alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50d557d0542acf4f6400004a/oki-menentang-praktek-sunat-perempuan
OKI Menentang Praktek Sunat Perempuan
OKI Menentang Praktek Sunat Perempuan

TEMPO.CO, Jakarta - Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) menyatakan keberatan dengan praktek sunat perempuan yang masih berlangsung di sejumlah negara berpenduduk mayoritas muslim. Menurut Sekretaris Jenderal OKI, Ekmeleddin Ihsanoglu, sunat perempuan adalah bentuk kekerasan.

"Isu penting yang ingin saya tekankan, mutilasi alat kelamin perempuan harus dihentikan. Islam tidak mendukung praktek itu," kata Ekmeleddin dalam Konferensi Tingkat Menteri Pemberdayaan Perempuan Negara Anggota OKI di Ritz Carlton Jakarta, Selasa, 4 Desember 2012.

Menurut Ekmeleddin, selain berbahaya secara medis, sunat alat kelamin juga akan berpengaruh negatif terhadap psikologi dan mental perempuan. Itulah yang membuat OKI memandang praktek tersebut merupakan bentuk kekerasan terhadap hak asasi perempuan.

sumber

Umat islam radikal mengatakan wajib, umat islam lain mengatakan sunah, mubah, bahkan haram. Kira-kira yang mana pendapat paling benar?
Ada salah kaprah yang bilang bahwa memotong klitoris bisa mengurangi libido wanita. Kenyataannya menurut kedokteran libido itu letaknya di otak bukan di klitoris, buktinya orang gay bisa tertarik dengan sesama lelaki tanpa memiliki klitoris, begitu pula orang lesbian. Justru memotong klitoris bisa menyebabkan wanita tidak bisa mendapatkan kepuasan dari hubungan seksual dan bisa berbahaya bagi perkembangan psikologisnya.

Kebanyakan wanita yang disunat ketika masih bayi/balita sehingga mereka tidak bisa menolak mutilasi terhadap dirinya yang dilakukan oleh orangtuanya, bukankah ini melanggar HAM? Bagaimana jika ketika dewasa wanita tersebut tidak memilih Islam sebagai agamanya?

OKI Menentang Praktek Sunat Perempuan