alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50d1bfdaeb74b4a55c000080/burung-enggang-masih-dibantai
Kesel 
Burung Enggang Masih Dibantai
Rabu, 19 Desember 2012 | 19:52 WIB
Burung Enggang Masih Dibantai
Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Barat Djohan Utama Perbatasari menunjukkan 96 paruh burung enggang gading yang disita oleh Satuan Polisi Kehutanan Reaksi Cepat (Sporc) Brigade Bekantan, Jumat (10/8/2012). Paruh burung dilindungi dan hampir punah itu hendak diselundupkan ke China.

PONTIANAK, KOMPAS.com - Pembantaian burung enggang untuk diperdagangkan paruhnya masih terjadi. Dari ratusan temuan, kasus terakhir 14 enggang.

Pembantaian satwa dilindungi ikon Kalimantan Barat itu terakhir kali diketahui tim Ekspedisi Uud Danum pada November dan Desember 2012 di Kecamatan Ambalau, Kabupaten Sintang. Ekspedisi pemetaan artefak budaya Dayak Uud Danum dan keanekaragaman hayati itu diadakan Paguyuban Uud Danum, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalbar, serta WWF Indonesia program Kalbar.

Temuan pembantaian dipaparkan peneliti fauna Ekspedisi Uud Danum dan anggota Kalimantan Birding Club, Firdaus, Selasa (18/12/2012), di Pontianak, seusai ekspedisi. ”Perburuan enggang demi paruhnya sejak tiga tahun lalu, tapi baru marak 2012 setelah beberapa kali penyelundupan digagalkan,” kata dia.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalbar menggagalkan penyelundupan 270 paruh enggang, Agustus dan September lalu. Paruh diselundupkan ke China melalui Bandar Udara Supadio.

Perburuan dan pembantaian enggang di Ambalau, Sintang, terjadi di kawasan penyangga Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya. Perdagangan paruh setidaknya melibatkan 4 rantai: pemburu, pengumpul pertama, pengumpul kedua, dan penjual ke luar negeri. Dari Sintang, paruh dijual ke Sarawak, Malaysia, lalu dijual lagi ke Singapura.

Di tangan pemburu, tiga tahun lalu harga paruh enggang Rp 800.000 per buah. Kini Rp 4 juta per buah. Harganya terus naik dan kini Rp 4 juta per ons di tangan penjual ke luar negeri. Satu paruh beratnya 4-8 ons.

Menurut Firdaus, paruh dan batok kepala enggang biasa dijadikan bahan baku ukiran atau obat. Sintang adalah tempat hidup mayoritas spesies enggang Indonesia. Di Sintang, lanjut dia, hidup 7 dari 10 spesies enggang yang tersebar di Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Manajer Program WWF Indonesia Program Kalbar Hermayani Putera mengatakan, temuan pembantaian enggang itu penegasan kasus yang ditangani BKSDA Kalbar. ”Tanpa penanganan aktif, enggang akan punah beberapa tahun lagi,” ujarnya.

Ketua Paguyuban Uud Danum Rafael Samsudin menjelaskan, pihaknya akan mendorong penegakan hukum adat supaya para pelaku jera. (AHA)

sumber

wah kalo terus berlanjut bisa2 akan punah nih burung,.
asu pemburu nih. itu burung bagus banget menurut gw.
malah dibantai juga emoticon-fuck

Burung Enggang Masih Dibantai
seharusnya diadakan lomba perburuan pemburu burung enggang, per kepala 1 juta rupiah. kalo gk bener2 bs abis tuh burung, harga kepalanya semahal itu. bener2 kasian sm flora fauna indonesia, kalah oleh keserakahan manusia
selama demand di pasar tinggi, akan susah menghentikan nya..
1. petugas jagawana harus rajin patroli
2. memutus rantai pengiriman dengan pengetatan bea cukai
Quote:Original Posted By pastoran
asu pemburu nih. itu burung bagus banget menurut gw.
malah dibantai juga emoticon-fuck

iya kan padahal ni burung juga jadi ikon kalbar,
bukannya dilestariin malah dibantai

Quote:Original Posted By KolorBerenda
seharusnya diadakan lomba perburuan pemburu burung enggang, per kepala 1 juta rupiah. kalo gk bener2 bs abis tuh burung, harga kepalanya semahal itu. bener2 kasian sm flora fauna indonesia, kalah oleh keserakahan manusia

manusia emang serakah gan.
dari flora, fauna bahkan sesama manusia sendiri kadang diembat buat muasin kebutuhannya sendiri.

