alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50d524ed1b76087b14000005/empat-barang-yang-bakal-dikenakan-cukai-tahun-depan
Empat barang yang bakal dikenakan cukai tahun depan
Empat barang yang bakal dikenakan cukai tahun depan


Pemerintah melalui Kementerian Keuangan berencana memperluas barang-barang atau komoditi yang akan dikenakan cukai. Untuk saat ini, jika mengacu pada Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang barang kena cukai, ada tiga jenis barang yang sudah dikenakan cukai yakni etil alkohol (EA) atau etanol, minuman yang mengandung etil alkohol (MMEA), dan hasil tembakau atau rokok.

Cukai dikenakan untuk barang-barang tertentu yang mempunyai sifat atau karakteristik yang dipandang konsumsinya perlu dikendalikan dan peredarannya perlu diawasi. Cukai juga dikenakan untuk barang-barang yang pemakaiannya dapat menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat atau lingkungan hidup.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengaku akan memperluas barang terkena cukai untuk menggenjot penerimaan negara.

"Yang bisa kita gali adalah barang cukai lain yang perlu kita kenakan cukai tapi juga yang kita anggap melindungi masyarakat Indoensia," ujar Agus Marto beberapa waktu lalu.

Setidaknya ada empat komoditi baru yang akan dikenakan cukai. Berikut pemaparannya.



Quote: Empat barang yang bakal dikenakan cukai tahun depan

1. Minuman soda

Pengenaan tarif kepada minuman soda dikarenakan komoditi ini berbahaya bagi kesehatan. Dampak negatif konsumsi berlebih dari minuman ini dapat menyebabkan gangguan ginjal, meningkatkan risiko terkena diabetes, asam urat, gangguan lambung, hati, usus dan obesitas.

Selain itu, komoditi ini merupakan potensi penerimaan negara yang belum tergali. Data menunjukkan volume konsumsi minuman bersoda pada 2012 sebesar 0,790 miliar liter.

Pemerintah telah menyiapkan lima alternatif tarif cukai untuk minuman ringan berkarbonasi yang berpemanis (soda) mulai dari Rp 1.000 sampai Rp 5.000.

Potensi penerimaan dari tarif tersebut cukup signifikan. Jika tarif cukai dikenakan Rp 1.000 potensi penerimaan bisa Rp 0,79 triliun. Jika dikenakan cukai Rp 2.000 negara bisa memperoleh Rp 1,58 triliun.

Jika tarif cukai Rp 3.000 negara bisa mendapat pemasukan Rp 2,37 triliun. Dengan tarif cukai Rp 4.000, negara bisa memperoleh Rp 3,16 triliun dan jika tarifnya Rp 5.000 setidaknya Rp 3,95 triliun masuk ke kas negara.

Yang akan dikenakan cukai adalah pengusaha pabrik atau produsen dan importir yang memiliki izin berupa nomor pokok pengusaha barang kena cukai. Pembayaran wajib dilakukan setelah selesai produksi dan sebagai tanda telah kena cukai akan dilebeli barcode pada produk tersebut.



Quote: Empat barang yang bakal dikenakan cukai tahun depan

2. Pulsa telepon

Kemenkeu berencana menjadikan pulsa telepon seluler sebagai salah satu barang kena cukai. Alasannya, penggunaan telpon seluler berbahaya untuk kesehatan dalam jangka waktu panjang.

Kementerian Keuangan menjelaskan, penggunaan telepon seluler lebih dari 10 tahun akan menggandakan resiko kanker otak. Radiasi telepon seluler dinilai dapat memicu kanker otak, tumor sel saraf pendengaran, tumor kelenjar saliva, leukemia dan limfoma.

Beberapa negara seperti Amerika Serikat, India, Tajikistan, Estonia, Rumania, Serbia dan Slovenia telah menerapkan kebijakan cukai tersebut.

Ide Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menetapkan pulsa telepon seluler sebagai salah satu produk atau komoditi kena cukai ternyata disambut sinis. Sambutan sinis tersebut justru datang dari kementerian lain.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengaku tidak kaget dengan wacana tersebut. Sebab, sejak dulu sudah ada rencana menjadikan operator seluler lumbung pendapatan negara.



Quote: Empat barang yang bakal dikenakan cukai tahun depan

3. Emisi

Emisi kendaraan bermotor juga direncanakan bakal dikenakan cukai. Alasannya, emisi CO2 dan gas pencemar lainnya berdampak negatif bagi kesehatan, pemanasan global dan perubahan iklim.

Kendaraan bermotor juga menyebabkan kemacetan dan membengkaknya subsidi bahan bakar minyak (BBM).

Pengenaan cukai kendaraan bermotor dihitung pada saat kendaraan memeriksakan emisi gasnya. Negara yang telah menerapkan ini adalah Thailand, Korea Selatan, Singapura, Malaysia dan Fillipina.



Quote: Empat barang yang bakal dikenakan cukai tahun depan

4. Limbah pabrik

Kementerian Keuangan juga mewacanakan untuk mengenakan cukai pada limbah pabrik. Alasannya karena mencemarkan lingkungan hidup sehingga berbahaya bagi kesehatan masyarakat.

Kebijakan pengenaan cukai pada limbah sudah dijalankan di 27 negara Uni Eropa terhadap limbah energi, transportasi, polusi dan sumber daya.



