alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50d2704e562acf730400007a/384-karyawan-kayu-lapis-kaget-di-phk-tiba-tiba
384 Karyawan Kayu Lapis Kaget Di-PHK Tiba-tiba
384 Karyawan Kayu Lapis Kaget Di-PHK Tiba-tiba

BEKASI, KOMPAS.com- Manajemen pabrik kayu lapis PT Pinafal Nusantara memberhentikan secara mendadak 384 karyawan. Manajemen beralasan menanggung rugi dua tahun dan tidak mampu menggaji karyawan sesuai Upah Minimum Kota Bekasi 2013.

Hingga Kamis (19/12/2012) pagi, karyawan berkumpul di gerbang pabrik di Jalan Wahab Affan, Pondok Ungu, Medan Satria, Kota Bekasi. Mereka tidak lagi bekerja sejak Senin (17/12/2012).

Karyawan menanti hasil pembicaraan antara perwakilan serikat pekerja dan manajemen terkait pesangon jika opsi PHK jadi ditempuh.

Pemberhentian secara sepihak itu mengagetkan karyawan perusahaan dengan cabang di Purwokerto dan Temanggung (Jawa Tengah) serta di Gresik dan Surabaya, Jawa Timur.

Pada Rabu dan Kamis pekan lalu, karyawan masih kerja bahkan lembur. Jumat, ada pengumuman perusahaan akan tutup mulai Senin.

Seorang karyawan bernama Setiono mengatakan, Sabtu dan Minggu pun, pabrik masih beroperasi. Namun, Senin, karyawan diminta tidak lagi menghidupkan mesin dan memproduksi kayu lapis. "Barang ada tuh di gudang dan keluar (ekspor) terus tapi kenapa kami malah enggak bisa kerja," katanya.

Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Bekasi Raden Abdullah mengatakan, ada kesan perusahaan menutup diri dengan alasan sedang menanggung kerugian dan ketidaksanggupan membayar UMK 2013. Perusahaan secara sepihak mengatakan, rugi dalam dua tahun senilai Rp 3 miliar. Jika terus berproduksi dan menanggung UMK 2013 senilai Rp 2,1 juta, kerugian sampai tahun depan bisa mencapai Rp 9 miliar.

Abdullah menyayangkan, penutupan perusahaan pada Senin itu secara mendadak. Sesuai aturan, jika perusahaan akan tutup harus mengumumkan kepada karyawan tiga bulan sebelumnya.

Masalahnya, pemberitahuan malah tiga hari sebelum penutupan dan cuma kepada ketua serikat pekerja tingkat pabrik. Selain itu, tawaran pesangon senilai satu kali gaji pokok dikalikan masa kerja, kata Abdullah, tidak bisa diterima begitu saja.

Menurut aturan, pesangon minimal dua kali gaji pokok dikalikan masa kerja. "Saya mendengar perusahaan inginnya cuma satu," katanya.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia Said Iqbal saat dihubungi terpisah mengatakan keheranan dengan alasan kerugian yang ditanggung perusahaan. "Itu klaim sepihak, buktikan dengan audit independen," katanya.

Iqbal mengatakan, jika benar rugi, maka bisa diatasi misalnya dengan penangguhan UMK 2013, peningkatan produksi untuk memperbesar keuntungan, dan peningkatan produktivitas dengan memastikan tingkat kehadiran karyawan meningkat.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Bekasi Abdul Iman mengatakan, pemberhentian karyawan PT Pinafal Nusantara akan segera dikaji. Perwakilan pengusaha dan pekerja akan dimediasi. Sayang, manajemen PT Pinafal Nusantara tidak ada yang bisa ditemui di lokasi pabrik.
Editor :
Marcus Suprihadi

Sumber :http://megapolitan.kompas.com/read/2012/12/20/08504211/384.Karyawan.Kayu.Lapis.Kaget.DiPHK.Tibatiba?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kknwp

Tumbal UMK pertama terjadi yang lain akan segera menyusul.emoticon-Malu (S)
Waduh kasian...
temen ane mantan kayu lapis semua tuh :emoticon-Big Grin
skrng ada yg buka toko herbal, bisnis MLM dll emoticon-Big Grin







Download gratis ebook atasi ejakulasi dini
http://gratisebook.16mb.com/ejakulasi-dini.pdf
emoticon-I Love Indonesia (S)

Tenang. Akan lahir banyak wirausaha tangguh dari mereka yang kena PHK.
Quote:Original Posted By priyatin
Waduh kasian...
temen ane mantan kayu lapis semua tuh :emoticon-Big Grin
skrng ada yg buka toko herbal, bisnis MLM dll emoticon-Big Grin


semoga soekses dengan kemandiriannjah .... emoticon-Malu (S)
eahhhhhh, kena neh......, ini akibat ikut ikutan jakarta naikin UMPemoticon-Ngakak
pengen untung malah buntung emoticon-Big Grin
kalo memenuhi sarat...bisa kok bayar gaji di bwah UMP...!!!

ada yang aneh dengan perusahaan ini...^^
yaudah buka warteg aja emoticon-Embarrassment kalo ga usaha yang lain juga boleh emoticon-Embarrassment
Quote:Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia Said Iqbal saat dihubungi terpisah mengatakan keheranan dengan alasan kerugian yang ditanggung perusahaan. "Itu klaim sepihak, buktikan dengan audit independen," katanya.


