alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50d50ba31dd719780d000035/menristek--indonesia-akan-memproduksi-pesawat-n219-pada-2014
Menristek : Indonesia akan memproduksi pesawat N219 pada 2014
JAKARTA--MICOM: Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta mengatakan Indonesia akan memproduksi pesawat N219 pada 2014.

"Tahun ini masih dalam tahap desain, kemudian 2013 dibuatkan prototype dan 2014 akan diproduksi," ujar Menristek dalam lokakarya Dewan Penerbangan dan Antariksa Nasional di Jakarta, Kamis (20/12).

Pesawat yang mempunyai kapasitas 19 penumpang tersebut, akan melayani wilayah pegunungan dan sulit dijangkau. Pesawat N219 adalah pesawat yang mempunyai dua baling-baling dan hanya membutuhkan landasan 500 meter.

"Angkutan udara memang diperlukan karena cepat, sarana mempersatu bangsa, menjangkau daerah terpencil, dan juga menunjang sektor lain," ujarnya.

Kemristek sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp310 miliar yang digunakan untuk pembuatan prototype. Produksi pesawat tersebut melibatkan sejumlah lembaga seperti Lapan,

PT DI, dan BPPT.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Bambang S Tejasukamana mengatakan pada 2013 akan diproduksi empat pesawat prototype yang digunakan untuk uji terbang dan uji struktur.

"Hampir 70 persen bandara di Indonesia mempunyai landasan di bawah 800 meter," ujar Bambang.

Pesawat N219 tersebut, lanjut dia, sudah dipesan oleh sejumlah maskapai penerbangan sebanyak 50 unit. Namun sebelum dijual, kata Bambang, pihaknya akan melakukan sertifikasi terhadap pesawat tersebut.

Bambang mengatakan, pesawat yang dibuat tersebut lebih murah dibandingkan pesawat sejenis yang diproduksi negara lain.

Pada tahun 2016, Indonesia juga menargetkan akan memproduksi N245 dan pada 2017 memproduksi N270.

Sumbel

jangan ada kabar sperti mobil esemka dulu, yg gak lulus uji coba kelayakan..
Trus ngaret lg emoticon-Big Grin
Ada gak ya pesawat ? emoticon-Ngakak (S)

INDONESIA emoticon-army
Buat trit pasti sepi trus emoticon-Frown
oh masih ada toh pabriknya ane pikir udah dibikin pabrik panci..

tapi bagus deh daripada ahli pesawat kita yang banyak itu mbikinin pesawat utk negara arab atau brasil
ya moga gaj cuma angin anginan..apa lagi masuk angin
ya moga aja gak cuma angin anginan..apa lagi masuk angin
kok banyak yang pesimis ya emoticon-Embarrassment
sudahlah kita liat aja nanti emoticon-Embarrassment
mudah2an ntar hasil produksinya bagus dan diakui dunia penerbangan internasional

dan jangan sampai ntar kalo udah jadi kapal malah dituker sama beras ketan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By clcyep
Buat trit pasti sepi trus emoticon-Frown


sabar gan...emoticon-Matabelo coba tambahi tulisannya misal, penumpangnya khusus cewek muda dan cantik, atau tulis aja bekerja sama dengan FPI..pasti rame..emoticon-Ngakak
Ane setuju banget neh sama menristek..
tapi nih ye, jangan sampai kejadian kayak dulu PT DI..
Kasian banget semua uji udah jalan tinggal mau produksi malah dituntut pailit padahal ngerti sendiri namanya industri pesawat terbang memang jangka panjang, kaga bisa dipanen cepet kayak jualan rokok
Quote:Original Posted By clcyep
Buat trit pasti sepi trus emoticon-Frown


sabar gan, BP-ers mainstream emang lebih senang mencaci daripada memuji...beda sama ignorant kek gwemoticon-Ngakak



kalo bikin pesawat kek nya Indonesia udah lebih berpengalaman, ketimbang bikin mobil untuk nyaingin produk jepang
sooo....ane doain berhasil projeknya...emoticon-Angkat Beer
Entah mana yang lebih baik, sepi komentar atau banjir komentar bodoh.
Misal komentar 'zaman gini masih pakai pesawat baling-baling'?
Padahal mestinya tahu sendiri alasan penggunaan propeller.
2014 masih lama ahhh emoticon-Big Grin nanti juga lupa
nah ini dia..
baru kedengeran kabarnya ni menristek..
apa ane yg kurang up2date ya.
emoticon-Ngakak
wah mantaf.. btw, pesawatnya yang kayak apa nih gan N219 itu, bisa luncurin rudak gak?
emoticon-Bingung
Molor 3 tahun?