Quote:Original Posted By Hmutahar
selama demand di pasar tinggi, akan susah menghentikan nya..
1. petugas jagawana harus rajin patroli
2. memutus rantai pengiriman dengan pengetatan bea cukai

meski susah harus terus diupayain gan,
kalo petugas kewalahan, masyarakat wajib ngebantu,.
minimal ikut ngawasin juga.
dari zaman dulu udah diperdagangkan ni barang Golden Jade Kalau jaman kuda gigit besi orang luar nyebut ni paruh enggang

konon katanya ni gading kalau deket sama racun bisa berubah warna
Quote:Original Posted By EcstacySin90
dari zaman dulu udah diperdagangkan ni barang Golden Jade Kalau jaman kuda gigit besi orang luar nyebut ni paruh enggang

konon katanya ni gading kalau deket sama racun bisa berubah warna

wah ternyata terkenal mahal sejak dolo, lagian bisa jd detektor racun pula.
pantesan banyak yg ngeburu n ngejual paruhnya.
Jaman sekarang mestinya udah pake drone/UAV.

http://en.wikipedia.org/wiki/Unmanne...aerial_vehicle

Ketemu pemburu langsung ditembak aja.
duuh bukannya dilestarikan kok malah dibaantaaii..Hrs di tindak tegas niih pelakunya ga boleh dibiarin...emoticon-Cape d... (S)
di indonesia kalau semut bisa di jual pun semut bakal jadi hewan langka..
Parah burung exotic kayak gini cuma jadi duit gak seberapa, tapi efek kesinambungan hidupnya bisa punah.Punah ya berarti tidak terbeli lagi dgn apapunemoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By stark21
Jaman sekarang mestinya udah pake drone/UAV.

http://en.wikipedia.org/wiki/Unmanne...aerial_vehicle

Ketemu pemburu langsung ditembak aja.


Harganya UAV mahal bos
Quote:Original Posted By Satanino
Parah burung exotic kayak gini cuma jadi duit gak seberapa, tapi efek kesinambungan hidupnya bisa punah.Punah ya berarti tidak terbeli lagi dgn apapunemoticon-Cape d... (S)

duitnya gede loh gan klo per ons paruhnya ampe 4jutaan.
tapi meski harganya mahal tetep aja bukan jd alesan buat ngebantai habis ni burung.
kasian banget bisa punah gitu aja tuh pasti
wah bisa-bisa hewan endemik Indonesia lama kelaman akan banyak yang punah, sama nasibnya kayak Tasmanian Tiger dari australiaemoticon-Sorryemoticon-Sorryemoticon-Sorry
Quote:Original Posted By adict
kasian banget bisa punah gitu aja tuh pasti


Quote:Original Posted By zacovt
wah bisa-bisa hewan endemik Indonesia lama kelaman akan banyak yang punah, sama nasibnya kayak Tasmanian Tiger dari australiaemoticon-Sorryemoticon-Sorryemoticon-Sorry


makanya harus kita lindungin bersama baik dr masyarakat ama petugas berwenang gan,
kasihan anak cucu kita klo cuman liat burung enggang cuman dr gambar doang.
Duh padahal itu burung langka dan asli indonesia kok masih aja dibantai sih? Emang kalian yang bantai ini dapet duit berapa sih? Sini gw bayar segitu buat ngelindungi

(HT tgl 09/12/2012) Bokap ane pelatih timnas

Mercedes Benz resmi for sale kaskus official thread by Fendi Sinatra
Waduh bisa punah ntar gan emoticon-Turut Berduka

emoticon-I Love Indonesia
Asli ini adalah bukti keserakahan manusia.
Tuh burung bagus banget menurut ane. emoticon-Cape d... (S)
Pemerintah harusnya bisa lebih tegas, tp syg aparat negara kita, ane yakin pasti ada yg terlibat. Atau aparat negara kita cuma berpikir. "Alah cuma burung aja diurusin."
Harusnya manusia bs bersinergi dengan alam. Tp selama ini alam cuma dipandang sebagai obyek ekploitasi manusia. Pantas kalau alamnya sendiri bermusuhan dengan manusia2 Indonesia.
Quote:Original Posted By satlone


duit mengalahin eksotika seekor burungemoticon-Embarrassment


lah inikan dikarenakan masyarakat disana miskin jadinya dikasih duid pasti mau.
coba aja kalbar 1 bagian dari singapure berani ngak nembakin tuh burung???