alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50d2b496db9248e665000024/debat-belum-selesai-ini-lho-manfaat-orang-asing-boleh-beli-properti-indonesia
[Debat Belum Selesai] Ini Lho Manfaat Orang Asing Boleh Beli Properti Indonesia!
Sumber : http://www.rumah.com/berita-properti

Ketidakpastian legalitas kepemilikan properti oleh asing ditengarai banyak merugikan pemerintah. Pengamat mendorong agar pemerintah segera menetapkan aturan terkait kepemilikan properti asing.

Pakar properti Panangian Simanungkalit mengatakan, saat ini semakin marak terjadi penyelundupan hukum di sektor properti. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya properti yang secara faktual dimiliki oleh orang asing, tetapi legalitasnya dimiliki oleh warga pribumi.

"Itu berarti membohongi hukum atau dengan kata lain sudah terjadi penyelundupan hukum," kata Panangian di Jakarta, hari Selasa (18/12).

Menurut Panangian, hal ini terjadi akibat tidak jelasnya kebijakan yang mengatur tentang kepemilikan oleh asing. Panangian melanjutkan, pemerintah tidak perlu alergi dalam memberikan legalitas kepemilikan properti oleh asing, karena ada manfaat-manfat yang bisa didapat.

Pertama, hukum akan diluruskan. "Kalau yang terjadi sekarang kan kewibawaan pemerintah dan negara menjadi tidak ada, karena pihak asing itu berlomba menyiasati kebijakan pemerintah," ungkap Direktur Eksekutif Pusat Studi Properti Indonesia (PSPI) ini.

Kedua, akan memberikan pemasukan tambahan bagi negara. "Pemerintah berhak menetapkan batasan harga properti yang dapat dimiliki dan pajak-pajak yang mengikutinya bisa dijadikan pemasukan bagi negara," terang dia.

Manfaat ketiga, pemerintah dapat memanfaatkan pemasukan tambahan tersebut untuk kemaslahatan masyarakat. "Uangnya bisa digunakan untuk membiayai pembentukan bank tabungan perumahan nasional, jadi seperti subsidi silang. Ini kan sederhana, seperti mengaplikasikan teori pengeluaran dan pemasukan," ujar dia.

SOURCE
Ane pertamax ga ya?

tambahin donk menurut pandangan agan seperti apa? atau masukan agan gmna gitu? sertakan gambar gan biar menarik emoticon-Smilie

wah klo g salah ada satu pulau yang dibeli asing,,,terus dijadiin objek pariwisata asing dan tertutup bgt ,,,orang lokal g boleh masuk,,,
properti kita harus dioptimalkan penggunaan n pemanfaatannya bw rakyat dunk...
asing kaga ikutan aja harga dah gila,
gimana mau maju?lama" negara juga dilelang emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By alakadarnya19
asing kaga ikutan aja harga dah gila,


Betul banget. Kalau asing bebas leluasa makin nggak terbeli deh sama rakyat sendiri.

Yang dibutuhkan buat investasi itu kepastian. Nggak perlu beli asal pasti. Di singapore aja mana dikasih beli tanah buat pabrik, yang ada sewa sama pemerintahnya. Tapi semua serba pasti. Nggak akan ada cerita pemerintah sembarangan nyabut izin, peraturan nggak begitu saja berubah2, nggak ada pungli.
Quote:Original Posted By night_bird


Betul banget. Kalau asing bebas leluasa makin nggak terbeli deh sama rakyat sendiri.

Yang dibutuhkan buat investasi itu kepastian. Nggak perlu beli asal pasti. Di singapore aja mana dikasih beli tanah buat pabrik, yang ada sewa sama pemerintahnya. Tapi semua serba pasti. Nggak akan ada cerita pemerintah sembarangan nyabut izin, peraturan nggak begitu saja berubah2, nggak ada pungli.


Di singapura, asing blh tuh beli properti mrk. Condo2 mahal dibeli jg sm org indo
setau ane, yg lagi diusulin adalah asing boleh beli properti di indo ASAL nominalnya 2.5 atau 3 M ke atas, kalo dibawah itu ga boleh. dan kalo ga salah lagi, yg blh dibeli asing adalah apartemen dan bkn rumah.
yang ngomong mikirnya kuntungan sesaat terus, secara properti berarti kan bersamaan dengan tanahnya, ane rasa bertentangan dengan semangat UUD, karena kalau kepemilikan atas tanah dan bangunan oleh asing di bebaskan, rakyatnya pasti akan tergusur secara kemampuan fiansial mereka jauh lebih kuat, lala kelamaan negara ini balik lagi jadi negara terjajah...emoticon-No Hope
inilah akibat negara yang baru berkembang dengan tingkat korupsi yang tinggi.



[Debat Belum Selesai] Ini Lho Manfaat Orang Asing Boleh Beli Properti Indonesia!
[Debat Belum Selesai] Ini Lho Manfaat Orang Asing Boleh Beli Properti Indonesia!
apalagi kalo asing beli apartemen subsidi tuch
Boleh beli pulau sekalian kali yak emoticon-Berduka (S)
Orang pribumi kok komengnya kek gitu ya.. pikir kemashlahatan lebih jauh ..
Hancurlah tanah indonesia ini habis dibeli asing emoticon-Cape d... (S)