alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50d25d887c1243fb3e00000b/pahlawan-kebersihan-dari-bandung
pahlawan kebersihan dari bandung
Sariban. Sekilas nama ini identik dengan robot jagoan era tahun 1980-an. Tetapi, Sariban yang kita bicarakan sekarang bukan robot. Dia seorang pensiunan petugas kebersihan yang peduli dengan kebersihan Kota Bandung, tempat tinggalnya sejak tahun 1963.

Setiap hari, kakek dari empat cucu ini pergi dari rumah sebelum jam delapan pagi mengendarai sepeda kumbang yang kemudinya ditempel setir mobil. Di tengahnya terpasang bendera Merah Putih. Di bagian belakang ada dua tempat sampah plastik berisi sapu dan pencapit besi.

Untuk menahan panas matahari, suami Sukiyem ini memakai topi caping. Warnanya kuning senada dengan seragamnya. “Kerja saya jadi relawan kebersihan,” kata Sariban.

Pria kelahiran 8 Agustus 1943 di Magetan, Jawa Timur ini memang mengabdikan dirinya bagi kebersihan Kota Bandung. Dia menggunakan pencapit untuk mengambil plastik, bekas makanan, atau daun-daun kering yang dibuang sembarangan. Sariban mengumpulkan semuanya sebelum memasukkannya ke dalam tempat sampah terdekat.

Sempat menjadi tukang aduk dan kuli bangunan hingga tahun 1969, Iban akhirnya diterima sebagai petugas kebersihan di Rumah Sakit Mata Cicendo pada awal tahun 1970. Setelah 13 tahun, Sariban mendaftar jadi relawan kebersihan, profesi yang dijalaninya hingga saat ini.

Sariban, relawan kebersihan Bandung. Foto: AdimPria yang pensiun dengan golongan terakhir sebagai Penata Muda III A pada tahun 2000 ini pun bangga memasang tulisan “Relawan Peduli Lingkungan” di keranjang depan sepedanya. Dia bekerja tanpa ada yang menyuruh, tanpa ada yang membayar.

Komitmen yang sulit dicari tandingannya sekarang ini.

Buat Sariban, membersihkan kota adalah sebuah keharusan. “Pasti ada sampah berserakan, apa salahnya kita datang, memunguti sampah,” kata Sariban yang selalu mengumpulkan sampah atau memotong rumput di sekitar Taman Makam Pahlawan Cikutra pada pagi hari.

Tidak hanya membersihkan, Sariban juga kerap mengingatkan para demonstran di depan Gedung Sate, Bandung — salah satu lokasi favorit demo — agar tidak membuang sampah sembarangan. Agar suaranya terdengar, Sariban selalu membawa megafon alias pengeras suara di keranjang depan sepeda. “Kalau mau demo tidak apa, asal jangan menyampah,” kata Sariban dengan logat Jawa.

Selain itu, Sariban punya perhatian khusus terhadap pepohonan di Kota Bandung. Khususnya, pohon yang dijadikan tempat menempel iklan atau poster. “Pohon juga bisa menangis kalau disakiti,” ujarnya. “Pohon itu mahluk hidup juga seperti kita. Bayangkan kehidupan manusia tanpa pohon, bagaimana kita bisa hidup?”

Sejak tahun 2003, Sariban berinisiatif mencabuti paku-paku yang tertinggal di pohon (padahal iklannya sudah tidak ada). Menggunakan linggis, dia bergerak dari satu pohon ke pohon lain. Dalam tempo satu bulan, Sariban bisa mengumpulkan 15 kilogram paku.

Paku-paku itu, kata Sariban, bertambah banyak pada masa kampanye. “Semua paku itu saya kumpulkan. Beratnya mungkin sudah lebih dari satu ton,” ungkap Sariban.

Peraih anugerah Penjaga Lingkungan Hidup Kota Bandung tahun 2009 ini mengaku sedikit terhambat untuk mencabut reklame yang dipaku ke pohon. “[Mencabut reklame] itu hak Satpol PP. Saya harus koordinasi dulu,” katanya.

Sariban tidak mau menanggapi cemoohan orang yang menilai pekerjaan relawan sampah hanya dilakukan orang kurang waras. Dia tetap memunguti sampah di jalan-jalan Bandung.
pahlawan kebersihan dari bandung
Ganteng kan Gan pahlawan yang satu ne emoticon-Cool

Daripada mengkritisi pemerintah, Sariban memilih bekerja secara nyata. “Mulai dari diri kita sendiri. Jangan lupa, kebersihan itu sebagian dari iman,” ujarnya.

