alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50d2705ce574b4364f00002e/centurygate-comeback-kpk-harus-pantau-aliran-dana-ke-perusahaan-gita-wirjawan
Centurygate Comeback: KPK harus pantau Aliran Dana ke Perusahaan Gita Wirjawan
CENTURYGATE
KPK harus Pantau Penanganan Kasus Aliran Dana ke Perusahaan Gita Wirjawan
Rabu, 19 Desember 2012 , 11:15:00 WIB

RMOL. Perjalanan penyidikan aliran dana dana bailout Bank Century ke PT Graha Nusa Utama sudah jauh. Dikabarkan Polri sudah melimpahkannya ke Kejaksaan Agung. "Bahkan disebutkan kasus ini sudah cukup jauh berjalan. Sudah masuk ke Kejaksaan Agung," jelas Direktur Visi Indonesia Akbar Kiahaly kepada Rakyat Merdeka Online (Rabu, 19/12). PT GNU diduga menerima sejumlah dana yang bersumber dari penjualan aset Bank Century. Sebagian besar saham PT GNU atau sekitar 55 persen dibeli PT Ancora Land, yang merupakan perusahaan milik Menteri Perdagangan Gita Wirjawan.

Akbar menambahkan, Polri-Kejaksaan tetap harus diberi kesempatan menangani kasus tersebut. Selain, sebagai sarana untuk mengembalikan citra kedua institusi penegak hukum tersebut, juga karena rekomendasi Pansus Centurygate bahwa kasus pencucian uang dan pengembalian aset ditangani kedua lembaga tersebut. Tapi, dia meminta KPK harus tetap mensupervisi penanganan kasus tersebut. Apabila dalam perjalanannya dianggap masuk angin, KPK harus segera ambil alih. "Harus ada kalaborasi yang solid tanpa "masuk angin" antara pihak Mabes Polri, Kejagung dan KPK untuk menyeret Gita Wirjawan ke meja hijau. Terlepas dia seorang menteri dan disebut-sebut capres 2014, bagaimanapun hukum harus ditegakkan," [url]tegasnyahttp://www.rmol.co/read/2012/12/19/90589/KPK-harus-Pantau-Penanganan-Kasus-Aliran-Dana-ke-Perusahaan-Gita-Wirjawan-[/url]

Walau Membantah, Gita Wirjawan Tetap Diduga Terima Dana Century
Rabu, 19 Desember 2012 , 09:41:00 WIB

RMOL. Menteri Perdagangan Gita Wirjawan diduga juga turut menerima aliran dana bailout Bank Century. Berdasarkan penyidikan Polri, PT Graha Nusa Utama (PT GNU) menerima sejumlah dana yang bersumber dari penjualan aset Bank Century. Direktur Visi Indonesia Akbar Kiahaly menjelaskan, sebagian besar saham PT GNU atau sekitar 55 persen dibeli PT Ancora Land, yang merupakan perusahaan milik Gita Wirjawan. "Saya sampai saat ini menduga ada keterlibatan PT Ancora dalam hal kasus bailout Bank Century ini," jelas Direktur Visi Indonesia Akbar Kiahaly kepada Rakyat Merdeka Online (Rabu, 19/12).

PT GNU diduga digunakan bekas pemilik Bank Century Robert Tantular sebagai penghilang jejak aliran dana Century. "Jadi saya curiga PT GNU ini hanya tempat pencucian uang. Kita ketahui awal kepemikannya (PT GNU) dimiliki Robert Tantular. Dana mana yang dikelola, ya dana PT Antaboga itu. Yang sampai saat ini tidak jelas bagaimana penyelesaiannya," tegasnya.
Dia menjelaskan, awal pembentukan PT Ancora memang dimaksudkan untuk men-take over perusahaan-perusahaan yang mau jatuh. Tapi tidak sembarang perusahaan. "Saya sudah baca beberapa literatur perusahaan. Rata-rata perusahaan yang diambil itu perusahaan besar semuanya. Sedangkan informasi yang saya dapat, PT GNU perusahaan yang biasa-biasa saja. Makanya saya curiga PT GNU ini hanya ladang pencucian uang," katanya lagi.