Tanggung jawab lu nyet, kasih makan tuh 384 karyawan emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
gue yakin serikat pengangguran eeh serikat pekerja indonesia bisa ngasih mereka makan dan kerjaan kalo beneran di PHK emoticon-Ngakak

atau rame2 minta makan ke jokowi ajaaaaa emoticon-Ngakak inget lho UMP 2,2 juta itu siapa yg mutusin emoticon-Big Grin ....
makan tuh PHK emoticon-Malu (S)
minta kerja sono ma sarikat SETAN kalau males wirausaha emoticon-Najis

said iqbal emoticon-Najis emoticon-Najis: komennya sungguh seenaknye aje apa dgn peningkatan produksi naik tuh pengjhasilan, udah tau ekonomi eropa tujuan ekspor lagi lesu yg ad abiaya produksi meningkat, output numpuk di gudang gk ad yg beli akhirnya tambah merugi, beri makan sono karyawan yg dipecat ciptakan tuh lapangan kerja yg UMPnya semau lo
Waduh kasian juga ya para buruh ini..

Kalau pemberhentian secara mendadak kyak gini sih memang agak ribet soalnya untuk kedepannya karyawan pasti belum punya rencana mau ngapain, mau kerja dimana atau mau usaha apa..

Apa ini semua gara2 UMP 2013...? ane rasa ngga juga.. mungkin dengan adanya kenaikan UMP 2013 malah perusahaan jadi punya kesempatan untuk melakukan PHK masal sperti ini.. ini cuma pendapat ane aja.. ada kemungkinan begitu karena dari isi beritanya udh 2 tahun ini perusahaan rugi..
pertanyaannya, kalau sudah mulai begini, masih pada mau demo lagi kaya kemaren apa gak ya ?
Quote:Original Posted By MyFuture
Waduh kasian juga ya para buruh ini..

Kalau pemberhentian secara mendadak kyak gini sih memang agak ribet soalnya untuk kedepannya karyawan pasti belum punya rencana mau ngapain, mau kerja dimana atau mau usaha apa..

Apa ini semua gara2 UMP 2013...? ane rasa ngga juga.. mungkin dengan adanya kenaikan UMP 2013 malah perusahaan jadi punya kesempatan untuk melakukan PHK masal sperti ini.. ini cuma pendapat ane aja.. ada kemungkinan begitu karena dari isi beritanya udh 2 tahun ini perusahaan rugi..


khan aturan sekarang kalau gk ada laporan merugi atau gk ngaku rugi 2 tahun berturut2 lalu gk bayar sesuai UMP pengusahanya yg dibui, ini sih alasan utamnya pasti UMP 2013, dasar pemerintah idiot bikin aturan yg nyusahin, birokrasi oh birokrasi, udah banyak pungli, izin lama, mau bangkrut juga dipersulit emoticon-Berduka (S)
ya kalo kagag bisa ngasih gaji ngapain juga diterusin usahanya.
pengusaha kan bikin perusahaan biar dapet untung bukannya biar rugi.
Wah... Proses pemecatan buruh akan segera dimulai emoticon-Cape d... (S) Semoga ga terjadi lagi


(HT tgl 09/12/2012) Bokap ane pelatih timnas

Mercedes Benz resmi for sale kaskus official thread by Fendi Sinatra
Quote:Original Posted By MyFuture
Waduh kasian juga ya para buruh ini..

Kalau pemberhentian secara mendadak kyak gini sih memang agak ribet soalnya untuk kedepannya karyawan pasti belum punya rencana mau ngapain, mau kerja dimana atau mau usaha apa..

Apa ini semua gara2 UMP 2013...? ane rasa ngga juga.. mungkin dengan adanya kenaikan UMP 2013 malah perusahaan jadi punya kesempatan untuk melakukan PHK masal sperti ini.. ini cuma pendapat ane aja.. ada kemungkinan begitu karena dari isi beritanya udh 2 tahun ini perusahaan rugi..


Ingat sekarang lagi krisis ekonomi global. Ditambah kenaikan upah dan demo serikat setan itu = tutup.
Quote:Original Posted By sistemik
384 Karyawan Kayu Lapis Kaget Di-PHK Tiba-tiba

Abdullah menyayangkan, penutupan perusahaan pada Senin itu secara mendadak. Sesuai aturan, jika perusahaan akan tutup harus mengumumkan kepada karyawan tiga bulan sebelumnya.



waah ga terasa tuh. Emang udah 3 bulan ya sejak UMK baru diumumkan? emoticon-Cape d... (S)

Quote:Original Posted By sistemik

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia Said Iqbal saat dihubungi terpisah mengatakan keheranan dengan alasan kerugian yang ditanggung perusahaan. "Itu klaim sepihak, buktikan dengan audit independen," katanya.


Silakan si Said Iqbal yang membiayai proses audit independen itu.
Sana sewa Pricewater House, modal gak? emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By curut.kebon
Itu orang serikat ngomongnya keliatan sekali GOBLOG nya.

Emang seudah itu naikkin produksi terus langsung untung?? SAPA YANG BELI DONGOK!!!!????

Sekarang kalo udah PHK jadi memberikan opsi penangguhan UMK. Bangke lah, kebanyakan bacot.

Udah buruh yang di PHK, HABISIN TU MONYET2 SERIKAT!!!



Spoiler for Jual Kunci Pintu Digital gan:




makanya buruh yang ngotot UMK itu kan hanya melihat satu sisi

dipikirnya barang yang mereka produksi itu terjual tunai semua
jadi dalam pikirannya pasti perusahaan itu untung gede emoticon-Embarrassment
yang sabar aja ya, memang apapun itu yang disalahkan harusnya memang keadaan emoticon-Embarrassment keadaan ekonomi kita yang semrawut emoticon-Smilie