Pada tahun 2011, para siswa SD Juara di Bandung memperingati Hari Pahlawan dengan mengumpulkan sampah bersama Sariban — bukan mengunjungi Taman Makam Pahlawan seperti siswa sekolah lainnya.

“Pahlawan itu tidak harus [seseorang yang] gugur di medan perang,” kata Tito Suhendar, Kepala SD Juara.

“Buat saya, Sariban itu pahlawan lingkungan,” kata Mutiah, siswa kelas 4 SD Juara.


Kalo ga suka jangan marah..
Kalo suka monggo dikirimkan
pahlawan kebersihan dari bandung
Cendol tuh seger Bro and Sis
Atau Thanks aja cukup deh.. hiks

http://id.berita.yahoo.com/blogs/new...031345976.html

intinya klo lingkungan kita bersih kita juga semunya akan nyaman benr gak gan emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
Quote:Daripada mengkritisi pemerintah, Sariban memilih bekerja secara nyata. “Mulai dari diri kita sendiri. Jangan lupa, kebersihan itu sebagian dari iman,” ujarnya.

emoticon-Jempol
inspirasi bwt anak muda. kalo ga salah dulu pernah ada deh di kickandy emoticon-Thinking

bwt TS, gambarnya ditambah dong. gak cuman cendol aja digedein emoticon-Nohope
betul sekali gan ucapan ya kakek ini, dia lebih suka aksi dari pada hanya menghimbau dan menghimbau...
Quote:Daripada mengkritisi pemerintah, Sariban memilih bekerja secara nyata. “Mulai dari diri kita sendiri. Jangan lupa, kebersihan itu sebagian dari iman,” ujarnya.

Mengkritik pemerintah sekarang melelahkan, ngadu sama DPR/D juga percuma, mereka tuli dan buta, ngga mungkin mau melihat apalagi mendengar rakyat.

Daripada capek, mendingan ikut kata pak Sariban ini. emoticon-thumbsup


Btw: jagoannya Sharivan, bukan Sariban
Spoiler for Sharivan Asli:
semoga mendapat ganjaran yang setimpal, saya sangat salut!terus berjuan, saya dukung
Quote:Original Posted By Psychonirozim


emoticon-Jempol
inspirasi bwt anak muda. kalo ga salah dulu pernah ada deh di kickandy emoticon-Thinking

bwt TS, gambarnya ditambah dong. gak cuman cendol aja digedein emoticon-Nohope


emang pernah ada di acara kick andy ya gannn ????
emoticon-Bingung
wahhh kelewatan saia emoticon-Matabelo

#sosok seperti sariban harus diperbanyak !!!
kalo belom perna tau penampakanya pahlawan kebersihan
ne gan penampakanya...
lumayan ganteng kan sang pahlawan kita ini pahlawan kebersihan dari bandung
Sariban, relawan kebersihan Bandung
Quote:Original Posted By kucinglemas


Mengkritik pemerintah sekarang melelahkan, ngadu sama DPR/D juga percuma, mereka tuli dan buta, ngga mungkin mau melihat apalagi mendengar rakyat.

Daripada capek, mendingan ikut kata pak Sariban ini. emoticon-thumbsup


Btw: jagoannya Sharivan, bukan Sariban
Spoiler for Sharivan Asli:


Bener gan,,mening ikut jejak pahlawan kebersihan ini..dari pada koar2 ga ada yg denger emoticon-thumbsup

Ini baru yang namanya berbakti pada negeri, salute Mr. Sariban..

emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
kebersihan harusnya menjadi tanggung jawab bersama.emoticon-Peace g
semoga mendapat ganjaran yang setimpalemoticon-Kiss (S)
semoga diikuti oleh warga2 laiinya emoticon-Peace
kebersihan, dab keindahan kota milik kita bersamaemoticon-Embarrassment
Mantap neh, mudah2an jd teladan buat generasi muda Bandung
ane pernah lihat di tv gan, waktu itu beliau nyabut paku dari spanduk yang dipasang pohon-pohon. Salut dah sama beliau emoticon-thumbsup