Gita Wirjawan sebelumnya membantah Ancora Land menerima sejumlah dana dari Bank Century. Lewat pesan singkatnya, belum lama ini, Gita menegaskan, Ancora justru mengeluarkan dana untuk pengambil alihan saham perusahaan yang bonafide.
http://www.rmol.co/read/2012/12/19/9...-Dana-Century-

Centurygate Comeback: KPK harus pantau Aliran Dana ke Perusahaan Gita Wirjawan
Gita Wirjawan, kini menjabat Menteri Perdagangan RI

Priyo Dukung Timwas Century Panggil Gita Wirjawan
Selasa, 18 Desember 2012 17:33 WIB

WartaNews-Jakarta - Wakil Ketua DPR RI, Priyo Budi Santoso menegaskan, dirinya tidak akan menghalangi niat Tim Pengawas kasus mega skandal Bank Century yang akan memanggil Mentri Perdagangan, Gita Wirjawan selaku pemilik PT Graha Nusa (GNU) yang diduga menerima aliran dana dari Bank Century. "Yang jelas belum ada rapat memutuskan pemanggilan Gita Wirjawan. Tapi, kalau nanti sudah sesuai mekanisme rapat internal memanggil saya tidak akan menghalang-halangi," kata Priyo di Gedung DPR RI, Selasa (18/12). Menurut politikus Golkar itu, anggota Timwas yang paling tahu keterkaitan Gita adalah Hendrawan Supratikno. "Tapi prof Hendrawan Supratikno yang paling tahu pak Gita Wirjawan," tegasnya.

Munculnya nama Gita diungkapkan anggota Timwas Century dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Hendrawan Pratikno. Hendrawan mengatakan terdapat indikasi aliran dana Century mengalir ke Gita ketika PT Ancora Land milik Gita membeli 55 persen saham PT GNU. "Ancora Land ini milik Gita Wirjawan. Persoalannya kenapa dia mengakuisisi perusahaan yang tidak ada apa-apanya atau istilahnya sudah tidak ada cangkangnya. Perusahaan yang hanya dijadikan (tempat) pencucian uang," ujar Hendrawan di Gedung DPR Senayan, Jakarta.

Untuk diketahui, PT GNU adalah perusahaan yang dikomandoi oleh Totok Kuncoro. Selain aktif di PT GNU, Totok yang telah dijadikan tersangka dalam kasus perbankan dan pencucian uang itu juga merupakan pemegang saham di PT Antaboga Delta Securitas (ADS) dan PT Tirtamas Nusa Surya (TNS). Kejahatan Totok, menurut hasil investigasi polisi, diantaranya adalah menggelapkan dana nasabah ADS, sedangkan di PT TNS yang berafiliasi dengan Bank Century, Totok juga melakukan penjualan atau penggelapan aset yang diagunkan (AYDA). Dalam kasus ADS, Totok bahkan telah divonis delapan tahun penjara bersama dengan Robert Tantular (pemilik Bank Century) yang telah divonis sembilan tahun penjara
http://www.wartanews.com/nasional/1e...-gita-wirjawan

------------------------

Makin mendekati 2014, semakin aktif akrobatik para politisi dan parpol. Siapa tak kuat dukungan politiknya, bisa saja terseret pusaran arus permainan ini. Kalau tokoh sekuat Andi Mallarangeng saja bisa terseret dan masuk daftar pesakitan KPK, maka akan halnya memperindag Gita Wirjawan yang tak memiliki dukungan parpol dan tak memiliki 'body guard' dari kalangan 'preman politik' di DPR, akan sangat mudahlah untuk dijadikan tumbal politik tentunya. Kita lihat sajalah! Apalagi nama Gita Wirjawan disebut-sebut kans Capres 2014 kelak, akan semakin keras hantaman untuk ybs oleh lawan-lawan politik dari parpol yang akan mencalonkannya kelak
asal 1 kuncina,
berani ga kpk usut tuntas century ini sampe ke akar2na,
byk pejabat ring 1 (baca :istana ) yg bakal terjerat century ini klo bener2 diusut,
bismillah aja deh buat kpk,
TS kalau akuisisi PT GNU tahun depan juga bakal dibilang terlibat century emoticon-Big Grin
Gita memusuhi para koruptor yang menguras uang negara untuk kepentingan pribadi. Menurutnya, perilaku korup merupakan kendala besar bagi perkembangan Indonesia.
maju terus KPK sisir dari ranting sampe ke akarnya
×