alexa-tracking

Revitalisasi Tugu Yogyakarta Rampung

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50d313447c12434d18000017/revitalisasi-tugu-yogyakarta-rampung
Inspiratif 
Revitalisasi Tugu Yogyakarta Rampung
Revitalisasi Tugu Yogyakarta Rampung



Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta meresmikan revitalisasi tahap pertama Tugu Pal Putih, Selasa, 18 Desember 2012. Peresmian itu sekaligus menjadi penanda bagi masyarakat dan wisatawan yang selama ini memanfaatkan monumen tersebut untuk berfoto dengan cara naik ke bagian badannya.

“Mulai saat ini, masyarakat tidak diperkenankan lagi berfoto dengan menaiki Tugu, demi menjaga keawetan dan kelestariannya sebagai ikon kota,” kata Kepala Dinas Kebudayaan DIY, GBPH Yudaningrat.

Menurut adik tiri Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X itu, peresmian revitalisasi tahap pertama yang memakan waktu tiga setengah bulan ini menghabiskan biaya sekitar Rp 688 juta. Revitalisasi ini meliputi pembuatan pengaman Tugu berupa taman dan jalur pedestrian selebar setengah meter di sekeliling Tugu, penggantian kemuncak, serta pemasangan perada berwarna emas di kemuncak.

Di empat sisi Tugu juga dipasang prasasti. Sedangkan lapisan batu andesit dipasang pada empat simpang jalan di sekitar Tugu dan diberi lampu sorot untuk menonjolkan sosok Tugu pada malam hari.

Menurut Koordinator Masyarakat Advokasi Warisan Budaya (Madya) Yogyakarta Johannes Marbun, dia sangsi larangan menyentuh Tugu akan efektif tanpa dikomunikasikan dengan masyarakat, khususnya warga di sekitar Tugu. “Komunikasi tentang bagaimana sejarah dan perawatan cagar budaya tak pernah tersampaikan sehingga aturan yang kemudian tiba-tiba ada sangat berpotensi dilanggar,” katanya.

Kepala Bidang Sejarah Purbakala dan Museum Dinas Kebudayaan DIY Nursatwika mengatakan revitalisasi tahap kedua Tugu dimulai tahun depan, yaitu dengan membangun diorama luar ruang Tugu Golong Gilig, yang akan dibangun di sisi tenggara Tugu. Diorama itu akan memakai lahan seluas 293 meter persegi. “Saat ini sedang proses pembebasan lahan, lalu membuat detail engineering design,” ujarnya.

sumber, komentar, berarti klo bener2 beres, ga bisa naik dan foto2 sepuasnya ya.... mantabs
bagusnya bentuknya di ganti aja gan....dibikin kaya candi aja....
kabarnya kagag boleh dinaikin buat foto2 gan?
jadi lebih cakep dunk emoticon-Kiss

Kunjungi Blog | Artikel Menarik
Jadi mengkilap ya.Benerlah dilarang dipegang. Ada yang megang memang tujuannya untuk serius kagum,tapi ada juga yang niatnya buang upil.
sori agan TS, kliatannya ada foto yang lebih baru lagi deh...........
klo gak salah,foto yg baru tuh Tugu nya dipagerin ya?? banyak yg seneng klo Tugu sekarang gak boleh buat foto2 krn jadi gak semrawut katanya
kalo jadinya kek gt jalannya jd kliatan lebar
secara tiap liburan macet sadis emoticon-Busa:
berkali2 k jogja ane mlh blm prnh njamah tu tugu,terlebih untuk foto.haddeh....
tugu jogja emang dah selesai rehabnya gan, jadinya mantap, lumayan deket dari rumah ane tuh cuma 300 m an.
harusan jogja tuh bikin landmark laen selain tugu ini, terus tugu yang lama ini dilarang lagi buat foto2... lagian gw sendiri bingung apa bagusnya tugu kecil ditengah jalan kendaraan dibuat foto2 emoticon-Amazed
renovasi, revitalisasi, atau apalah, kok kayaknya udah jadi agenda rutin buat tugu. kita liat taun depan aja deh ada apa lagi di tugu emoticon-Big Grin



(semoga ane salah)
simbol dari kota yogyakarta. keren lah...
Quote:


Ane yang orang jogja aja belom pernah pegang gan...emoticon-Berduka (S)
harusnya dibikin kalo dipegang nyetrum.. emoticon-Big Grin
seenaknya aja tuh poto2 sampe nginjek2 tugu jogja.. bikin macet pulak emoticon-Mad
Quote:

ngawur, Tugu jogja itu iconnya jogja mas bro. baik secara kultural maupun budaya ada nilai2 yang tidak tergambarkan hanya dengan penampakannya saja

Quote:

baguslah bro. kadang ndak rela, tengah malam liat abege2 alay pada manjatin bangunan sakral tsb.

Quote:

wakakakaa, om satan masuk yang mana nih?

Quote:

hlo, malah baru tau kalau di pagerin?

emoticon-Bingung

besok kesana ahhh
Quote:


tugunya si sebenernya ada 2, cm yg satu ga kondang. padahal kalo mau ke jogja dr barat pasti liat tu tugu. .
Quote:

kok ya ada yg senasibemoticon-Peluk:
bola bali liwat ndumuk sithik wae malah durung tauemoticon-Frownemoticon-Frown
Quote:


minta tulung difotoin gan...
ntu foto yg dipajang ts udah agak basi kayaknya.

Quote:


ssuk ndang ndumuk.emoticon-Big Grin..munggah pager emoticon-Hammer