas akan lebih diperhatikan," katanya.

Meski demikian, menurut Iskandar, penilaian kelayakan Rhoma Irama sebagai capres 2014 itu subjektif dari dirinya sebagai pegiat seni budaya.

"Kalau perspektif seniman dia jelas sudah layak. Karena kita kan menginginkan agar seni budaya bangsa ini lebih hidup. Jika Rhoma Irama jadi presiden, jiwa seni jelasnya akan tercurahkan dalam program nyata nantinya," kata Iskandar.

Namun, menurut dia, kriteria layak dalam sudut pandang seniman belum tentu sama jika dilihat dari sudut pandang berbeda. Semisal sudut pandang politik, sosiologi, dan ekonomi.

Iskandar yang juga anggota DPRD dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Pamekasan ini menyatakan kajian melalui berbagai pendekatan perlu terus dilakukan untuk mencari sosok pemimpin bangsa yang tepat dan bisa membawa arah bangsa ini lebih baik dan lebih bermartabat.

"Yang jelas, bangsa Indonesia memerlukan pemimpin yang berbudaya dan memperhatikan kebudayaan di masa depan. Kita perlu melawan globalisasi dengan glokalisasi atau kembali ke lokal," katanya.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

ngga heran kalo yang ngomong orang madura, provinsi yang orang2nya paling suka kumpul kebo (zinah)
emoticon-Ngakak (S)

Ane justru yakin budaya daerah/tradisional banyak yg akan diberangus karena dianggap musyrik..
budaya kimpoi cerai dan budaya fitnah bakal maju kalau presidennya dia
koleksi istri mungkin itu seni & budaya juga kali ya gan
siapapun calon nya yg penting bs memajukan indo
wahh asekk emoticon-Genit:
polygami every where emoticon-Ngakak (S)
Kenapa selalu Kebo yg disalahin, padahal dulu kalo kebo ngumpul buat ngebajak sawah.
Kasihan kebonya disalahin melulu.

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By nikolayevic

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

ngga heran kalo yang ngomong orang madura, provinsi yang orang2nya paling suka kumpul kebo (zinah)
emoticon-Ngakak (S)


Sejak kapan madura jd provinsi gan, atau maksud ente semua orang Jawa Timur itu suka kumpul kebo?
Tolong ente edit komeng ente. Ente bs menyakiti seluruh orang Madura, dan selebihnya orang Jawa Timur emoticon-Smilie

Ane orang Jawa yg tinggal d Malang emoticon-Smilie
Bangsa ini sebenarnya tidak kekurangan tokoh nasional yang berkualitas & mampu memimpin bangsa. Cuma sayang karena rakyatnya banyak yang ga pinter2 amat, jadi referensi yang mereka peroleh cuma dari acara TV & album dangdut dari kaset lama. Wajar kalo pilihan akhirnya menyempit pada orang2 ga penting & ga berkualitas.
Kita lihat nanti aja deh gan emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By nikolayevic

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

ngga heran kalo yang ngomong orang madura, provinsi yang orang2nya paling suka kumpul kebo (zinah)
emoticon-Ngakak (S)


ati2 komentar lu woy, Madura ga seperti yg lu omongin.... emoticon-No Sara Pleaseemoticon-No Sara Please

yg gw tau dan pernah kesana, mereka rata2 religius
TSe njalok diclurit emoticon-Angkat Beer
TS alay pengen ikut2 tren d BP nghina Rhoma tp kebablasan komentarnya emoticon-No Hope
Sundul dulu, trit failed ini emoticon-Sundul
Ane kira bakal nemuin alasan yg logis, ternyata cuma karna "seniman" emoticon-Ngakak
jadi calon presiden aja kan gak ada salahnya, calon presiden kan bukan presiden emoticon-Ngakak
madura propinsi ? doyan kumpul kebo ? ngga kliru gan infonya ?emoticon-Cape d... (S)
org madura doyannya besi tua gan emoticon-Stick Out Tongue
budaya koleksi istri maksudnya? emoticon-Ngakak
Pak pres kita sekarang kan seniman...dadakan juga gan emoticon-Ngakak

Thumbs down 

Quote:Original Posted By nikolayevic

----------------------------------------------------------------------------

ngga heran kalo yang ngomong orang madura, provinsi yang orang2nya paling suka kumpul kebo (zinah)
emoticon-Ngakak (S)

sejak kapan madura jadi provinsi???? TS belajar dulu yang bener deh.
kalo komentar di pikir dulu, bisa DI CAROK sampeyan!!!!

×