Reporter : Wisnoe Moerti
Sabtu, 22 Desember 2012 09:26:00

sumber : http://www.merdeka.com/uang/empat-ko...kan-cukai.html


comment : Prinsip rumus Pemasukan Negara bukannya begini ya |:

Semakin Banyak dan Besar Input nya , Semakin Besar lubang lubang kebocoran nya.


congrats buat gayus cs di ditjen pajak , akhirnya tahun depan punya lahan korupsi baru. emoticon-Selamat
Iya deh gan, semakin dikendalikan semakin baik..
kalao gak ada yg nilep semua potensi pajak di indo udah bikin negara ini kaya raya
Quote:Original Posted By JASA.FULL.BAR

congrats buat gayus cs di ditjen pajak , akhirnya tahun depan punya lahan korupsi baru. emoticon-Selamat


gerombolannya gayus belon diungkap & sebentar lagi si Gayut Tambunan keluar jadi OKB dahemoticon-Kiss (S)
wah, pulsa jg kena cukai oi..
pulsa telepon waduh makin mahal dunk emoticon-Mewek
Quote:Original Posted By hansjedi
gerombolannya gayus belon diungkap & sebentar lagi si Gayut Tambunan keluar jadi OKB dahemoticon-Kiss (S)



yoi bener gann , jadi inget spanduk pas pilkada DKI yg tulisannya :

SATU ILMU , SATU GURU , SATU DEPARTEMEN
perasaan semuanya emang udah kena pajak kalo ane belanja dimini market juga ada PPn nya kan.. makan di restoran, gajian, bonus, semua di potong pajak lama2 berak juga di pajakin..

enak kali jadi orang brunei atau qatar yang tidak mengenal pajak
alasan yang aneh pulsa kena pajak, sekalian aja warnet kena pajal juga
itu minuman bernergi yang jelas2 bahaya buat liver sama rokok kenapa ga dinaikin aja
Quote:Original Posted By mbia
perasaan semuanya emang udah kena pajak kalo ane belanja dimini market juga ada PPn nya kan.. makan di restoran, gajian, bonus, semua di potong pajak lama2 berak juga di pajakin..

enak kali jadi orang brunei atau qatar yang tidak mengenal pajak



sebenernya enakan jadi penduduk NKRI gan

tapi

kalo Presiden , Wapres , Anggota DHewan , dan PNS2 nya di daur ulang
Quote:Kemenkeu berencana menjadikan pulsa telepon seluler sebagai salah satu barang kena cukai. Alasannya, penggunaan telpon seluler berbahaya untuk kesehatan dalam jangka waktu panjang.

Kementerian Keuangan menjelaskan, penggunaan telepon seluler lebih dari 10 tahun akan menggandakan resiko kanker otak. Radiasi telepon seluler dinilai dapat memicu kanker otak, tumor sel saraf pendengaran, tumor kelenjar saliva, leukemia dan limfoma.


baik banget dah kemenkeu sekarang peduli dengan kesehatan masyarakatnya. jadi ngak cuman mengambil keuntungan dari pajak cukai pulsanya
pasti sudah dikoordinasikan ke menkes, menkominfo. makanya menerapkan kebijakan itu.

super sekali emoticon-Malu (S)













untuk capres mendatang
bisa menggunakan senjata ini untuk menarik simpatisan muda emoticon-Big Grin

Ndak apa-apa klu ada pajak baru, tp jangan ditilep ya pak.
Amanah dari rakyat jangan di sia2kan, apa mau ente smua masuk bui kyk gayus?!
makin banyak pemasukan makin banyak yg dikorupsi emoticon-Big Grin

tlong genjot kinerja PNS nya pak, pemerintah jangan cuma bisa getol narik duit masyarakat tapi diminta perbaiki kinerja ga pernah bisa emoticon-Embarrassment
pulsa dikasih cukai gan? wawww, tambah mahal dong, emoticon-Sorry
pulsa telepon kena pajak tu yg aneh..
knp ga rokok aja yg dijadiin 100rb sebungkus. dah jelas tu berbahaya..

kl hape ada yg blg berbahaya ada yg blg nggk. masih debatable..
Quote:Original Posted By kanga6us
Amanah dari rakyat jangan di sia2kan, apa mau ente smua masuk bui kyk gayus?!


kalo cuman dimasukin BUI mahh

gayus2 cs ga bakalan kapok gan , kan bisa pergi ke bali

mending di kirim ke timur tengah

biah di potong tangan
2014 gan... Partai2 koalisi lagi kebingungan cari dana buat pilpres 2014. soalnya di awasin sama KPK.
Jadi mereka mencurinya dengan "membuat" Halal barang curian. emoticon-Cape d... (S)

PULSA yang paling kocak, dasar bloon tuh pemerintah emoticon-Smilie

VOTE RHOMA & ACENG
Rhoma & Aceng. Pilihan Tepat 2014
Quote:Original Posted By agusrazzid
2014 gan... Partai2 koalisi lagi kebingungan cari dana buat pilpres 2014. soalnya di awasin sama KPK.
Jadi mereka mencurinya dengan "membuat" Halal barang curian. emoticon-Cape d... (S)

PULSA yang paling kocak, dasar bloon tuh pemerintah emoticon-Smilie

VOTE RHOMA & ACENG
Rhoma & Aceng. Pilihan Tepat 2014


yg gw bold


syuperr sekali kata2nya gann

menusuk sangat
tar rajin2 diaudit aja hasil cukainya,
klo nggak bisa2 masuk kantong pribadi .