alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50d1a25ae774b4da5700001e/atp-automatic-train-protection-mulai-diterapkan-untuk-atasi-tabrakan-kereta
ATP (Automatic Train Protection) Mulai Diterapkan untuk Atasi Tabrakan Kereta
Quote:Tabrakan kereta api (KA) yang kerap kali terjadi akan diredam dengan menerapkan automatic train protection (ATP). Awal 2013, sistem kendali otomatis ini akan mulai diuji coba pada Kereta Api Prambanan Ekspres yang beroperasi di jalur Yogyakarta-Solo.

Hal ini dipaparkan oleh tim Konsorsium Sistem Persinyalan Kereta dari PT LEN Industri dalam kunjungan Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta dan Menteri Perhubungan Evert Erenst Mangindaan di Stasiun Gumilir Cilacap, Rabu (19/12/2012).

Kunjungan dilakukan untuk meresmikan sistem persinyalan kereta api computer based interlocking (CBI). "Dengan ATP, pelanggaran rambu oleh kereta api karena kelalaian masinis dapat dicegah," ujar Gusti.

Di dunia teknologi, ATP relatif baru, tetapi peneliti dan perekayasa mikroelektronika di Indonesia sudah dapat menguasai teknologinya. Untuk pengembangan lebih lanjut, Kemristek akan mendorong kemandirian dalam bidang teknologi tersebut dengan SDM yang ada.

Selanjutnya bekerja sama dengan Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan dijalin untuk fabrikasi dan aplikasinya.

Uji coba sistem ATP, menurut Erry Ricardo, Asisten Deputi Menristek Produktivitas Riset Iptek Industri, dilakukan pada jalur Kutoarjo-Solo. Pengembangan ATP akan dilakukan konsorsium yang terdiri atas Kemristek, BPPT, ITB, Politeknik Negeri Surabaya, LEN Industri, dan PT KAI.

Konsorsium ini sebelumnya menangani pengembangan sistem persinyalan elektronik, menggantikan sistem mekanik yang telah usang. Saat ini, ATP pada tahap skala laboratorium dan uj icoba yang akan memakan waktu tiga tahun.

Agung Darmawan, Kepala Divisi Teknologi dan Inovasi PT LEN Industri, menjelaskan, pada ATP dilengkapi sensor yang terhubung ke sistem rem. Maka, bila sampai jarak tertentu KA tidak berhenti, ATP akan mengaktifkan rem secara otomatis untuk melambatkan laju kereta hingga kereta berhenti sebelum melampaui lampu lalu lintas kereta.

Selain itu, ATP juga akan mengidentifikasi obyek di depan kereta sehingga kereta akan berhenti secara otomatis.

Sementara itu, Adi Sufiadi Yusuf Direktur Komersial PT LEN Industri menjelaskan, saat ini ATP dalam tahap finalisasi desain. ATP yang dikembangkan konsorsium merupakan hasil adopsi sistem yang digunakan di Eropa. Pengembangan sistem ini bekerja sama dengan Altpro dari Kroasia.

Evaluasi CBI

Untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan transporasi KA, kata Mangindaan, penggunaan sinyal elektrik yang dilengkapi sistem pengontrol mikro akan ditingkatkan untuk menggantikan sistem mekanik atau manual.

Penggunaan sinyal elektrik dan otomatis dapat meningkatkan kapasitas pelintasan kereta, sistem persinyalan lebih efisien, dan keamanan dan keselamatan transportasi lebih terjamin. Saat ini, sinyal elektrik kereta api baru sekitar 2 persen, selebihnya masih mekanik.

Dari seluruh sinyal KA yang ada 60 persen buatan dalam negeri. Sementara itu, Direktur Jenderal Perkeretaapian Tunjung Indrawan mengatakan, CBI yang dikembangkan sejak 2009 saat ini masih diuji coba selama setahun mendatang untuk memastikan atau dievaluasi keandalan pengoperasiannya.

Penerapannya lebih lanjut akan dilakukan di Stasiun Cikampek, Cirebon, dan Maos. Pertimbangannya adalah stasiun yang memiliki frekuensi lalu lintas yang tinggi dan memiliki pecabangan jalur kereta lebih dari dua.

Dari semua sistem persinyalan elektrik kereta api di Indonesia, sekitar 80 persen merupakan generasi dua, sedangkan CBI tergolong generasi tiga.


http://regional.kompas.com/read/2012...abrakan.Kereta

Semoga hal ini bisa membuat perjalanan dengan kereta makin aman baik bagi penumpang maupun masinis...

Tapi selain itu double track dan jalur KA Trans Sumatera kalau bisa harus lebih dikebut pekerjaannnya.....

youtube-thumbnail
semoga aja dengan ni alat bisa ngurangin kecelakan kereta api.
tapi buat maling rel dan kabel signal juga kudu diberantas biar makin aman naek sepurnya.
mudah2an semakin aman & nyaman dg adanya alat tersebut
Quote:Original Posted By TheDarkMomon
semoga aja dengan ni alat bisa ngurangin kecelakan kereta api.
tapi buat maling rel dan kabel signal juga kudu diberantas biar makin aman naek sepurnya.


kalau bisa sih maling rel dan kabel signal di dor seperti saja....
terus hasil dari percobaannya bagaimana neh ? emoticon-EEK!:

di Gumilir yak ? kok ane kagak tau emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By brrrmmm
terus hasil dari percobaannya bagaimana neh ? emoticon-EEK!:

di Gumilir yak ? kok ane kagak tau emoticon-Big Grin




id tolol, nyundulin trit lama berulang2 itu pelanggaran berat ... koq elu kagak tau emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
wah hebat sekali kereta api di pulau jawa sudah menggunakan high technology emoticon-I Love Indonesia (S)