alexa-tracking

Guru Bahasa Jawa Takut Tidak Dapat Jam Pelajaran

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50d5465d8227cfbe7100001f/guru-bahasa-jawa-takut-tidak-dapat-jam-pelajaran
Peringatan! 
Guru Bahasa Jawa Takut Tidak Dapat Jam Pelajaran
Guru Bahasa Jawa Takut Tidak Dapat Jam Pelajaran

PURBALINGGA, KOMPAS.com - Guru mata pelajaran muatan lokal Bahasa Jawa di Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah takut tidak mendapat jam pelajaran jika kurikulum baru mulai diterapkan 2013 mendatang. Dalam kurikulum baru, mata pelajabran bahasa daerah dihilangkan dan hanya diganti mata pelajaran prakarya.

Sekretaris Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Jawa se-Purbalingga, Prasetyo, Sabtu (22/12/2012), mengatakan, para guru bahasa jawa benar-benar kebingungan menyambut rencana kurikulum 2013. Secara teknis mereka belum tahu apakah guru mapel bahasa jawa harus mengampu mata pelajaran lain.

Saat ini dari sekitar 90 guru bahasa jawa di Purbalingga, dan 50 persen di antaranya sebenarnya sudah bersertifikasi. Dengan penghapusan muatan lokal bahasa jawa, syarat 28 jam pelajaran dalam sepakan untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi dipastikan sulit dipenuhi.

Menurut Prasetyo, dalam kurikulum 2013 hanya ada satu muatan lokal yakni prakarya yang diajarkan empat jam seminggu. Padahal, selain bahasa jawa masih ada beberapa muatan lokal lain yang berbeda-beda di setiap sekolah. Seperti elektronika, seni ukir, hingga membatik.

"Memang ada kemungkinan menampung bahasa jawa dalam prakarya. Tetapi jam pelajaran tentu akan berkurang, karena harus berbagi dengan muatan lokal lain. Yang lebih dikhawatirkan, guru bahasa jawa umumnya hanya mampu mengampu mata pelajaran tersebut. Mereka khawatir tidak dipakai lagi," jelasnya.

Padahal, dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 lalu, guru dan sekolah mendapat kebebasan mengelola kurikulum pengembangan dari standar isi. Dalam pengembangan tersebut masih dibatasi adanya muatan lokal yang wajib dilaksanakan.

Ketua MGMP Bahasa Jawa SMP se-Kebumen, Eko Wahyudi, berharap Mendikbud dan Tim Perumus Kurikulum 2013 di pemerintah pusat bijaksana sebelum menetapkan kurikulum 2013. Kongres Bahasa Jawa di Surabaya 2011 mengamanatkan seluruh SD, SMP dan SMA di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta wajib mengajarkan bahasa jawa.

EMBER

Quote:
nah loh tambah masalah baru dah kurikulum 2013 ,

kenapa juga bahasa jawa dihilangkan khan bagus untuk mempertahankan budaya
Bahasa daerah lebih baik daripada prakarya . Bahasa daerah kan termasuk cara melestarikan kebudayaan
nah loh, nanti bljr bhs jawa ke belandq
ooooooooo gannnn
ktax kurilukum 13 bertema kebudayaan. lah kok yg mnjadi ikon kebudayaan kok di lebur tu g sinkron bgt ya.....
yakinlah pak anda dapat, kalo gua presidennya emoticon-Malu (S)
hahh??dihapus??
nanti ababil2 pasti sama sekali gak tau apa itu hanacaraka..
emoticon-Cape d...
harus belajar sama siapalagi budaya daerah sendiri, kalo kondisinya kayak begini ?
Quote:


bsa belajar ke belanda gan..
atau kalo m4L4Ysia berminat sma bhs jawa bsa di klaim jga tar kita belajar disana..

masih pada inget pada budaya nya yah hehe
Bocah skarang banyak yg ga bisa basa jawa, apalagi basa kromonya. Tapi kalo disuruh misuh2, beuh nomor satu dah.
Quote:


kolektor bata yang bener kampungan!
waktu smp ada pelajaran bahasa daerah (sunda)
pas sma sih kaga ada emoticon-Hammer
itu tahun 95an emoticon-Hammer
Quote:

Setuju! Ayo galakkan bahasa Malay & Inggris! Musnahkan bahasa Jawa!

Quote:


Quote:

emoticon-Ngakak
khan udah pada janji berbahasa satu bahasa indonesia.

kalo ga bisa menepati sumpah pemuda 1928, ya pengkhianat donk. emoticon-Big Grin

dari dulu dipelajaran sekolah udah dibilangin, bahasa indonesia adalah bahasa utama.

bahasa china juga sebenernya beragam, tapi ya tetep 1 bahasa china nasional yang digunakan.

Mendingan bahasa arab...lebih barokah.pan di akhirat bahasa arab yg dipake....kalo bahasa daerah dikit aja jamnya...ga tega kalo ilang sma sekali..takut diklaim malaysia
pelajaran bahasa jawa itu pelajaran yg menyenangkan lho
Quote:


emoticon-Ngakak kaco lo gan

Quote:

Coba dicek lagi bunyi sumpah pemuda!
emoticon-Big Grin
×